Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Dataran rendah gambut di Propinsi Riau danJambimengalami penurunan muka tanah dibeberapa lokasi. SEBAB Sejak 20 tahun terakhir, hutan gambut di Propinsi Riaudan Jambi dikonversi menjadi perkebunan kelapasawit. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ....

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Dataran rendah gambut di Propinsi Riau dan Jambi mengalami penurunan muka tanah di beberapa lokasi. 

SEBAB

Sejak 20 tahun terakhir, hutan gambut di Propinsi Riau dan Jambi dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah  ....space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space 

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Kerusakan lahan terjadi karena beberapa sebab seperti contohnya perubahan alih fungsi lahan, tidak adanya konservasi lahan, dan lain sebagainya. Untuk menjawab soal tersebut, penjelasannya adalah sebagai berikut. Kalimat pernyataan yang menyatakan dataran rendah gambut di Propinsi Riau danJambimengalami penurunan muka tanah dibeberapa lokasi adalah BENAR. Hal ini dikarenakan terdapat perluasan lahan yang tidak terkontrol, sehingga menyebabkan penurunan muka tanah. Kalimat alasan yang menyatakan sejak 20 tahun terakhir, hutan gambut di Propinsi Riaudan Jambi dikonversi menjadi perkebunan kelapasawit adalah BENAR . Hutan gambut di provinsi Riau dan Jambi dikonversikan menjadi perkebunan kelapa sawit sejak beberapa tahun yang lalu. Kedua kalimat tersebut menunjukkanhubungan karena membahas tentang hutan gambut yang terganggu akibat perubahan lahan yang menyebabkan kerusakan. Berdasarkan penjelasan diatas kesimpulan yang tepat adalah kalimat pernyataan benar, alasan benar, dan memiliki hubungan. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Kerusakan lahan terjadi karena beberapa sebab seperti contohnya perubahan alih fungsi lahan, tidak adanya konservasi lahan, dan lain sebagainya. Untuk menjawab soal tersebut, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Kalimat pernyataan yang menyatakan dataran rendah gambut di Propinsi Riau dan Jambi mengalami penurunan muka tanah di beberapa lokasi adalah BENAR. Hal ini dikarenakan terdapat perluasan lahan yang tidak terkontrol, sehingga menyebabkan penurunan muka tanah.

Kalimat alasan yang menyatakan sejak 20 tahun terakhir, hutan gambut di Propinsi Riau dan Jambi dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit adalah BENAR. Hutan gambut di provinsi Riau dan Jambi dikonversikan menjadi perkebunan kelapa sawit sejak beberapa tahun yang lalu. Kedua kalimat tersebut menunjukkan hubungan karena membahas tentang hutan gambut yang terganggu akibat perubahan lahan yang menyebabkan kerusakan.

Berdasarkan penjelasan diatas kesimpulan yang tepat adalah kalimat pernyataan benar, alasan benar, dan memiliki hubungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Latihan Bab

Soal-Soal Geografi SIMAK UI

173

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pesisir yang bergerak maju disebabkan oleh ... naiknya perrnukaan daratan disebut pesisir dasar laut. deposisi organik deposisi inorganic. erosi marin

228

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia