Roboguru

Siswa diminta untuk Menyebutkan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agranis serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi dengan mencari dari berbagas sumber yang relevan (minimal masing-masing pengaruhnya dalam bentuk bagan. Karakteristk geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agrans pengaruhnya terhadap kehidupan sosial budaya.

Pertanyaan

Siswa diminta untuk Menyebutkan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agranis serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi dengan mencari dari berbagas sumber yang relevan (minimal masing-masing pengaruhnya dalam bentuk bagan.

Karakteristk geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agrans pengaruhnya terhadap kehidupan sosial budaya.space

Pembahasan Soal:

Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari beragam suku, ras, agama, bahasa dan budaya. Hal itu yang membuat terciptanya toleransi di tengah kehidupan sosial masyarakat Indonesia.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Indonesia memiliki lautan dan selat yang luas, hal ini menyebabkan Indonesia….

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki lautan dan selat yang luas, hal ini menyebabkan Indonesia memiliki kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara adalah jumlah kandungan uap air yang terdapat di udara. Uap air itu sendiri merupakan zat air (H2O) dalam fase gas yang salah satunya terbentuk dari proses evaporasi air permukaan dalam siklus hidrologi. Lautan dan selat yang luas disertai dengan intensitas penyinaran matahari yang tinggi membuat tingkat penguapan tinggi, sehingga kelembapan udara menjadi tinggi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Wilayah Indonesia paling selatan terletak di ....

Pembahasan Soal:

Kepulauan Rote, juga disebut Kepulauan Roti, adalah sebuah kepulauan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kepulauan ini merupakan wilayah paling selatan Indonesia. Daerah ini terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, wisata alam pantai, musik sasando, dan topi adat Ti'i langga. Pulau ini adalah wilayah paling selatan dari Indonesia.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Kenapa waktu di Indonesia dibagi menjadi tiga, yaitu WIB, WITA, WIT ?

Pembahasan Soal:

Bumi berotasi (berputar pada porosnya) sejauh 360° dengan waktu 24 jam. Dengan demikian, pembagian waktu per satu jamnya adalah sebagai berikut.

Pembagian waktu di Bumi:

 fraction numerator 360 degree over denominator 24 end fraction equals 15 degree divided by jam

Diketahui bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang memanjang dari 95° BT - 141° BT. Oleh karena itu, pembagian waktu di Indonesia adalah sebagai berikut.

Pembagian waktu di Indonesia: 

141 degree minus 95 degree equals 46 degree

fraction numerator 46 degree over denominator 15 degree end fraction equals 3 comma 06 , kita bulatkan menjadi 3.

Hal ini berarti bahwa Indonesia memiliki jarak selama 3 jam dari mulai 95° BT - 141° BT. Kemudian hal ini dibagi menjadi 3 zona waktu yang meliputi WIB, WITA, dan WIT.space

Roboguru

Indonesia terdapat pada wilayah beriklim tropis. Hal ini dipengaruhi oleh ... Indonesia.

Pembahasan Soal:

Indonesia berada pada rentang lintang 6°LU-11°LS. Posisi ini menjadikan Indonesia berada pada wilayah beriklim tropis. Wilayah beriklim tropis berada pada rentang 0°-23,5°LU/LS. Jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Perhatikan gambar letak Indonesia berikut ! Berdasarkan gambar, akibat dari letak geografis Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dari pertemuan 2 samudera serta diapit oleh 2 benua yang luas maka hal itu berpengaruh terhadap kondisi alamnya dimana.

  1. Wilayah Indonesia pada umumnya beriklim laut karena banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan.
  2. Wilayah Indonesia juga memiliki iklim musim yakni iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah, hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved