Roboguru

Sistem saraf pada manusia terdiri atas jutaan sel saraf (neuron) yang saling terhubung. Jutaan sel saraf tersebut terhubung dengan sistem saraf pusat, yang terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Berdasarkan deskripsi diatas, ada di tingkat organisasi kehidupan manakah sistem saraf tersebut?

Pertanyaan

Sistem saraf pada manusia terdiri atas jutaan sel saraf (neuron) yang saling terhubung. Jutaan sel saraf tersebut terhubung dengan sistem saraf pusat, yang terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang.

Berdasarkan deskripsi diatas, ada di tingkat organisasi kehidupan manakah sistem saraf tersebut?
 

  1. Sel

  2. Jaringan
     

  3. Organ

  4. Sistem Organ
     

  5. Organisme

Pembahasan Soal:

Dalam ruang lingkup Biologi, organisasi kehidupan makhluk hidup terdiri dari berbagai tingkatan organisasi mulai dari tingkatan yang paling sederhana hingga tingkatan yang paling kompleks. Dimulai dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme atau individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer. 

Sistem organ adalah gabungan dari beberapa organ yang saling bekerjasama satu sama lain. Tanpa adanya kerjasama antarorgan ini, tentu organ-organ di tubuh kita tidak akan terhubung dengan baik. Misalnya, pada sistem saraf manusia yang membutuhkan organ otak sebagai pusat koordinasi, sum-sum tulang belakang dan beberapa saraf tepi yang mana ketika semua organ tersebut saling bekerja sama maka akan dihasilkan rangsangan yang tepat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D yaitu sistem organ.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa macam organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi disebut …

Pembahasan Soal:

Tingkatan organisasi kehidupan yang terkecil adalah sel. Sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup baik secara struktural maupun fungsional. Contohnya adalah sel bakteri. Kumpulan sel akan membentuk jaringan. Contohnya jaringan epitel. Kumpulan jaringan akan membentuk organ. Contohnya kulit. Kumpulan organ yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi spesifik disebut dengan sistem organ. Contohnya sistem pernapasan yang tersusun atas hidung, faring, laring, trakea. bronkus, bronkeolus dan paru-paru (alveolus).

Jadi, beberapa macam organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi disebut dengan sistem organ.undefined 

1

Roboguru

Tujuan dari gambar dibawah ini adalah....

Pembahasan Soal:

Praktikum tersebut untuk mengetahui proses respirasi yang terjadi pada serangga. Tujuannya adalah untuk mengetahui banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh serangga dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi pada serangga.  

Jadi, tujuannya adalah untuk mengetahui kadar oksigen yang dibutuhkan dan faktor yang memengaruhi pernapasan serangga.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Kita misalkan bagian A adalah hemoglobin, maka bagian C dan E adalah ….

Pembahasan Soal:

Tingkat organisasi kehidupan mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar adalah molekul - sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme – populasi – komunitas – ekosistem – bioma – biosfer. 
Bagian A memiliki lingkaran yang paling kecil daripada lingkaran yang lainnya maka dapat disimpulkan bagian A adalah tingkat organisasi yang paling kecil yaitu molekul. Maka bagian yang lainnya adalah  
A → molekul  → hemoglobin
B → sel  → eritrosit
C → jaringan  → jaringan darah
D → organ  → jantung
E → sistem organ  → sistem peredaran darah 
Dengan demikian jawabannya adalah C. 

 

0

Roboguru

Jelaskan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi mulai molekul sampai biosfer!

Pembahasan Soal:

Dalam ruang lingkup biologi, organisme yang dipelajari, khususnya makhluk hidup terdiri atas berbagai tingkatan organisasi kehidupan. Tiap tingkatan dari organisasi kehidupan menjelaskan peranan yang penting dalam memperlajari biologi. Urutan tingkatan organisasi kehidupan yang benar adalah dimulai dari tingkatan molekul hingga biosfer. Tingkatan organisasi kehidupan antara lain:

  1. Molekul
    Organisasi kehidupan dari tingkat molekuler didasarkan bahwa setiap mahluk hidup tersusun oleh molekul organik sebagai dasar penyusunnya. Molekul organik yang kompleks pada makhluk hidup contohnya seperti DNA dan RNA, protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Molekul organik berfungsi untuk mengontrol struktur dan fungsi tiap komponen-komponen sel.

  2. Organel
    Organel adalah bagian penyusun dari sel yang tersusun dari berbagai macam molekul organik yang memiliki fungsi berbagai macam. Contoh organel sel adalah mitokondria berperan dalam produksi energi serta ribosom yang berperan dalam sintesis protein.

  3. Sel
    Organisasi kehidupan tingkat sel didasarkan bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil. Makhluk hidup bersel satu seperti bakteri dan protozoa melakukan aktivitas metabolismenya dengan sebuah sel saja. Sementara mahluk hidup bersel banyak seperti hewan dan tumbuhan memiliki sel dengan berbagai bentuk serta fungsi yang berbeda-beda.

  4. Jaringan
    Jaringan adalah kumpulan dari berbagai macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan berperan membentuk struktur dasar pada bagian tubuh mahluk hidup. Contoh organisasi kehidupan tingkat jaringan adalah jaringan hewan yang terdiri dari jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat. Selain itu jaringan tumbuhan yang terdiri dari jaringan meristem, jaringan epidermis, dan jaringan pengangkut.

  5. Organ
    Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peranan tertentu. Tiap organ memiliki fungsi untuk menyokong kehidupan suatu makhluk hidup. Keberadaan organ menjadikan makhluk hidup memiliki fungsi fisiologis terhadap kondisi lingkungannya. Contoh organisasi tingkat organ adalah organ hewan: jantung, lambung, ginjal, dan alat indera. Selain itu, organ tumbuhan seperti akar, daun, batang, bunga.

  6. Sistem Organ
    Tingkatan organisasi kehidupan pada sistem organ terdiri dari berbagai organ yang saling tersusun membentuk sistem tertentu yang saling berinteraksi. Adanya interaksi berbagai organ dengan tujuan yang sama akan membentuk satu kesatuan fungsional bagi keberlangsungan hidup suatu makhluk hidup. Contoh tingkatan organisasi kehidupan sistem organ adalah sistem organ hewan yang terdiri dari sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi.  Sistem organ tumbuhan yang terdiri dari sistem transportasi dan sistem transpirasi.

  7. Organisme (Individu)
    Pada tingkat ini, organisme atau individu adalah suatu satuan makhluk hidup yang tersusun secara kompleks dengan berbagai macam sistem tubuh yang saling mendukung. Dari tingkatan molekul hingga sistem organ memberikan daya dukung untuk hidup dan berinteraksi dengan lingkungan  serta makhluk hidup sekitar.

  8. Populasi
    Populasi adalah kumpulan sekelompok organisme sejenis di suatu tempat dan waktu yang sama. Contoh sekumpulan sawi di sawah

  9. Komunitas
    Komunitas adalah kumpulan populasi dari berbagai spesies di suatu waktu dan tempat yang sama. Sebagai contoh suatu sawah terdapat populasi padi dan populasi belalang. Tiap komunitas terdapat interaksi pada antar populasinya.

  10. Ekosistem
    Ekosistem adalah interkasi antara berbagai populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya (udara, air, tanah, cahaya). Tingkatan ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik (makhluk hidup) dengan abiotik yang saling berinteraksi membentuk kondisi tertentu. Ekosistem terdiri dari alami dan buatan. Contoh ekosistem yakni ekosistem sawah dan ekosistem tambak.

  11. Bioma
    Bioma adalah kumpulan ekosistem terestrial yang melingkupi wilayah yang luas yang pada umumnya dipengaruhi oleh iklim regional sehingga terdapat tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Pengelompokan bioma berdasarkan vegetasi yang mendominasi bioma tersebut. Cntoh bioma adalah sabana, padang rumput, tundra, taiga, hutan gugur, hutan hujan tropis.

  12. Biosfer
    Biosfer adalah bumi yang di dalamnya berisi seluruh kehidupan. Pada tingkatan ini, seluruh kehidupan di bumi membentuk satu kesatuan utuh yang interaksinya skala global.space 

Jadi, tingkatan organisasi kehidupan menggambarkan urutan kehidupan organisme dari tingkat terendah hingga ke tinggi.space

0

Roboguru

Sebutkan organ-organ yang menyusun sistem pencernaan dan sistem pernapasan pada hewan!

Pembahasan Soal:

Sistem organ merupakan sekumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, tetapi saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lain.

Organ-organ yang menyusun sistem pencernaan pada umumnya adalah mulut, saluran pencernaan, perut, usus, dan anus. Sedangkan organ-organ yang menyusun sistem pernapasan hewan pada umumnya adalah hidung, saluran pernapasan, serta paru-paru atau insang.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved