Roboguru

Sistem pernafasan dapat dibagi menjadi dua area yaitu area yang tidak terlibat dalam pertukaran udara (anatomical dead space) dan area yang terlibat dalam pertukaran udara (pada hewan berparu-paru adalah alveolus). Volume tidal, laju pernafasan, dan volume anatomical dead space merupakan faktor-faktor yang menentukan besarnya udara yang masuk ke alveolus dan terlibat dalan pertukaran gas dengan darah. Berikut ini adalah tabel yang menunjukan volume tidal, volume anatomical dead space, dan laju pernapasan dari tiga mamalia yang berbeda. Mamalia Volume Tidal (mL) anatomical dead space (mL) Laju pernapasan (nafas/menit) Mamalia I 200 150 30 Mamalia II 500 150 12 Mamalia III 150 50 40 Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Volume udara yang masuk ke sistem pernapasan mamalia II> mamalia I> mamalia III.

Pertanyaan

Sistem pernafasan dapat dibagi menjadi dua area yaitu area yang tidak terlibat dalam pertukaran udara (anatomical dead space) dan area yang terlibat dalam pertukaran udara (pada hewan berparu-paru adalah alveolus). Volume tidal, laju pernafasan, dan volume anatomical dead space merupakan faktor-faktor yang menentukan besarnya udara yang masuk ke alveolus dan terlibat dalan pertukaran gas dengan darah.

Berikut ini adalah tabel yang menunjukan volume tidal, volume anatomical dead space, dan laju pernapasan dari tiga mamalia yang berbeda.

Mamalia Volume Tidal (mL) anatomical dead space (mL)

Laju pernapasan

(nafas/menit)

Mamalia I 200 150 30
Mamalia II 500 150 12
Mamalia III 150 50 40

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Volume udara yang masuk ke sistem pernapasan mamalia II> mamalia I> mamalia III.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Pembahasan Soal:

Sistem respirasi mamalia terdiri dari saluran napas dan organ pernapasan. Saluran napas adalah ruang atau space yang menyalurkan udara menuju organ pernapasan yaitu alveolus. Karena pertukaran gas antara atmosfer dan pembuluh darah hanya terjadi di alveolus, tidak semua udara yang dihirup ketika inspirasi berfungsi sebagai sumber pertukaran O2 dan CO2. Wilayah atau volume saluran pernapasan dan paru-paru yang tidak berperan dalam pertukaran gas disebut Dead Space. Terdapat 3 jenis dead space, anatomi dead space, alveolar dead space dan physiologic dead space. Anatomi dead space adalah wilayah / ruang dari saluran napas yang hanya berfungsi sebagai penyalur udara ke paru-paru (alveolus), diantaranya adalah rongga nasal, trakea, bronkus, dan bronkiolus yang tidak terjadi pertukaran gas. Volume anatomic dead space kira-kira 150 mL. Jadi ketika udara insipirasi normal sebanyak 500 mL, maka yang masuk ke dalam alveolus hanya 350 mL (500 - 150 = 350 mL). Fungsi dari anatomic dead space adalah mengisi ruang yang dialui udara sehingga ruang tersebut tidak collapse. Volume anatomic dead space bertambah seiring bertambahnya usia. Sistem pernapasan mamalia dimumlai dari rongga hidung, sehingga jumlah udara yang masuk ke dalam sistem pernapasan sama dengan volume udara tidalnya. Volume Tidal adalah volume udara yang diinspirasi atau diekspirasi pada setiap kali pernapasan normal. Sehingga, volume udara yang masuk ke sistem pernapasan mamalia II> mamalia I> mamalia III.space 

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 28 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved