Roboguru

Sistem periodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik unsur modern. Sebelum menggunakan sistem periodik unsur modern ada beberapa teori penyusunan pengelompokkan unsur. Jelaskan bagaimana triad dobereiner, hukum oktaf, dan mendeleev mengelompokkan unsur-unsur tersebut!

Pertanyaan

Sistem periodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik unsur modern. Sebelum menggunakan sistem periodik unsur modern ada beberapa teori penyusunan pengelompokkan unsur. Jelaskan bagaimana triad dobereiner, hukum oktaf, dan mendeleev mengelompokkan unsur-unsur tersebut! space

Pembahasan Soal:

Triad Dobereiner
Sistem penyusunan atom triad Dobereiner didasarkan atas kenaikan nomor massa, dengan penyusunan tiga atom dalam satu kelompok. dengan konsep Ar unsur yang ditengah adalah rata-rata dari Ar unsur pengapitnya.

Sistem Oktaf Newlands
Sistem Oktaf disusun berdasarkan kenaikan nomor massa dengan sistem penyusunan delapan-delapan. Dengan konsep sifat unsur pertama akan mirip dengan unsur yang ke delapan, unsur kedua mirip sifatnya dengan unsur ke sembilan, dan begitu seterusnya.

Sistem Mendeleev
Sistem mendeleev disusun berdasarkan kenaikan nomor massa dan ini merupakan pengembangan dari sistem oktaf. dengan keunikan sistemnya yaitu terdapatnya kotak kosong dalam sistem penyusunannya. untuk atom-atom yang belum ditemukan.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved