Roboguru

Sistem koordinasi tubuh berperan dalam mengatur seluruh aktivitas fisiologis yang terjadi di dalam tubuh. Sistem koordinasi tubuh bekerja berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan. Salah satunya aktivitas seperti gambar di samping. Coba perhatikan gambar di samping, lalu diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut. Bagaimana urutan jalannya impuls saat seseorang melakukan aktivitas tersebut?

Pertanyaan

Sistem koordinasi tubuh berperan dalam mengatur seluruh aktivitas fisiologis yang terjadi di dalam tubuh. Sistem koordinasi tubuh bekerja berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan. Salah satunya aktivitas seperti gambar di samping.

Coba perhatikan gambar di samping, lalu diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana urutan jalannya impuls saat seseorang melakukan aktivitas tersebut?undefined 
  1. ....undefined 

  2. ....

Pembahasan Soal:

Bungee jumping (terjun lenting) merupakan salah satu aktivitas olahraga dimana seseorang terjun dari tempat tinggi dengan satu ujung dari tali elastis ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung tali lainnya terikat ke titik lompatan. Bungee jumping merupakan aktivitas yang melibatkan sistem koordinasi tubuh berupa sistem saraf, sistem indera, dan sistem endokrin. Gerakan yang terjadi pada aktivitas bungee jumping termasuk ke dalam gerakan sadar. Mekanisme impuls yang terjadi pada gerakan sadar yaitu impuls - reseptor/sensor - saraf sensorik - otak - saraf motorik - efektor (gerakan).undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved