Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sistem kasta di India membuat anggotanya memiliki status yang sama seumur hidupnya. Hal ini merupakan contoh dari bentuk stratifikasi ....

Sistem kasta di India membuat anggotanya memiliki status yang sama seumur hidupnya. Hal ini merupakan contoh dari bentuk stratifikasi ....

  1. tertutup

  2. terbuka

  3. seumur hidup

  4. karena keturunan

  5. terjadi dengan sendirinya

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah C karena fokus pertanyaan membicarakan tentang keberadaan sistem kasta di India yang membuat anggota masyarakat memiliki status seumur hidupnya (tidak dapat diubah)

jawaban yang paling tepat adalah C karena fokus pertanyaan membicarakan tentang keberadaan sistem kasta di India yang membuat anggota masyarakat memiliki status seumur hidupnya (tidak dapat diubah)

Iklan

Pembahasan

Contoh dari stratifikasi sosial tertutup adalah sistem kasta pada masyrakat India. Berikut penjelasannya. Menurut Pitirim A. Sorokin stratifikasi sosial adalah perbedaan individu atau masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat. Sedangkan, status adalah kedudukan individu dalam stratifikasi sosial. Berdasarkan sifatnya, stratifikasi bisa dibedakan menjadi tiga yaitu stratifikasi terbuka, tertutup, dan campuran. Stratifikasi sosial terbuka ialah stratifikasi di mana seseorang bisa mengubah kedudukannya berdasarkan usaha-usaha yang ia lakukan sehingga kedudukannya menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelumnya. Contohnya anak petani miskin yang giat belajar sehingga bisa menjadi dokter. Contoh lainnya adalah anggota legislatif yang mendadak miskin karena terjerat kasus korupsi. Stratifikasi sosial tertutup adalah stratifikasi yang di dalamnya seseorang tidak dapat mengubah kedudukannya menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Contoh: sistem kasta di India. Sedangkan, stratifikasi sosial campuran merupakan merupakan gabungan dan kombinasi dari stratifikasi sosial terbuka dan tertutup. Pada stratifikasi sosial campuran orang-orang yang tergabung di dalamnya dapat mengalami perpindahan lapisan atau strata sosial antara yang satu dengan yang lainnya walaupun hanya pada batas-batas tertentu. Contohnya adalah ketika imigrasi atau perpindahan penduduk ke dearah yang baru. Keluarga kerajaan Yogyakarta yang tinggal di Eropa kemungkinan akan dipandang terhormat apabila masyarakat setempat mengetahui nilai status mereka sebelumnya atau bisa jadi sebaliknya. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C karena fokus pertanyaan membicarakan tentang keberadaan sistem kasta di India yang membuat anggota masyarakat memiliki status seumur hidupnya (tidak dapat diubah)

Contoh dari stratifikasi sosial tertutup adalah sistem kasta pada masyrakat India. Berikut penjelasannya.

Menurut Pitirim A. Sorokin stratifikasi sosial adalah perbedaan individu atau masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat. Sedangkan, status adalah kedudukan individu dalam stratifikasi sosial.

Berdasarkan sifatnya, stratifikasi bisa dibedakan menjadi tiga yaitu stratifikasi terbuka, tertutup, dan campuran. Stratifikasi sosial terbuka ialah stratifikasi di mana seseorang bisa mengubah kedudukannya berdasarkan usaha-usaha yang ia lakukan sehingga kedudukannya menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari sebelumnya. Contohnya anak petani miskin yang giat belajar sehingga bisa menjadi dokter. Contoh lainnya adalah anggota legislatif yang mendadak miskin karena terjerat kasus korupsi.

Stratifikasi sosial tertutup adalah stratifikasi yang di dalamnya seseorang tidak dapat mengubah kedudukannya menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Contoh: sistem kasta di India.

Sedangkan, stratifikasi sosial campuran merupakan merupakan gabungan dan kombinasi dari stratifikasi sosial terbuka dan tertutup. Pada stratifikasi sosial campuran orang-orang yang tergabung di dalamnya dapat mengalami perpindahan lapisan atau strata sosial antara yang satu dengan yang lainnya walaupun hanya pada batas-batas tertentu. Contohnya adalah ketika imigrasi atau perpindahan penduduk ke dearah yang baru. Keluarga kerajaan Yogyakarta yang tinggal di Eropa kemungkinan akan dipandang terhormat apabila masyarakat setempat mengetahui nilai status mereka sebelumnya atau bisa jadi sebaliknya.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C karena fokus pertanyaan membicarakan tentang keberadaan sistem kasta di India yang membuat anggota masyarakat memiliki status seumur hidupnya (tidak dapat diubah)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar pelapisan sosial berikut! Pernyataan yang sesuai dengan konsep stratifikasi berdasarkan gambar adalah ....

59

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia