Roboguru

Sistem Anglo Saxon berasal dari ….

Pertanyaan

Sistem Anglo Saxon berasal dari ….  

  1. Italia  

  2. Amerika  

  3. Inggris  

  4. Prancis  

  5. Belanda  

Pembahasan Soal:

Pada 1870 pemerintah kolonial Belanda menghapus Undang-Undang Tanam Paksa. Kebijakan ini memicu banyaknya pengusaha Belanda menanamkan modal di Indonesia. Kondisi tersebut menjadi awal mula perkembangan akuntansi di Indonesia. Saat itu pembukuan perusahaan milik Belanda yang beroperasi di Indonesia  menggunakan sistem kontinental. Seiring berguliinya waktu, sistem kontinental mulai ditinggalkan beralih ke sistem Anglo Saxon.
Inti kegiatan sistem Anglo Saxon terletak pada pembagian kegiatan atau pencatan keuangan. Perubahan sistem akuntansi ini tidak lepas dari peran Bank Dunia yang menyalurkan pinjaman kepada Indonesia. Bank Dunia menghendaki laporan keuangan menggunakan sistem Anglo Saxon. Akhirnya,  sistem akuntansi yang dianut di Indonesia adalah sistem Anglo Saxon.

Sistem Anglo Saxon berasal dari Amerika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Kusnandar

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembukuan berpasangan yang berkembang di Indonesia dari sistem kontinental ke sistem ….

Pembahasan Soal:

Sejarah akuntansi di Indonesia tidak terlepas dari penjajahan Belanda.
Pada masa penjajahan, telah dilakukan praktik akuntansi. Diperkirakan sejak abad ke-18, telah ada praktik pembukuan dengan menerapkan sistem catatan berpasangan (double entry book keeping) yang diperkenalkan Luca Pacioli.
Indonesia yang dijajah Belanda juga mengalami perubahan. Selama penjajahan Belanda, Indonesia menggunakan sistem kontinental. Istilah yang digunakan umumnya pembukuan atau tata buku, bukan akuntansi. Pengertian akuntansi lebih luas daripada pembukuan (book keeping). Pembukuan merupakan bagian dari akuntansi.

Indonesia mulai beralih ke sistem akuntansi Anglo-Saxon sejak tahun 1980-an. Sistem ini makin berkembang antara lain karena Bank Dunia yang menghendaki sistem Anglo-Saxon, penanaman modal asing yang sebagian besar menggunakan sistem ini, dan sebagian besar akuntan Indonesia adalah lulusan sekolah ekonomi Amerika Serikat sehingga menerapkan sesuai ilmu yang mereka peroleh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Sistem akuntansi yang digunakan di Amerika disebut....

Pembahasan Soal:

Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (double entry system) oleh pedagang - pedagang Venesia yang merupakan kota dagang terkenal di Italia pada masa itu. Sistem pembukuan berpasangan selanjutnya berkembang dengan sistem yang menyebut asal negaranya, misalnya sistem Belanda, sistem Inggris, dan sistem Amerika Serikat. Sistem Belanda disebut juga sistem Kontinental. Sistem Inggris dan Amerika Serikat disebut Sistem Anglo-Saxon. Pada akhir abad ke-19, sistem pembukuan berpasangan berkembang di Amerika Serikat yang disebut accounting (akuntansi). Kemudian sekitar abad ke-20 telah dipergunakan komputer untuk pengolahan data akuntansi sehingga praktik pembukuan berpasangan dapat diselesaikan dengan lebih baik dan efisien. Akuntansi sangat luas ruang lingkupnya, diantaranya teknik pembukuan. Setelah tahun 1960, akuntansi cara Amerika (Anglo- Saxon) mulai diperkenalkan di Indonesia. Jadi, sistem pembukuan yang dipakai di Indonesia berubah dari sistem Eropa (Kontinental) ke sistem Amerika (Anglo- Saxon). Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Boardi – FSAB), yang bertugas untuk menerapkan standar yang dapat diterapkan dan berlaku secara umum bagi akuntan dalam melaksanakan tugasnya. FASB sendiri dibentuk oleh SEC (Securities and Exchange Commission) yang merupakan badan federal yang mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan hukum mengenai perdagangan efek dan mengatur pasar perdagangan saham pada bursa efek Standar akuntansi yang diterapkan di Amerika tidak saja menjadi pedoman bagi akuntan di negara tersebut tapi juga diadaptasi oleh berbagai negara di dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. space space 

0

Roboguru

Mengapa penerapan sistem Anglo Saxon ber­kembang di Indonesia? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Sistem Anglo Saxon diberlakukan dan digunakan di Indonesia karena Bank Dunia yang menyalurkan pinjaman ke Indonesia menghendaki laporan keuangannya menggunakan sistem Anglo Saxon (yang berasal dari Amerika Serikat) sehingga sistem Anglo Saxon digunakan untuk laporan keuangan di Indonesia menggantikan sistem kontinental. 

0

Roboguru

Sistem akuntansi ini lahir di Amerika Serikat. Pernyataan tersebut menunjukkan suatu sistem pembukuan yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sistem akuntansi yang lahir di Amerika Serikat adalah sistem akuntansi yang dikemukakan oleh Anglo Saxon. Sistem akuntansi Anglo Saxon saat ini paling banyak digunakan, karena Anglo Saxon dapat mencatat berbagai macam transaksi secara lebih mudah  

0

Roboguru

Pada awalnya sistem akuntansi yang digunakan di Indonesia ialah sistem kontinental. Selanjutnya, pada tahun 1980-an sistem kontinental mulai digantikan dengan sistem Anglo Saxon. Pergantian sistem ter...

Pembahasan Soal:

Perpindahan sistem akuntansi dari sistem kontinental ke sistem Anglo Saxon adalah dikarenakan Bank Dunia yang memberikan pinjaman kepada Indonesia menggunakan sistem Anglo Saxon sehingga menghendaki laporan keuangan disusun dengan sistem Anglo Saxon.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved