Roboguru

sirkum mediterania di indonesia terbagi menjadi busur dalam yang bersifat vulkanik dan busur luar yang bersifat nonvulkanik. berikut ini wilayah busur dalam, kecuali....

Pertanyaan

sirkum mediterania di indonesia terbagi menjadi busur dalam yang bersifat vulkanik dan busur luar yang bersifat nonvulkanik. berikut ini wilayah busur dalam, kecuali....

  1. pulau sumatera dan jawa

  2. pulau simeulue dan mentawai

  3. pulau bali dan lombok

  4. pulau sumbawa dan flores

  5. pulau banda dan saparua

Pembahasan Soal:

Jawaban : B. Pulau Simeulue dan Mentawai

Pembahasan :

Sirkum Mediterania merupakan salah satu sistem pegunungan lipatan muda yang ada di bumi. Sirkum ini berawal dari Pegunungan Alpen di Eropa, dan memanjang ke Pegunungan Himalaya, hingga ke Indonesia. Sirkum Mediterania membentuk dua busur, yaitu busur dalam yang bersifat vulkanik, dan busur dalam yang bersifat nonvulkanik.

  1. Busur Dalam Vulkanik

Busur dalam vulkanik pada Sirkum Mediterania bersifat vulkanis. Oleh sebab itu, wilayah busur dalam Sirkum Mediterania banyak ditemukan gunungapi aktif. Wilayah busur dalam Sirkum Mediterania meliputi wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku. Pulau Lombok, Sumbawa, dan Flores merupakan bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara. Sementara, Pulau Saparua dan Kepulauan Banda termasuk ke dalam wilayah Maluku.

  1. Busur Dalam Nonvulkanik

Sirkum luar nonvulkanik pada Sirkum Mediterania membentang di pantai barat Sumatra, seperti Pulau Simeulue, Nias, Mentawai, dan Pulau Enggano. Sirkum luar Mediterania ini juga membentang ke pantai selatan Jawa hingga ke pantai selatan Nusa Tenggara.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka wilayah yang tidak termasuk dalam busur dalam Sirkum Mediterania adalah Pulau Simeulue dan Mentawai. Jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 21 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved