Pertanyaan

Sindrom dengan kelainan pada kromosom tubuh yaitu .... Patau Edwards Down Cri-du-chat

Sindrom dengan kelainan pada kromosom tubuh yaitu ....

  1. Patau
  2. Edwards
  3. Down
  4. Cri-du-chat
     
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar. 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar. 

  4. HANYA 4 yang benar. 

  5. SEMUA pilihan benar. 

N. Ahmad

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.  

Pembahasan

Kromosom yang terdiri dari DNA juga bertanggung jawab mewariskan karakter dari satu generasi ke generasi lain.Karena peran kromosom yang sangat penting bagi tubuh, kelainan pada kromosom berdampak pada fisik. Kelainan tersebut dapat berupa jumlah kromosom yang abnormal. Berikut ini adalah beberapa kelainan yang disebabkan oleh kromosom yang tidak normal. Sindrom Down disebabkan oleh kromosom tambahan pada kromosom ke-21. Sindrom ini ditandai dengan ciri-ciri fisik seperti dahi yang lebar, leher yang pendek, dan tangan yang rata. Sindrom Edward merupakan salah satu jenis kelainan genetik, yang disebabkan karena adanya kelainan pada kromosom 18.Bayi yang mengalami sindrom Edward umumnya sering mengalami gangguan pernapasan (napas sering berhenti dalam jangka waktu yang lama), kesulitan untuk menyusu, dan mengalami pertumbuhan yang terlambat dibanding bayi seusianya. Sindrom Patau adalah salah satu kelainan genetik langka yang bersifat serius. Kondisi ini terjadi akibat kelainan kromosom berupa tambahan salinan kromosom 13 pada beberapa atau seluruh sel tubuh. Sindrom cri du chat atau yang disebut juga sindom tangisan kucing adalah penyakit langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Bayi yang terlahir dengan sindrom cri du chat mengalami kehilangan kromosom nomor 5 di tubuhnya. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Kromosom yang terdiri dari DNA juga bertanggung jawab mewariskan karakter dari satu generasi ke generasi lain. Karena peran kromosom yang sangat penting bagi tubuh, kelainan pada kromosom berdampak pada fisik. Kelainan tersebut dapat berupa jumlah kromosom yang abnormal. Berikut ini adalah beberapa kelainan yang disebabkan oleh kromosom yang tidak normal. 

  • Sindrom Down disebabkan oleh kromosom tambahan pada kromosom ke-21. Sindrom ini ditandai dengan ciri-ciri fisik seperti dahi yang lebar, leher yang pendek, dan tangan yang rata. 
  • Sindrom Edward merupakan salah satu jenis kelainan genetik, yang disebabkan karena adanya kelainan pada kromosom 18. Bayi yang mengalami sindrom Edward umumnya sering mengalami gangguan pernapasan (napas sering berhenti dalam jangka waktu yang lama), kesulitan untuk menyusu, dan mengalami pertumbuhan yang terlambat dibanding bayi seusianya. 
  • Sindrom Patau adalah salah satu kelainan genetik langka yang bersifat serius. Kondisi ini terjadi akibat kelainan kromosom berupa tambahan salinan kromosom 13 pada beberapa atau seluruh sel tubuh. 
  • Sindrom cri du chat atau yang disebut juga sindom tangisan kucing adalah penyakit langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Bayi yang terlahir dengan sindrom cri du chat mengalami kehilangan kromosom nomor 5 di tubuhnya. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.  

55

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan kelainan pada makhluk hidup yang disebabkan oleh mutasi gen dan kromosom!

28

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia