Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Berdasarkan penemuan sinar katode, jawablah pertanyaan berikut. Siapakah penemu elektron? Ceritakan percobaan penemuan elektron! Sebutkan sifat-sifat sinar katode!

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Berdasarkan penemuan sinar katode, jawablah pertanyaan berikut.

  1. Siapakah penemu elektron?
  2. Ceritakan percobaan penemuan elektron!
  3. Sebutkan sifat-sifat sinar katode!space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson.

elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson.space 

Iklan

Pembahasan

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Beberapa hal terkait percobaan sinar katode sebagai berikut. Penemu elektron adalah J.J. Thomson. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan J.J. Thomson, sinar katode tidak bergantung pada jenis gas dan logam yang digunakan untuk elektrode. Dengan kata lain, semua benda terdiri atas partikel yang sama. Partikel itu merupakan partikel dasar penyusun materi. Selanjutnya, partikel sinar katode itu disebut elektron. Beberapa sifat sinar katode adalah sebagai berikut. Merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju ke anode. Dapat memutar kincir yang dipasang di antara katode dan anode. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode merupakan partikel kecil yang tidak dapat dilihat. Dibelokkan mendekati muatan positif dalam medan listrik dan medan magnet. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode bermuatan listrik, tepatnya bermuatan negatif. Dapat memendarkan berbagai zat. Maksudnya, sinar katode dapat menyebabkan benda yang dikenainya memancarkan cahaya. Sifat ini dimanfaatkan untuk membuat tabung pesawat televisi. Jadi, elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson.

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Beberapa hal terkait percobaan sinar katode sebagai berikut.

  1. Penemu elektron adalah J.J. Thomson.
  2. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan J.J. Thomson, sinar katode tidak bergantung pada jenis gas dan logam yang digunakan untuk elektrode. Dengan kata lain, semua benda terdiri atas partikel yang sama. Partikel itu merupakan partikel dasar penyusun materi. Selanjutnya, partikel sinar katode itu disebut elektron.
  3. Beberapa sifat sinar katode adalah sebagai berikut.
  • Merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju ke anode.
  • Dapat memutar kincir yang dipasang di antara katode dan anode. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode merupakan partikel kecil yang tidak dapat dilihat.
  • Dibelokkan mendekati muatan positif dalam medan listrik dan medan magnet. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode bermuatan listrik, tepatnya bermuatan negatif.
  • Dapat memendarkan berbagai zat. Maksudnya, sinar katode dapat menyebabkan benda yang dikenainya memancarkan cahaya. Sifat ini dimanfaatkan untuk membuat tabung pesawat televisi.

Jadi, elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Eksperimen J.J. Thomson dengan tabung sinar katode menunjukkan bahwa sinar katode dibelokkan ke arahmedan bermuatan positif dan identik untuk semua katode daribahan logamberbeda-beda. Dari fakta ini d...

38

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia