Roboguru

Simpulkan nilai pada pantun tersebut!

Pertanyaan

Simpulkan nilai pada pantun tersebut!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pantun mengandung nilai-nilai luhur yang berkaitan dengan agama, budaya dan norma sosial yang dianut oleh masyarakat. Nilai-nilai luhur itu dapat berupa petuah, petunjuk, nasihat, amanat dan keteladanan. Nilai pantun tersebut berisi nasihat yang terdapat pada baris ketiga dan keempat bagian isi ‘Jika berada di rantau orang, baik-baik membawa diri’.

Jadi nasihat pantun di atas apabila hidup di tempat orang maka hormati adat dan kebiasaan yang berlaku di tempat tersebut sebagai bagian dari adaptasi dalam membawa diri.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai positif dalam gurindam tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Gurindam adalah salah satu puisi rakyat yang isinya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata mutiara. Nilai positif adalah nilai yang memberikan suatu nilai yang baik dan lebih baik. Nilai positif dalam gurindam tersebut adalah jika seseorang ingin pintar, haruslah rajin bertanya kepada orang pandai dan berwawasan.

Dibuktikan dengan larik pertama yang berbunyi Jika hendak mengenal orang yang berilmu, larik tersebut mengandung makna jika kita mengenal orang yang pandai/ berilmu maka belajar dan bertanya tiada jemu, artinya kita harus rajin bertanya kepada orang tersebut.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined

0

Roboguru

Simpulkan makna dan nilai-nilai moral pada pantun tersebut!

Pembahasan Soal:

Nilai moral adalah nilai-nilai yang terkait dengan adab, kesopanan, etika, maupun moral yang berlaku di sebuah kelompok masyarakat pada waktu tertentu yang dapat dijadikan teladan oleh para pembaca cerita tersebut. 

Makna dan nilai moral pada pantun tersebut adalah kita harus senantiasa bersedekah meskipun memiliki sedikit harta. Nilai moral tersebut terdapat pada isi, yaitu pada baris ketiga dan keempat.

Dengan demikian, makna dan nilai moral pada pantun tersebut adalah kita harus senantiasa bersedekah meskipun memiliki sedikit harta.undefined 

0

Roboguru

Tentukan nilai moral yang terkandung di dalam pantun tersebut!

Pembahasan Soal:

Pantun adalah salah satu jenis puisi rakyat yang kerap digunakan untuk menyampaikan perasaan, saran, larangan, hingga nasihat. Pantun terdiri atas empat baris dalam satu bait, dua baris pertama merupakan sampiran yang tidak memiliki kaitan dengan bagian isi yang ada pada baris ketiga dan empat.

Pada bagian isi pantun biasanya memuat berbagai pesan moral, didikan, dan lain sebagainya sesuai dengan tujuan pantun tersebut.

Berikut ini adalah analisis nilai moral yang terkandung di dalam pantun di atas, yaitu:

  • Isi pantun pada baris ketiga yang berbunyi "Asam di gunung ikan di laut" memiliki makna kita berasal dan tinggal dari tempat yang berbeda dan sangat jauh.
  • Isi pantun pada baris keempat yang berbunyi "Dalam belanga bertemu juga" memiliki makna kita tetap bisa bertemu juga.


Dengan demikian, nilai moral yang terkandung dalam pantun tersebut adalah kita harus yakin meskipun kita berasal dan tinggal dari tempat yang berbeda dan sangat jauh, tetapi kita tetap bisa bertemu juga.space

0

Roboguru

Terangkan kesimpulan pantun tersebut!

Pembahasan Soal:

Pantun adalah jenis puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empak baris serta memiliki sampiran dan isi. Pantun di atas memiliki isi pada bait ketiga dan keempat yang berbunyi:

Badan jauh dirantau orang

Kalau sakit siapa mengobati

Dari isi pantun tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa apabila merantau di kampung orang akan jauh dari sanak saudara, jika sakit maka sulit minta tolong orang lain.

Jadi, kesimpulan pantun tersebut adalah apabila merantau di kampung orang akan jauh dari sanak saudara, jika sakit maka sulit minta tolong orang lain.space 

 

0

Roboguru

Jelaskan pesan yang terkandung dalam kutipan syair di atas!

Pembahasan Soal:

Jenis puisi lama yang berasal dari Persia adalah syair. Syair masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya agama Islam ke Indonesia. Istilah atau kata syair berasal dari bahasa Arab, yaitu syi’ir atau syu’ur yang mempunyai arti “perasaan yang menyadari”.

Ciri-ciri syair, yaitu:

  1. Dalam setiap bait terdiri dari 4 baris.
  2. Dalam setiap baris terdiri dari 8-14 suku kata.
  3. Syair bersajak a-a-a-a.
  4. Dalam setiap baris adalah isi.
  5. Bahasa yang digunakan biasanya berupa bahasa kiasan.

Pesan yang terkandung dalam syair di atas adalah hadapilah sesuatu sewajarnya baik itu kesedihan, kebahagiaan, maupun cobaan karena Tuhan memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita.

Dengan demikian, pesan yang terkandung dalam syair di atas adalah hadapilah sesuatu sewajarnya baik itu kesedihan, kebahagiaan, maupun cobaan karena Tuhan memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved