Roboguru

Simpulan pengertian pemanasan global  berdasarkan isi paragraf tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks eksplanasi berikut!


Pemanasan Global 

    Pemanasan global sudah terjadi ejak akhir abad ke-18. Pemanasan global terjadi akibat efek rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan kondisi saat panas yang berasal dari Matahari masuk ke atmosfer Bumi, tetapi tidak dapat keluar kembali ke angkasa. Mengapa demikian? Sebenarnya, ini merupakan fenomena alam yang normal. Sinar Matahari yang masuk ke Bumi berwujud gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang yang pendek sehingga menyebabkan Bumi menjadi hangat. Bumi akan memantulkan kembali gelombang radiasi tersebut datam bentuk gelombang infrared dan sinar ultaviolet. Sinar-sinar tersebut akan menembus atmosfer dan sebagian lagi akan kemball lagi ke arah Bumi. Kejadian tersebut akan berlangsung jika kandungan gas-gas yang ada di dalam atmosfer Bumi seperti H20, CO2, CH4, dan gas-gas lain berada dalam kondisi yang eukup ideal. Namun, gas rumah kaca hasil kegiatan industri manusia, yakni metana (CH4), N2O, CFC, htdrofiuorokarbon, dan sulfur hexafiorida menutupi atmosfer Bumi. Jika jumlah gas rumah kaca yang berada di atmosfer Bumi semakin banyak, gelombang infrared dan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh Bumi akan kembali lagi ke bumi. Akibatnya suhu Bumi menjadi lebih hangat dan terjadi pemanasan global. Perubahan suhu Bumi yang meningkat berpengaruh pada perubahan iklim yang cukup ekstrem di beberapa belahan Bumi.


Disadur dari: hitps:ilugeografi.com/iklim/penyebab-bumi-semakin-panas, diunduh 17 Februari 2020
1
 

 Simpulan pengertian pemanasan global  berdasarkan isi paragraf tersebut!space space 

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu fenomena/peristiwa, baik fenomena alam, sosial, budaya, atau lainnya. Teks eksplanasi di atas menjelaskan fenomena alam berupa pemanasan global. 

Jadi, pengertian pemanasan global sesuai paragraf di atas adalah suatu proses peningkatan suhu rata-rata di bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca yang dipengaruhi banyaknya gas metana hasil kegiatan industri yang membuat gelombang infrared dan sinar ultraviolet terperangkap dan memengaruhi perubahan iklim secara ekstrem.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Silakan baca dan pahami isinya! Gempa Bumi     Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiw...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved