Roboguru

Simbol warna hijau dan coklat pada peta menunjukkan wilayah ....

Pertanyaan

Simbol warna hijau dan coklat pada peta menunjukkan wilayah ....  

  1. dataran rendah dan pegunungan  

  2. dataran tinggi dan pegunungan  

  3. dataran tinggi dan gunung  

  4. sawah dan pegunungan  

Pembahasan Soal:

Simbol warna merupakan elemen yang cukup penting dalam menafsirkan sebuah peta dengan lebih cepat. Corak warna tertentu pada peta bertujuan untuk menggambarkan fenomena. Contohnya adalah informasi ketinggian yang umumnya digambarkan dengan warna hijau untuk dataran rendah hingga coklat/merah untuk dataran tinggi. Atau warna biru untuk daerah perairan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada peta umum, tinggi rendahnya suatu tempat digambarkan dengan simbol ....

Pembahasan Soal:

Simbol merupakan tanda untuk mewakilkan kenampakan objek dipermukaan bumi pada peta. Simbol dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya simbol warna. Simbol warna pada peta diartikan sebagai representasi ketinggian dan medan yang sesungguhnya dari suatu wilayah. Simbol warna pada peta dapat dikaitkan dengan beberapa hal antara lain sebagai berikut.

  1. Hijau menunjukan suatu daerah dengan ketinggian kurang dari 200 meter warna ini mewakili bentuk muka bumi berupa dataran rendah ;
  2. Hijau muda menunjukan daerah yang memiliki ketinggian antara 200 - 400 meter di atas permukaan laut, bentuk permukaan yang mendominasi daerah landai hingga bergelombang ;
  3. Kuning menunjukan daerah dengan ketinggian 400 - 1.000 meter di atas permukaan laut dengan daerah yang mendominasi adalah dataran tinggi dan perbukitan ; dan
  4. Coklat muda menunjukan daerah yang memiliki ketinggian antara 1.000 - 1.500 meter dengan bentuk muka bumi berupa pegunungan disertai dengan gunung-gunung rendah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya suatu tempat digambarkan dengan simbol warna.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Perhatikan objek-objek berikut ini! danau gunung hutan  sungai Objek-objek yang dapat digambarkan dengan simbol area ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Simbol area digunakan untuk menggambarkan objek di muka bumi yang memiliki luas. Contohnya adalah hutan, danau, permukiman, dan lain-lain. Sementara itu, objek gunung direpresentasikan dengan simbol titik dan sungai direpresentasikan dengan simbol garis. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Simbol warna yang digunakan untuk menggambarkan daerah dataran rendah adalah....

Pembahasan Soal:

Peta adalah gambaran umum permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi oleh simbol dan tulisan sebagai keterangan. Komponen peta merupakan unsur kelengkapan peta di antaranya meliputi judul peta, skala peta, arah mata angin, simbol peta, warna peta, tipe huruf, garis astronomis, inset, garis tepi, legenda, sumber dan tahun pembuatan. Simbol peta adalah tanda atau gambar yang mewakili kenampakan yang ada di permukaan bumi. Simbol alam yang menunjukkan dataran rendah yaitu simbol warna hijau. Warna hijau dapat menggambarkan tutupan vegetasi seperti hutan, semak dan lain sebagainya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.
 

Roboguru

Simbol titik menggambarkan lokasi suatu tempat. Kenampakan yang disajikan dengan simbol titik, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Peta merupakan gambaran muka bumi dalam bidang datar atau dua dimensi. Dalam peta terdapat beberapa komponen, salah satunya adalah simbol peta. Simbol peta merupakan suatu tanda pada peta. Berdasarkan bentuknya, simbol peta terbagi menjadi 4 macam, yaitu:

  1. Simbol titik, yaitu simbol yang digambarkan berupa lingkaran, bujur sangkar, segitiga dan lainnya. Contoh dari simbol titik adalah lambang ibu kota, gunung api, pelabuhan, dan ibu kota kabupaten.
  2. Simbol garis, yaitu simbol yang digambarkan dalam beragam bentuk dan ukuran ketebalan garis yang diatur sesuai dengan kaidah perpetaan.Contoh simbol garis adalah jalan raya, jalur kereta api.
  3. Simbol warna, yaitu simbol untuk objek tertentu yang ada dalam aturan pembuatan peta. Contohnya adalah perairan diberi warna biru dan jalan diber warna merah.
  4. Simbol area, yaitu simbol simbol untuk ilustrasi dari objek yang ada di lapangan. Contohnya adalah sawah bentuk poligon tertutup berupa simbol tanaman padi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Lokasi ibu kota negara Indonesia diwakili dengan menggunakan simbol … pada peta.

Pembahasan Soal:

Lokasi ibu kota negara dapat digambarkan pada peta. Lokasi ibu kota Indonesia pada peta biasanya digambarkan dengan simbol titik, tepatnya dengan simbol geometrik (simbol yang menggunakan gambar geometrik, seperti segitiga, persegi, dan lingkaran). Pada Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), simbol ibu kota negara Indonesia adalah

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved