Iklan

Iklan

Pertanyaan

Simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis …

Simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis …

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis komensalisme.

simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis komensalisme.

Iklan

Pembahasan

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis yang satu mendapat keuntungan dan yang lain tidak dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara tanaman anggrek dan pohon-pohon yang tinggi. Tanaman anggrek menempel pada pohon, tetapi tidak menghisap makanan dari pohon yang ditempelinya karena anggrek dapat membuat makanan sendiri. Tanaman anggrek hanya membutuhkan tempat yang tinggi agar mendapat cahaya matahari yang cukup, sehingga tumbuhan yang ditempelinya tidak dirugikan walaupun anggrek memperoleh keuntungan dari tumbuhan tersebut. Jadi, simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis komensalisme.

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis yang satu mendapat keuntungan dan yang lain tidak dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara tanaman anggrek dan pohon-pohon yang tinggi. Tanaman anggrek menempel pada pohon, tetapi tidak menghisap makanan dari pohon yang ditempelinya karena anggrek dapat membuat makanan sendiri. Tanaman anggrek hanya membutuhkan tempat yang tinggi agar mendapat cahaya matahari yang cukup, sehingga tumbuhan yang ditempelinya tidak dirugikan walaupun anggrek memperoleh keuntungan dari tumbuhan tersebut.

Jadi, simbiosis yang menguntungkan salah satu pihak namun tidak merugikan pihak lainnya disebut dengan simbiosis komensalisme.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data contoh simbiosis berikut! Jamur dengan akar pohon pinus Tanaman anggrek dengan pohon mangga Burung jalak dengan kerbau Ikan badut dengan anemon laut Kutu rambut denga...

43

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia