Iklan

Iklan

Pertanyaan

Simaklah gambar berikut ini! Fenomena apa yang dapat kamu jelaskan berdasarkan gambar tersebut?

Simaklah gambar berikut ini!

Fenomena apa yang dapat kamu jelaskan berdasarkan gambar tersebut?space 

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bumi berputar pada porosnya dengan kemiringan sumbu 23,5° yang disebut rotasi. Bumi berotasi dari barat ke timur. Dalam satu putaran memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4,09 detik (sehari semalam). Rotasi bumi berpengaruh bagi kehidupan di bumi, antara lain sebagai berikut. Gerak Semu Harian Matahari Setiap hari kita menyaksikan matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Hal itu seolah-olah matahari bergerak terhadap bumi, padahal sesungguhnya bumi berputar sehingga·sinar matahari selalu bergeser dari timur ke barat. Pembelokan arah angin Pembelokan Arah Angin Rotasi bumi mengakibatkan aliran udara dari kutub menuju khatulistiwa mengalami pembelokan arah. Hal ini sesuai dengan hukum Buys Ballot yang menyatakan bahwa udara mengalir dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum. Adanya Siang dan Malam Saat bumi berputar pada porosnya, daerah yang terkena sinar matahari menjadi terang disebut siang dan daerah yang tidak terkena sinar matahari menjadi gelap disebutmalam. Hal ini terjadi secara bergantian dengan panjang waktu siang dan malam rata-rata adalah 12 jam.

Bumi berputar pada porosnya dengan kemiringan sumbu 23,5° yang disebut rotasi. Bumi berotasi dari barat ke timur. Dalam satu putaran memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4,09 detik (sehari semalam). Rotasi bumi berpengaruh bagi kehidupan di bumi, antara lain sebagai berikut.

  1. Gerak Semu Harian Matahari
    Setiap hari kita menyaksikan matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Hal itu seolah-olah matahari bergerak terhadap bumi, padahal sesungguhnya bumi berputar sehingga·sinar matahari selalu bergeser dari timur ke barat.
  2. Pembelokan arah angin
    Pembelokan Arah Angin Rotasi bumi mengakibatkan aliran udara dari kutub menuju khatulistiwa mengalami pembelokan arah. Hal ini sesuai dengan hukum Buys Ballot yang menyatakan bahwa udara mengalir dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum.
  3. Adanya Siang dan Malam
    Saat bumi berputar pada porosnya, daerah yang terkena sinar matahari menjadi terang disebut siang dan daerah yang tidak terkena sinar matahari menjadi gelap disebut malam. Hal ini terjadi secara bergantian dengan panjang waktu siang dan malam rata-rata adalah 12 jam.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa ada daerah di Bumi yang terang?

17

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia