Roboguru

Sifat penelitian dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu .... dan ....

Pertanyaan

Sifat penelitian dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu .... dan ....

Pembahasan Soal:

Sifat penelitian dapat dibedakan menjadi dua, yaitu empirik dan nonempirik.Penelitian empirik adalah penyelian yang didasarkan pada penyelidikan pada objek yang nyata atau percobaan. Penelitianan empiris, informasi diperoleh melalui eksperimen, pengalaman, dan observasi. Penelitian Non empirik adalah penelitian yang didarkan pada penyelidikan pada objek-objek yang tidak nyata atau objek-objek pikiran sepeti statistik, matematika, dan fisika.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa penelitian sangat penting dalam geografi?

Pembahasan Soal:

Fenomena yang dipelajari dalam geografi adalah fenomena geosfer. Fenomena geosfer terdiri dari alam dan manusia serta keterkaitan keduanyaa di permukaan bumi. Untuk memahami keterkaitan anatar alam dengan manusia dapat dilakukan melalui kegiatan penelitian. Penelitian merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam geografi karena bertujuan untuk mendapatkan informasi struktur dan dinamika alam sehingga informasi ini dapat dibandingkan dengan ide-ide dan teori hasil pemikiran manusia.  

1

Roboguru

Penulisan makalah atau laporan penelitian harus memenuhi beberapa aspek utama, sebutkan aspek-aspek utama tersebut !

Pembahasan Soal:

Karya yang dihasilkan baik secara teknis maupun materi harus dapat dipertanggungjawabkan karena hasil karya ilmiah akan dibaca oleh khalayak dan akan dipelajari oleh orang lain dalam kurung waktu tidak terbatas sebagai pengembangaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Karya ilmiah biasanya mempunyai spesifikasi bentuk. Aspek-aspek dalam laporan penelitian adalah sebagai berikut :
  1. Aspek ontology mencakup tentang objek penelitian. Artinya sebuah karya ilmiah harus mempunyai objek kajian. Objek kajian yang dimaksud adalah objek yang dapat dicek kebenarannya oleh peneliti yang lain sehingga kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu objek kajian yang dimaksud dalam ontologi haruslah real dan siapa pun dapat menganalisisnya.
  2. Aspek epistimologi ; berkaitan dengan metode. Sebuah karya diaktakan ilmiah apabilah menggunakan metode ilmiah yang tepat. Artinya kesalahan penggunaan metode akan membuat kebenaran sebuah penelitian dipertanyakan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ilmiah harus disesuaikan dengan bidang kajian, sifat penelitian (deskriptif atau perskriptif), dan lain-lain.
  3. Aspek aksiologi ; berhubungan dengan manfaat. Sebuah karya ilmiah harus mengandung unsur manfaat. Manfaat yang dimaksud adalah manfaat secara teoritis maupun sumbangan bagi keilmuan. Sedangkan manfaat praktis adalah manfaat yang berkaitan dengan keberadaan karya tersebut dalam memperluas khazanah keilmuan dan pengetahuan serta kemaslahatan manusia baik sebagai pembaca, pengajar, anak didik, maupun masyarakat secara umum.

0

Roboguru

Penyelidikan yang didasarkan pada objek nyata adalah penelitian yang bersifat ....

Pembahasan Soal:

Sifat penelitian dapat dibedakan menjadi dua, yaitu empirik dan nonempirik. Penelitan bersifat empirik adalah penyelidikan yang didasarkan pada objek nyata (percobaan).

0

Roboguru

Berikut ini penelitian yang memiliki hubungan simetris adalah ....

Pembahasan Soal:

Hubungan simetris merupakan bentuk hubungan dimana dua variabel atau lebih muncul secara bersamaan. Dalam bentuk hubungan ini keberadaan satu variabel tidak disebabkan atau dipengaruhi oleh keberadaan variabel lainnya. Contoh hubungan simetris dalam penelitian geografi, yaitu 

  1. Tingginya curah hujan di Bogor dan kemacetan di Jakarta
  2. Perubahan iklim dan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia.
  3. Angka kemiskinan menurun dan meningkatnya arus urbanisasi di Jakarta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan penelitian bersifat empiris?

Pembahasan Soal:

Penelitian adalah serangkaian kegiatan mulai dari mencari, mencatat, merumuskan, nenganalisis, sampai menyusun laporan. Terdapat dua sifat dalam penelitian yaitu penelitian bersifat empiris dan penelitian bersifat non empiris. Penelitian empiris adalah penyelidikan yang didasarkan pada objek nyata (percobaan). Sedangkan penelitian non empiris adalah penyelidikan yang didasarkan pada objek-objek yang tidak nyata atau objek-objek pikiran (statistik, matematika, atau fisika). Jadi, penelitian empiris adalah penelitian berdasarkan percobaab yang dilakukan dengan cara eksperimen, pengalaman, dan observasi.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved