Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sifat halogen yang benar adalah ... mudah bereaksi dengan logam membentuk garam tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas harga afinitas elektronnya besar dapat memiliki bilangan oksidasi -1 dan 0

Sifat halogen yang benar adalah ...

  1. mudah bereaksi dengan logam membentuk garam
  2. tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas
  3. harga afinitas elektronnya besar
  4. dapat memiliki bilangan oksidasi -1 dan 0space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space 

  4. HANYA 4 yang benar.space 

  5. SEMUA pilihan benar.space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Istilah halogen berasal dari Yunani yang berarti pembentuk garam . Penamaan ini bukan karena tanpa alasan, nama ini diberikan karena di alam tidak pernah didapatkan halogen dalam keadaan bebas sebagai unsurnya, tetapi selalu terdapat sebagai garam akibat besarnya kereaktifan unsur halogen. Sifat kereaktifan halogen ini dikarenakan sifat afinitas elektronnya yang besar sehingga mudah untuk menarik elektron. Akibatnya unsur halogen menjadi anion halida yang sangat mudah berikatan dengan logam maupun nonlogam. Selain F yang memiliki bilangan oksidasi 0 dan -1, halogen lain dapat memiliki bilangan oksidasi positif. Hal ini disebabkan atom F mempunyai harga keelektronegatifan terbesar sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki bilangan oksidasi positif. Berdasarkan penjelasan di atas maka pernyataan yang sesuai dengan sifat halogen adalah halogen mudah bereaksi dengan logam membentuk garam, tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas dan memiliki harga afinitas elektron yang besar. Jadi, jawaban yang benar adalah A .

    Istilah halogen berasal dari Yunani yang berarti pembentuk garam. Penamaan ini bukan karena tanpa alasan, nama ini diberikan karena di alam tidak pernah didapatkan halogen dalam keadaan bebas sebagai unsurnya, tetapi selalu terdapat sebagai garam akibat besarnya kereaktifan unsur halogen.

    Sifat kereaktifan halogen ini dikarenakan sifat afinitas elektronnya yang besar sehingga mudah untuk menarik elektron. Akibatnya unsur halogen menjadi anion halida yang sangat mudah berikatan dengan logam maupun nonlogam.

    Selain F yang memiliki bilangan oksidasi 0 dan -1, halogen lain dapat memiliki bilangan oksidasi positif. Hal ini disebabkan atom F mempunyai harga keelektronegatifan terbesar sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki bilangan oksidasi positif.

    Berdasarkan penjelasan di atas maka pernyataan yang sesuai dengan sifat halogen adalah halogen mudah bereaksi dengan logam membentuk garam, tidak ditemukan di alam dalam keadaan bebas dan memiliki harga afinitas elektron yang besar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Latihan Bab

Unsur Golongan Halogen

Unsur Gas Mulia

Unsur Periode ke-3

Konsep Kilat

369

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terangkan perihal berikut! Fluorin lebih reaktif daripada klorin meskipun afinitas elektron klorin -3,6 eV, sedangkan afinitas elektron fluorin hanya -3,5 eV.

1rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia