Roboguru

Sifat dari pengendalian sosial adalah ...

Pertanyaan

Sifat dari pengendalian sosial adalah ...undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sifat pengendalian sosial yaitu pengendalian sosial kuratif dan pengendalian sosial partisipatif. Pengendalian sosial kuartif adalah pengendalian sosial dalam bentuk pembinaan atau penyembuhan terhadap berbagai macam bentuk perilaku yang menyimpang, misalnya penyembuhan kepada eks pemakai narkoba. Pengendalian sosial partisipatif adalah pengendalian sosial yang dilakukan dengan mengikutsertakan pelaku untuk melakukan penyembuhan atau perbaikan perilaku. Misalnya kepada mantan pencuri yang ditugaskan menjadi aparat keamanan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah kuratif dan partisipatif.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa ....

Pembahasan Soal:

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gosip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya.

Penyerahan penghargaan kepada siswa yang berprestasi juga merupakan bentuk pengendalian sosial berupa imbalan.

Roboguru

Penerapan pengetahuan sosiologis dalam upaya mengatasi penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya dapat dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Peranan sosiologi dalam mengatasi penyimpangan disebut dengan pengendalian sosial. Pengendalian sosial atau social control merupakan proses dan cara pengawasan baik yang direncanakan atau tidak direncanakan yang mana memiliki tujuan untuk bisa mengajak, mendidik,  hingga memaksa masyarakat untuk dapat mentaati dan mematuhi segala norma dan aturan yang berlaku. Berdasarkan perlakuannya pengendalian sosial dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Pengendalian sosial persuasif merupakan usaha pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara mengajak ataupun memimbing masyarakat agar bisa bertindak selaras dengan norma dan nilai yang berlaku di dalam lingkup masyarakat. Pengendalian ini memang memiliki kesan yang halus dan menghimbau serta lebih ditekankan pada aspek kognitif dan afektif. Pengendalian ini benar-benar jauh dari kata paksaan dan kekerasan.
  2. Pengendalian sosial koersif merupakan usaha pengendalian sosial yang mana dilakukan dengan cara ancaman ataupun kekerasan fisik. Jenis pengendalian sosial ini memang biasa diterapkan kepada lingkungan masyarakat yang tidak terlalu teratur, yang sering terjadi penyimpangan di dalam lingkungan tersebut.

Berdasarkan paparan diatas, maka jawabannya adalah berkampanye antinarkotika, karena hal ini dipandang sebagai upaya preventif yang melibatkan banyak kalangan masyarakat secara persuasif (ajakan) agar bersama-sama memerangi bahaya narkotika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Cspace space space space 

Roboguru

Tuliskan lima usaha preventif agar tindak kejahatan tidak terjadi!

Pembahasan Soal:

Usaha preventif agar tindak kejahatan tidak terjadi yaitu:

1. Menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, sehingga akan mengurangi jumlah tindakan kriminal. 

2. Melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap pengangguran dengan tingkat pendidikan rendah, agar memiliki skill, dan tidak menganggur. 

3. Sosioalisasi dari pihak terkait kepada masyarakat tentang sanksi-sanksi ketika melakukan kejahatan.

4. Menyibukkan diri pada kegiatan positif.space space

5. Lebih dirutinkan kegiatan razia/operasi yang dilakukan oleh aparat kepolisian di berbagai tempat-tempat tertentu yang rawan terjadinya kejahatan,

Roboguru

Contoh gejala sosial: Pengadilan TIPIKOR menjatuhkan hukuman berat kepada pelaku korupsi Densus 88 mengorek rumah teroris di Tangeran Selatan Dinas lalu lintas jalan raya memasang rambu lalu lint...

Pembahasan Soal:

Pengendalian sosial preventif adalah pengendalian yang dilakukan sebelum terjadi perilaku menyimpang. Pada pengendalian sosial preventif, langkah yang dilakukan adalah melalui sosialisasi, pendidikan, penyuluhan, atau nasihat agar seseorang/sekelompok orang tidak melakukan penyimpangan sosial.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tindakan pengendalian sosial berupa pencegahan pada soal ditunjukkan oleh nomor (3), (4) dan (5), maka jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Uraikanlah upaya untuk menindaklanjuti kenakalan remaja!

Pembahasan Soal:

Usia remaja adalah usia saat manusia mengalami transisi dari anak-anak ke dewasa. Karena pola pikir pada usia ini belum dewasa, maka remaja rawan melakukan kesalahan atau penyimpangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah-langkah khusus dalam mengendalikan kenakalan yang terjadi pada remaja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menindaklanjuti kenakalan remaja, yaitu sebagai berikut :

  1. Pengendalian represif,adalah suatu tindakan pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya suatu pelanggaran atau juga peristiwa buruk. Upaya penaggulangan secara represif dari lingkungan keluarga dapat ditempuh dengan jalan mendidik anak hidup disiplin terhadap peraturan yang berlaku dan bila dilanggar harus ditindak atau diberi hukuman sesuai dengan perbuatannya. Sedangkan Dalam lingkungan sekolah tindakan represif dapat diambil sebagai langkah awal adalah dengan memberi teguran dan peringatan jika anak didik kita melakukan pelanggaran terhadap tata tertib di sekolah.
  2. Pengendalian koersif, adalah usaha pengendalian sosial yang dilakukan dengan menggunakan ancaman atau kekerasan fisik. Upaya pengendalian koersif dilingkungan keluarga dapat diberikan ancaman seperti mengurangi uang jajan, atau memaksa anak untuk tidak bergaul dengan lingkungan pertemannya yang kurang baik. Sedangkan di lingkungan Sekolah, ancaman dapat diberikan bagi anak yang telah melakukan pelanggaran berat, misalnya seperti memberikan ancaman untuk di keluarkan dari sekolah, atau mengancam akan memanggil orang tua jika perilakunya tidak menunjukkan arah perubahan yang baik. undefined 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved