Roboguru

Sifat bahan plastik yang tidak mudah pecah, lentur, dan tahan karat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti peralatan makan hingga produk kerajinan misalnya bunga dan tas. Namun, sampah plastik tidak mudah terurai oleh mikroorganisme. Salah satu cara penanganan llmbah plastik adalah . . . .

Pertanyaan

Sifat bahan plastik yang tidak mudah pecah, lentur, dan tahan karat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti peralatan makan hingga produk kerajinan misalnya bunga dan tas. Namun, sampah plastik tidak mudah terurai oleh mikroorganisme. Salah satu cara penanganan llmbah plastik adalah . . . .space space

  1. menimbun sampah plastik di dalam tanahundefined

  2. membakar sampah plastik di lingkungan terbuka

  3. memilah jenis plastik yang dapat dibakar dan didaur ulang

  4. mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan bakar atau kerajinan

Pembahasan Soal:

Plastik merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan karena memiliki sifat yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Namun sampah plastik menjadi masalah yang harus ditangani oleh manusia. Plastik memiliki sifat tidak mudah terurai, sehingga menimbun sampah plastik dapat merusak lingkungan. Sampah plastik yang dibakar juga dapat menimbulkan masalah lain berupa polusi udara. Oleh sebab itu, cara yang paling baik dilakukan untuk mengatasi masalah sampah plastik adalah dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi berbagai macam hal, seperti bahan bakar dan kerajinan.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Plastik PETE dapat digunakan sebagai wadah makanan karena....

Pembahasan Soal:

PETE (Polyethylene Terephthalate) atau Kode 1 merupakan salah satu plastik yang sering digunakan sebagai wadah makanan. Plastik PETE dapat ditemukan pada hampir semua botol air mineral dan beberapa pembungkus. Wadah ini biasanya digunakan untuk menyimpan air minum kemasan dan minuman dalam botol karena warnanya jernih atau bening, permukaannya halus, tidak mudah rusak atau pecah, bisa dipakai berulang-ulang, selama diisi dengan jenis cairan yang sama (contohnya air mineral harus diisi dengan air putih juga, bukan teh/jus). Bahan ini harus terhindar dari cahaya matahari langsung, dan tidak untuk menyimpan cairan yang panas. Panas akan membuat komponen-komponen kimia luntur dan mengontaminasi cairan panas tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined

1

Roboguru

Plastik banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah plastik untuk botol sampo dan botol detergen. Plastik jenis ini menggunakan simbol nomor 2 yang terb...

Pembahasan Soal:

Jenis plastik ini biasanya digunakan untuk bahan dasar botol susu, botol deterjen, botol shampo, mainan anak, dan beberapa tas plastik.

Simbol bernomor 2 adalah untuk plastik berbahan dasar HDPE atau High-Density Polyethylene. Plastik ini merupakan plastik yang paling umum didaur ulang dan dianggap plastik paling aman. Proses daur ulang plastik ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

0

Roboguru

Air mineral dalam kemasan botol plastik banyak dijual di pasaran, tetapi penggunaannya disarankan hanya untuk sekali pakai dan tidak boleh dipakai berulang-ulang. Plastik jenis ini termasuk dalam golo...

Pembahasan Soal:

Plastik untuk botol air minum kemasan masuk ke dalam golongan nomor 1.

https://lh5.googleusercontent.com/AunaeNysi2GJElwQwz9zyg0NUzoi5EL9vmGPt4kZMSXgKM3VJrntTWbBKpyY3NOuRwhNZjkxKv-yWI1EdxDjCXa6ILyvfpYXteGtovmaxD8ZFfBzA2x-m4uHQTpUBnYp_yoHDsEt

Simbol bernomor 1 adalah untuk plastik yang berbahan Polyethylene Terephthalate (PETE). Simbol bernomor 1 hampir banyak ditemui pada botol air mineral dan beberapa pembungkus plastik. Plastik ini dirancang untuk satu kali penggunaan saja. Jika digunakan berulang dapat meningkatkan resiko ikut terkonsumsinya bahan plastik dan bakteri yang berkembang pada bahan itu.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Kekurangan dari bahan plastik adalah ....

Pembahasan Soal:

Bahan plastik adalah salah satu jenis polimer. Bahan plastik memiliki sifat mudah terbakar, tidak ramah lingkungan, isolator, elastis, tembus pandang, dan tidak mudah menyerap air.

Kekurangan dari bahan plastik:

  • Mudah terbakar
  • Tidak ramah lingkungan.

0

Roboguru

Plastik PETE dapat digunakan sebagai wadah makanan, karena …

Pembahasan Soal:

Jawab

Karena jernih, transparan, serta tidak berbahaya pada kondisi tertentu.

PETE ini direkomendasikan hanya untuk 1 kali pakai karena jika digunakan berulang kali dan terkena air panas, maka lapisan plastik akan mudah meleleh dan dapat bercampur dengan minuman sehingga bersifat karsinogenik yang dapat menimbulkan kanker. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved