Roboguru

Sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945 membahas tentang rancangan dasar negara dalam sidang tersebut menghasilkan beberapa rancangan dasar negara yang disampaikan oleh beberapa tokoh perumus tersebut adalah rencana dasar negara yang diusulkan oleh

Pertanyaan

Sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945 membahas tentang rancangan dasar negara dalam sidang tersebut menghasilkan beberapa rancangan dasar negara yang disampaikan oleh beberapa tokoh perumus tersebut adalah rencana dasar negara yang diusulkan oleh

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Untuk mendapatkan rumusan dasar negara Republik Indonesia yang tepat, selama masa persidangan pertama BPUPKI ini, agendanya adalah mendengarkan pidato dari tiga orang tokoh utama pergerakan nasional Indonesia.

Soekarno mengemukakan gagasan tentang rumusan lima asas dasar negara Republik Indonesia, yakni:

  1. kebangsaan Indonesia
  2. internasionalisme atau peri kemanusiaan
  3. mufakat atau demokrasi
  4. kesejahteraan sosial
  5. ketuhanan dan berkebudayaan

Soepomo mengemukakan gagasan tentang rumusan lima asas dasar negara Republik Indonesia, yakni:

  1. persatuan
  2. kekeluargaan
  3. keseimbangan lahir dan batin
  4. musyawarah
  5. keadilan rakyat

Muh.Yamin mengemukakan gagasan tentang rumusan lima asas dasar negara Republik Indonesia, yakni:

  1. ketuhanan yang maha esa
  2. kebangsaan Persatuan Indonesia
  3. rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dengan demikian, ketiga tokoh yang menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara Republik Indonesia, ialah Prof. Mohammad Yamin, S.H., Prof. Dr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam sidang BPUPKI yang pertama, Ir. Soekarno mengemukakan pendapatnya tentang....

Pembahasan Soal:

Pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato dasar negara yang sekarang kita kenal dengan Pancasila. Dalam Pidato 1 Juni Soekarno menawarkan tiga konsep berupa Pancasila, Trisila, dan Ekasila yang merupakan satu kesatuan.

Pancasila atau lima asas mengandung kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau peri-kemanusiaan, demokrasi atau mufakat, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan. Dalam Trisila lima asas tersebut diperah menjadi sosio-nasionalisme,sosio-demokrasi, dan ketuhanan, lalu dalam ekasila asas yang tersisa adalah gotong royong.  

Menurut Soekarno asas-asas tersebut sudah lahir sebelum bangsa Indonesia ada namun terkubur oleh kolonialisme dan imperialisme yang terjadi di Nusantara.

Roboguru

Sebutkan isi gagasan dasar Negara yang di usulkan oleh. Mr. Mohammad Yamin, Mr.Soepomo dan Ir. Soekarno!

Pembahasan Soal:

Dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, diperlukanlah sebuah pondasi dasar Negara agar kedepannya sebuah bangsa dapat berdiri dengan kokoh. Berbagai cara dikerahkan salah satunya dengan dibentuknya BPUPKI guna merumuskan dasar negara. Terdapat 3 tokoh penting yang mengemukakan gagasan penting terhadap persiapan Ideologi bangsa. Diantaranya yang pertama kali akan mengemukakan gagasan adalah Moh. Yamin, Mr. Soepomo, kemudian Ir. Soekarno. Berikut isi gagasanya :

  1. 29 Mei 1945, Moh. Yamin menyampaikan gagasannya dengan cara tertulis dan secara lisan. Gagasan Secara Tertulis yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kebangsaan persatuan Indonesia, Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Gagasan Secara Lisan yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Sosial.
  2. 31 Mei 1945, Mr. Soepomo menyampaikan gagasannya yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan Lahir dan Batin, Musyawarah, Keadilan Rakyat.
  3. 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasanya yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian,  Berikut isi gagasan dasar Negara yang di usulkan oleh. Mr. Mohammad Yamin, Mr.Soepomo dan Ir. Soekarno yaitu:

  1. Mr. Moh. Yamin 29 Mei 1945 yaitu Peri kebangsaan, Peri kemanusiaan, Peri ketuhanan, Peri kerakyatan, Kesejahteraan rakyat.
  2. Dr. Soepomo 31 Mei 1945 yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Mufakat dan demokrasi, Musyawarah, Keadilan sosial.
  3. Ir. Soekarno 1 Juni 1945 yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan peri kemanusiaan, Mufakat dan demokrasi, Kesejahteraan sosial, Ketuhanan yang maha esa. Ir. Soekarno kemudian memberi nama Pancasila atas lima asas yang diusulkannya. itulah mengapa mengapa tanggal 1 Juni 1945 dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila. Menurut Ir. Soekarno, Pancasila dapat diringkas menjadi Trisila atau tiga sila. Trisila tersebut adalah sosionasionalisme, sosiodemokrasi, ketuhanan yang berkebudayaan. Selanjutnya Trisila masih dapat diringkas menjadi Ekasila atau yang intinya adalah gotong royong. Lima asas tersebut kini dikenal dgn nama Pancasila, tetapi dgn urutan dan kata kata yg sedikit berbeda.
Roboguru

Apa semangat dan komitmen yang dimiliki para tokoh perumus dasar negara?

Pembahasan Soal:

Semangat yang dimiliki oleh para perumus dasar negara adalah semangat cinta tanah air dan rela berkorban. Sementara komitmen yang dimiliki adalah komitmen memiliki persatuan dan nasionalisme dan komitmen selalu bersemangat dalam perjuangan.


Dengan demikian, Semangat yang dimiliki oleh para perumus dasar negara adalah semangat cinta tanah air dan rela berkorban. Sementara komitmen yang dimiliki adalah komitmen memiliki persatuan dan nasionalisme dan komitmen selalu bersemangat dalam perjuangan.space space 

Roboguru

Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muh. Yamin menyumbangkan pemikirannya tentang ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, diselenggarakan sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Agenda dalam sidang pertama BPUPKI adalah pembahasan seputar gagasan dasar negara. Penyampaian materi seputar gagasan dasar negara dilakukan oleh tiga tokoh, yakni Moh. Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno. Moh. Yamin menyampaikan gagasan serta pemikirannya terkait dasar negara pada tanggal 29 Mei 1945. Isi materi dari Moh. Yamin yakni Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Rakyat. Isi materi dari Soepomo yakni Persatuan, Mufakat dan Demokrasi, Keadilan Sosial, Kekeluargaan, dan Musyawarah. Isi materi oleh Ir. Soekarno adalah Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, isi materi dan pemikiran dari Moh. Yamin adalah Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Kesejahteraan Rakyat.

Roboguru

Peranan Prof. Soepomo dalam perumusan dasar negara yaitu ....

Pembahasan Soal:

Soepommo adalah seorang ahli hukum pada generasi pertama. Beliau merupakan anggota yang aktif dalam organisasi BPUPKI dan PPKI. Beliau ikut serta dalam mengusulkan dasar negara. Pada sidang BPUPKI yang digelar 31 Mei 1945, Sopom memberikan usul lima asas dasar negara yakni: Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan Lahir dan Batin, Musyawarah, dan Keadilan Rakyat.

Dengan demikian, peranan Prof. Soepomo dalam perumusan dasar negara yaitu memberikan usul lima asas dasar negara yakni: Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan Lahir dan Batin, Musyawarah, dan Keadilan Rakyat.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved