Roboguru

Siapakah yang menaklukkan konstantinopel?

Pertanyaan

Siapakah yang menaklukkan konstantinopel?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sultan Mahmed II atau juga dikenal Sultan Muhammad Al- Fatih, beliau adalah Sultan yang memerintah di Dinasty Turky Utsmani. di juluki Al-Fatih (sang penakluk) karena telah menaklukkan Konstantinopel beliau berkuasa sampai pada tahun 1481 M sebelum akhirnya mangkat. Kejayaan baginda Sultan Muhammad dalam kepemimpinannya membuat decak kagum  para musuhnya. Sebelum-sebelumnya Nabi Muhammad SAW sudah meramalkan akan ada seorang Raja Islam yang akan menaklukkan konstantinopel seperti yang disabdakan oleh Nabi SAW.

Dengan demikian, yang menaklukkan konstantinopel yaitu Sultan Mahmed II atau juga dikenal Sultan Muhammad Al- Fatih.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahun 1453 merupakan tahun terpenting bagi sejarah Konstantinopel, karena pada tahun tersebut terjadi peristiwa ….

Pembahasan Soal:

Tahun 1453 merupakan tahun penting bagi Konstantinopel. Pada tahun ini kota Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Utsmani di bawah pimpinan Sultan Mehmed II. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani memberikan dampak bagi pedagang Eropa yakni Sultan Mehmed II mempersulit pedagang Eropa untuk berdagang disana. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Siapa itu Sultan Muhammad al-Fatih?

Pembahasan Soal:

Sultan Muhammad II atau lebih dikenal sebagai Muhammad al-Fatih merupakan penguasa Turki Utsmani. Pencapaiannya yang paling dikenal luas adalah penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453 yang mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur, menjadikannya mendapat julukan 'Sang Penakluk'.

Dengan demikian Sultan Muhammad al-Fatih merupakan penguasa Turki Utsmani yang memimpin penaklukkan atas Kota Konstantinopel pada tahun 1453.

Roboguru

Dikuasainya perdagangan di Laut Tengah oleh pedagang-pedagang Islam telah mendorong para pedagang Eropa mencari jalan lain di luar kawasan Laut Tengah untuk mencapai penghasil rempah-rempah (Indonesia...

Pembahasan Soal:

Pada permulaan abad pertengahan, orang-orang Eropa sudah mengenal hasil-hasil bumi dari Dunia Timur, terutama rempah-rempah dari Indonesia. Dengan jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani (1453), mengakibatkan hubungan perdagangan antara Eropa dengan Asia Barat (Timur Tengah) menjadi terputus. Hal ini mendorong orang-orang Eropa mencari jalan sendiri ke Dunia Timur untuk mendapatkan rempah-rempah yang sangat mereka butuhkan.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Kekalahan dan jatuhnya kota Konstantinopel (ibu kota kerajaan Romawi Timur) ke tangan...

Pembahasan Soal:

Jatuhnya kota Konstantinopel pada tahun 1453 mengakhiri kekaisaran Romawi Timur. Kekaisaran yang sebelumnya merupakan negara terkuat di Eropa ini, pada tahun itu hanya terbatas pada kota Konstantinopel dan beberapa wilayah Yunani. Hal ini karena banyak wilayahnya yang direbut oleh pasukan Salib dari Eropa Barat (pada Perang Salib IV tahun 1204) oleh negara tetangganya seperti Serbia dan terutama oleh pasukan Turki Usmani. Jatuhnya kota Konstantinopel ini dimulai oleh pengepungan yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II dari Turki Usmani pada tanggal 6 April 1453. Pasukan Turki Usmani terdiri dari pasukan elit Janissary dan dibantu dengan meriam bombard untuk menyerang dinding kota Konstntinopel yang terkenal kuat. Sementara kekaisaran Romawi Timur pada saat itu tengah dipimpin oleh Kaisar Kostantin XI. Pasukan Romawi Timur saat itu sangat kecil, hanya terbatas sekitar 10 ribu tentara ditambah pasukan bantuan dari Venezia dan Genoa, dua republik maritim di Italia yang merupakan mitra dagang Romawi Timur tidak berhasil untuk membendung serangan Turki Usmani. Setelah dinding kota ini dihancurkan oleh pasukan Turki Usmani, kota ini jatuh dan banyak penduduknya, termasuk Kaisar Kostantin XI tewas. Sultan Mehmed II kemudian menjadikan kota Konstantinopel ini sebagai ibukota Turki Usmani, menggantikan kota sebelumnya Edirne (Adrianopolis).  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan dan penjajahan samudra. Indonesia salah satunya yang ikut dijajah oleh bangsa Eropa tersebut seperti Portugis (1511), Spanyol (1521), ...

Pembahasan Soal:

Sejak abad pertengahan bangsa-bangsa Eropa mulai tergerak untuk melakukan praktik kolonialisme dan imperialisme. Bangsa-bangsa Eropa mulai tergerak untuk membuka diri dengan adanya perkembangan teknologi sehingga bangsa-bangsa Eropa mulai mencari daerah-daerah baru dengan didasari semboyan 3G. Semboyan yang menjadi motif dari praktik kolonialisme dan imperalisme adalah gold, gospel, dan glory.

  1. Gold, memiliki arti kekayaan.. Gold merupakan motif mencari kekayaan. Pada abad pertengahan, rempah-rempah merupakan komoditas utama perdagangan dunia. Negara-negara Eropa memiliki keadaan geografis dan astronomis yang tidak memungkinkan untuk menghasilkan rempah-rempah. Untuk mendapatkan keuntungan dan kekayaan yang berlimpah maka negara-negara Eropa mencari daerah-daerah jajahan yang dapat menghasilkan rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan mereka.
  2. Gospel, memiliki arti agama.. Bangsa-bangsa Eropa menerapkan praktik kolonialisme dan imperialisme yang dilandasi motif menyebarluaskan  agama tertentu ke seluruh dunia yaitu agama Katolik dan Kristen. Tetapi hanya beberapa negara Eropa yang memiki motif gospel, di antaranya Portugis dan Spanyol. Portugis dan Spanyol merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik dan sangat menghormati dan menaati Paus di Vatikan. Pauslah yang menyerukan agar di setiap misi penjelajahan yang dilakukan disertakan misi penyebaran Katolik. Di setiap misi penjelajahan Portugis dan Spanyol ke daerah-daerah baru, mereka selalu menyisipkan misionaris atau pemuka agama untuk menyebarkan agama. Salah satu bukti motif gospel adalah setiap benteng yang dibangun oleh Portugis maupun Spanyol di Asia selalu terdapat bangunan gereja.
  3. Glory, memiliki arti kejayaan. Glory merupakan motif bangsa Eropa melakukan praktik kolonialisme dan imperialisme untuk membangun dan mengembalikan kejayaan yang dimiliki bangsa Eropa pada zaman dahulu. Pada saat Islam berada di bawah pemerintahan Bani Umayyah, Islam berhasil menguasai sebagian wilayah Eropa antara lain dengan menaklukkan bangsa Portugis. Hal ini yang menjadi motif bangsa Portugis melakukan praktik kolonialisme dan imperialisme.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved