Iklan

Iklan

Pertanyaan

Siapakah tokoh nasional yang memberi semangat rakyat Surabaya saat terjadi peristiwa 10 November 1945? Apa latar belakang peristiwa tersebut?

Siapakah tokoh nasional yang memberi semangat rakyat Surabaya saat terjadi peristiwa 10 November 1945? Apa latar belakang peristiwa tersebut?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tokoh nasional yang memberi semangat kapada rakyat Surabaya adalah Bung Tomo. Sedangkan latar belakang Pertempuran Surabaya adalahkedatangan pasukan sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris.

tokoh nasional yang memberi semangat kapada rakyat Surabaya adalah Bung Tomo. Sedangkan latar belakang Pertempuran Surabaya adalah kedatangan pasukan sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris.

Iklan

Pembahasan

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran antara pejuang republik dengan tentara sekutu meletus pada tanggal 10 November 1945. Dalam perkembangannya, pertempuran tersebut berlangsung selama kurun waktu 3 minggu dan banyak menelan korban jiwa. Pertempuran Surabaya dilatarbelakangi oleh kedatangan pasukan Sekutu yang diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA), terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris. Dalam pertempuran tersebut, semangat juang rakyat Surabaya berkobar setelahBung Tomo melakukan orasi yang menggebu-gebu dalam siaran radio. Dengan demikian, tokoh nasional yang memberi semangat kapada rakyat Surabaya adalah Bung Tomo. Sedangkan latar belakang Pertempuran Surabaya adalahkedatangan pasukan sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris.

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran antara pejuang republik dengan tentara sekutu meletus pada tanggal 10 November 1945. Dalam perkembangannya, pertempuran tersebut berlangsung selama kurun waktu 3 minggu dan banyak menelan korban jiwa. Pertempuran Surabaya dilatarbelakangi oleh kedatangan pasukan Sekutu yang diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA), terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris. Dalam pertempuran tersebut, semangat juang rakyat Surabaya berkobar setelah Bung Tomo melakukan orasi yang menggebu-gebu dalam siaran radio. 

Dengan demikian, tokoh nasional yang memberi semangat kapada rakyat Surabaya adalah Bung Tomo. Sedangkan latar belakang Pertempuran Surabaya adalah kedatangan pasukan sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby, serta penolakan ultimatum oleh rakyat Surabaya yang diberikan Inggris.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Putu Shamita Nandi Kawidya

Pembahasan lengkap banget

Fakhri R

Terimakasih atas jawabannya jawabannya sangat membantu Makasih ❤️

MINECRAFT SERVER

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perundingan yang menghasilkan keputusan bahwa Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia atas Jawa, Sumatra, dan Madura adalah….

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia