Roboguru

Siapakah presiden pertama Indonesia....

Pertanyaan

Siapakah presiden pertama Indonesia....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dr. Ir. H. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, presiden pertama Indonesia adalah Presiden Dr. Ir. H. Soekarno.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan peran sang proklamator Ir. Soekarno dalam menyusun teks proklamasi kemerdekaan....

Pembahasan Soal:

Peranan ir.soekarno dalam proklamasi kemerdekaan RI yaitu: 1.merumuskan teks proklamasi bersama dengan Ahmad Soebarjo dan Drs. Mohammad Hatta. 2. membacakan teks proklamasi indonesia dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta. 3. Disebut dengan bapak proklamator indonesia.

0

Roboguru

Perhatikan susunan berikut ini ! proklamasi pidato pengantar dari Ir.Soekarno pengibaran bendera Merah Putih sambutan dari walikota Jakarta menyanyikan lagu Indonesia Raya sambutan dari perwak...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 17 Agustus 1945, hari Jumat rumah Soekarno telah dipenuhi oleh para hadirin yang akan bersiap untuk menyimak dengan seksama proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pertama yang dilakukan adalah sambutan dari Ir.Soekarno yang dilanjutkan dengan pembacaan proklamasi, lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah-Putih yang dilakukan oleh Sudanco Suhud, Latief Hendraningrat dan S.K Trimurti. Para hadirin secara spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai. setelah selesai, maka dilanjutkan dengan sambutan dari walikota Jakarta dan sambutan dari perwakilan Barisan Pelopor.

0

Roboguru

Kata “Proklamasi” adalah sumbangan pemikiran dari….

Pembahasan Soal:

Perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di lantai dua rumah Laksamana Tadashi Maeda. Kata “Proklamasi” adalah sumbangan pemikiran Soekarno, kalimat pertama adalah sumbangan pemikiran Ahmad Soebardjo, dan kalimat terakhir merupakan sumbangan pemikiran Hatta. Teks itu kemudian diberi saran dan sedikit perubahan oleh Sukarni, lalu diketik oleh Sayuti Melik. Terakhir, Sukarni memberi usulan bahwa naskah ini sebaiknya ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Pada pukul 04.30 WIB konsep naskah proklamasi selesai disusun.

0

Roboguru

Tuliskan nama-nama tokoh yang berperan dalam penulisan naskah proklamasi, tuliskan namanya dan perannya masing-masing ?

Pembahasan Soal:

Beberapa tokoh proklamasi dan perannya, adalah pertama Ir. Soekarno yang berperan sebagai pembaca teks proklamasi. Ia lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ia diketahui aktif berjuang sebelum kemerdekaan dengan menjadi anggota Pusat Tenaga Rakyat (Putera), hingga ketua PPKI. Kemudian, kedua Drs Mohammad Hatta yang ikut dalam perumusan teks proklamasi. Ia juga mengajukan usul untuk menandatangani teks proklamasi oleh seluruh tokoh yang hadir di rumah Laksamana Maeda saat itu. Pria yang lahir di Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 ini ikut mendampingi Soekarno saat pembacaan teks proklamasi. Ia pun diangkat menjadi wakil Presiden mendampingi Soekarno sebagai Presidennya. Ketiga, Ahmad Subardjo merupakan pejuang senior dan anggota PPKI. Ahmad Subarjo juga terlibat sebagai penulis proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Bahkan, pria bernama lengkap Raden Achmad Subardjo ini yang menjemput Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. Ia juga memutuskan bahwa proklamasi kemerdekaan harus dilaksanakan di Jakarta. Selanjutnya, Fatmawati Istri proklamator ini terlibat sebagai tokoh proklamasi dalam kemerdekaan Indonesia. Fatmawati diketahui yang menjahitkan bendera pusaka Merah-Putih untuk dikibarkan saat upacara 17 Agustus 1945. Kemudian, dari golongan muda ada Soekarni, ia aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan pernah bekerja di kantor berita Domei, Sendenbu, dan kantor pusat Seinendan. Diketahui, ia juga yang mengusulkan agar naskah proklamasi kemerdekaan hanya ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, sebagai perwakilan bangsa Indonesia. Kemudian Sayuti Melik yang menjadi salah satu tokoh proklamasi dan berperan sebagai pengetik naskah. Sebelumnya, naskah proklamasi ditulis tangan dengan beberapa perubahan, setelah disetujui diserahkan kepada Sayuti. Selanjutnya ada Latif Hendraningrat merupakan pejuang yang tergabung dalam Pembela Tanah Air (Peta). Ia ikut berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menaikkan bendera pusaka saat upacara 17 Agustus 1945.

0

Roboguru

Tujuan para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok adalah ….

Pembahasan Soal:

Peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda dari perkumpulan "Menteng 31" terhadap Soekarno dan Hatta disebut peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan terutama setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik.

Dengan demikian, tujuan para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok adalah untuk didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved