Roboguru

Siapakah nama lengkap dari penemu golongan darah dan dari mana asalnya?

Pertanyaan

Siapakah nama lengkap dari penemu golongan darah dan dari mana asalnya?undefined 

Pembahasan Soal:

Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah berdasarkan ada tidaknya antigen pada permukaan membran sel. Sistem golongan darah terdiri dari 3 jenis yaitu sistem ABO, sistem rhesus, dan sistem MN.

  1. Sistem golongan darah ABO, merupakan pengelompokan darah manusia menjadi A, B, AB, dan O berdasarkan jenis aglutinogen dan aglutinin di dalam darah. Sistem golongan darah ABO ditemukan oleh Dr. Karl Landsteiner (1868-1943) yang berasal dari Wina, Austria. 
  2. Sistem Rhesus (Rh), merupakan sistem golongan darah yang ditemukan oleh Karl Landsteiner dari Austria pada tahun 1940. Berdasarkan sistem Rh, golongan darah dibagi menjadi begin mathsize 12px style Rh to the power of minus end style dan begin mathsize 12px style Rh to the power of plus end style. Golongan darah begin mathsize 12px style Rh to the power of plus end style memiliki antigen rhesus dalam eritrositnya dan tidak memiliki antibodi terhadap antigen Rhesus pada plasma darahnya. Sementara itu, golongan darah begin mathsize 12px style Rh to the power of minus end style tidak memiliki antigen rhesus dalam eritrositnya dan memiliki antibodi terhadap antigen rhesus pada plasma darah.
  3. Sistem MN, yaitu penggolongan darah berdasarkan antigen M dan N pada eritrosit. Sistem MN ditemukan oleh Landsteiner dan Levine yang berasal dari Austria pada tahun 1927. Terdapat 3 jenis golongan darah pada sistem MN yaitu golongan darah M, N, dan MN.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 01 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seseorang memiliki golongan darah yang mengandung antigen A dan antibodi B. Setelah diuji, golongan darah tersebut tidak mengandung antigen rhesus. Jenis golongan darah yang dimiliki oleh orang terseb...

Pembahasan Soal:

Jika seseorang memiliki golongan darah dengan kandungan antigen A dan antibodi B serta tidak mengandung protein rhesus maka jenis golongan darahnya adalah golongan darah undefined.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Golongan darah yang tidak mempunyai aglutinogen adalah golongan darah ....

Pembahasan Soal:

Aglutinogen merupakan antigen-antigen dalam eritrosit yang membuat sel peka terhadap aglutinasi (penggumpalan darah). Ada atau tidak adanya aglutinogen menjadi dasar pengelompokkan golongan darah, misalnya aglutinogen A dan B digunakan untuk pengelompokan golongan darah sistem ABO. Jika seseorang yang tidak memiliki aglutinogen, darah orang tersebut digolongkan O.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Shelen memiliki golongan darah  . Penggolongan darah tersebut menggunakan sistem ….

Pembahasan Soal:

Sistem penggolongan darah diantaranya adalah sistem penggolongan darah ABO, rhesus dan MN. Pada sistem penggolongan darah ABO, golopngan darah terdiri atas golongan darah A, B, AB dan O. Sistem penggolongan darah MN menggolongkan darah menjadi golongan darah M, N dan MN. Sedangkan sistem penggolongan darah rhesus menggolongkan darah menjadi rhesus positif dan rhesus negatif. undefined  merupakan golongan darah dari 2 sistem penggolongan darah yang berbeda, yaitu sistem ABO dan sistem rhesus, yaitu memiliki golongan darah A dengan rhesus positif. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E.

 

0

Roboguru

Seorang siswi memiliki golongan darah A+, penggolongan darah tersebut menggunakan sistem ….

Pembahasan Soal:

Sistem penggolongan darah diantaranya adalah sistem penggolongan darah ABO, rhesus, dan MN. Pada sistem penggolongan darah ABO, golongan darah terdiri atas golongan darah A, B, AB dan O. Sistem penggolongan darah MN menggolongkan darah menjadi golongan darah M, N, dan MN. Sementara itu, pada sistem penggolongan darah rhesus menggolongkan darah menjadi rhesus positif dan rhesus negatif. A+ merupakan golongan darah dari 2 sistem penggolongan darah yang berbeda, yaitu sistem ABO dan sistem rhesus, artinya memiliki golongan darah A dengan rhesus positif.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.begin mathsize 14px style space end style

0

Roboguru

Jika golongan darah rhesus negatif bertemu darah rhesus positif yang mengandung Rh D maka ….

Pembahasan Soal:

Golongan darah rhesus negatif adalah golongan darah yang tidak memiliki antigen RhD pada membran eritrositnya dan juga aglutinin anti-RhD pada plasma darahnya. maka Jika golongan darah rhesus negatif bertemu darah rhesus positif yang mengandung RhD maka plasma darahnya akan menghasilkan aglutinin anti-RhD. Dengan demikian jawaban adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved