Roboguru

Siapa yang mewakili rapat Deklarasi Bangkok

Pertanyaan

Siapa yang mewakili rapat Deklarasi Bangkok

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok tersebut, suatu organisasi kawasan yang diberi nama Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) telah resmi berdiri. Pada awalnya organisasi ini bertujuan untuk menggalang kerja sama antarnegara anggota dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong perdamaian dan stabilitas wilayah, serta membentuk kerja sama dalam berbagai bidang kepentingan bersama.

Dengan demikian, para menteri luar negeri yang menandatangani Deklarasi Bangkok yakni Adam Malik dari Indonesia, Narsisco Ramos dari Filipina, Raja Ratnam dari Singapura, Thanat Khoman dari Thailand, dan Tun Abdul Razak dari Malaysia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amatilah gambar berikut!     Negara yang ikut dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok yang memiliki bangunan seperti gambar di atas diwakili oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, lima Wakil Negara/ Pemerintahan negara-negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia (Adam Malik), Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Malaysia (Tun Abdul Razak), Menteri Luar Negeri Filipina (Narciso Ramos), Menteri Luar Negeri Singapura   (S. Rajaratnam), dan Menteri Luar Negeri Thailand (Thanat Khoman) menindaklanjuti Deklarasi Bersama dengan  melakukan pertemuan dan penandatanganan Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration) atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration). Negara di ASEAN yang memiliki bangunan Pagoda adalah Thailand. Maka yang mewakili Thailand dalam Deklarasi Bangkok tersbeut adalah Thanat Khoman.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space space

0

Roboguru

Deklarasi Bangkok ditandatangani oleh lima negara. Dari lima negara tersebut ada salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh negara asing. Wakil dari negara tersebut yang ikut menandatangani Dekl...

Pembahasan Soal:

Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Thailand adalah anggota pendiri Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN). Thailand menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak dijajah atau diambil alih oleh bangsa Eropa. Di abad ke-19, Kerajaan Siam sadar bahwa negaranya berada di posisi yang sulit karena berada di antara negara jajahan Perancis dan jajahan Inggris. Akhirnya raja Siam Rama V berhasil melaklukan diplomasi dengan pihak Perancis dan Inggris. Raja Siam Rama V berhasil mengadopsi teknologi dan kebiasaan Eropa untuk melindungi kekuasaan Thailand. Hal itu membuat Thailand terkenal sebagai pemerintahan yang sudah terbuka dengan negara-negara asing. Selain itu, Thailand tidak memiliki tanah yang begitu subur seperti negara-negara Asia Tenggara yang lain. Sehingga negara lain tidak tertarik untuk menjajahnya dan menganggap tidak ada hasil bumi yang bisa diambil oleh penjajah.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Salah satu tujuan dari pendirian ASEAN adalah meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di Asia Tenggara. SEBAB ASEAN merupakan sebuah organisasi regional yang didirikan pada 8 Agustus 1967 di...

Pembahasan Soal:

Peryataan benar, karena Tujuan dari pendirian organisasi regional ini adalah untuk: meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Alasan benar, Pada 8 Agustus 1967, lima negara di Asia Tenggara menandatangani  pembentukan organisasi regional di kawasan  Asia Tenggara. rganisasi ini diberi  nama Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).         

 

0

Roboguru

Stabilitas regional dari ancaman komunisme di Asia Tenggara telah melahirkan deklarasi….

Pembahasan Soal:

Dinamika politik di kawasan Asia Tenggara pada masa Perang Dingin yang menjadi perebutan pengaruh ideologi antara blok Barat dan blok Timur menciptakan kesadaran terkait pentingnya kerjasama untuk menciptakan stabilitas kawasan dan negara Asia Tenggara. Pada 8 Agustus 1967 lima negara yang terdiri atas Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand mengadakan pertemuan di Bangkok, Thailand. Pertemuan tersebut berhasil menyepakati pembentukan organisasi yang mampu mempererat kerja sama dan hubungan antarnegara. Dengan demikian, lahirlah ASEAN yang ditandai dengan Deklarasi Bangkok atau Deklarasi ASEAN.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Tokoh pendiri organisasi di atas yang mewakili negara Singapura untuk menjadi salah satu penandatangan pada Deklarasi Bangkok 1967 adalah...

Pembahasan Soal:

Deklarasi Bangkok tentang pembentukan ASEAN ditandatangai pada 8 Agustus 1967 oleh kelima Menteri Luar Negeri negara-negara anggota, seperti :

  1. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia,
  2. Tun Abdul Razak, Menteri Luar Negeri Malaysia,
  3. Narciso Ramos, Menteri Luar Negeri Filipina,
  4. Sinnathamby Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura,
  5. Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved