Roboguru

Siapa penemu elektron?

Pertanyaan

Siapa penemu elektron?space 

  1. Daltonspace 

  2. Rutherfordspace 

  3. Saifi'ispace 

  4. Thomson

  5. Niels Bohrspace 

Pembahasan Soal:

Elektron ditemukan oleh J. J. Thomson melalui percobaan sinar katode. Pada percobaan ini, disusun tabung berisi gas yang bagian ujungnya merupakan dua pelat logam yang berfungsi sebagai elektrode. Keadaan tabung dibuat hampa. Ketika tekanan cukup rendah, gas akan berpijar dan ketika tekanan terus dikurangi, daerah di depan katode menjadi gelap. Tekanan terus dikurangi hingga seluruh tabung menjadi gelap, namun bagian depan katode tetap berpendar. Oleh karena berasal dari katode, sinar ini disebut sinar katode. Ketika diuji dengan medan magnet dan medan listrik, terbukti bahwa sinar katode merupakan radiasi partikel bermuatan negatif, yang disebut elektron.


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

J.J. Thomson melakukan eksperimen menggunakan tabung sinar katode. a. Buatlah deskripsi tentang tabung sinar katode! b. Tuliskan sifat-sifat sinar katode yang ditunjukkan dalam eksperimen tersebut! ...

Pembahasan Soal:

a. Tabung sinar katode adalah tabung kaca hampa udara yang memiliki logam sebagai elektrode pada kedua ujung tabung. Jika tegangan listrik yang cukup tinggi diberikim pada elektrode, sinar katode mengalir dari elektrode negatif (katode) ke ujung elektrode positif (anode).

b. Sifat-sifat sinar katode adalah sebagai berikut:

  1. merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju anode
  2. merupakan partikel kecil yang tidak dapat dilihat
  3. bermuatan negatif sehingga dalam medan magnet dan medan listrik dibelokkan ke kutub positif
  4. memiliki sifat cahaya dan sifat materi
  5. tidak tergantung pada jenis gas dan jenis elektrode

c. Hasil percobaan menunjukkan bahwa partikel bermuatan negatif (disebut elektron) ada dalam semua jenis materi, yaitu dalam atom semua unsur. Sehingga Thomson mengusulkan teori atom yang merupakan partikel berbentuk bulat bermuatan positif yang dipermukaannya tersebar elektron.

Jadi, tabung sinar katode adalah tabung kaca hampa udara yang memiliki logam sebagai elektrode pada kedua ujung tabung; sinar katode diantaranya bermuatan negatif, merambat lurus dari katode ke anoda, tidak terganting pada jenis gas dan elektroda; dan hasil percobaan menunjukkan atom terdiri dari partikel bermuatan positif dan negatif yang tersebar.

0

Roboguru

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Berdasarkan penemuan sinar katode, jawablah pertanyaan berikut. a. Siapakah penemu elektron? b. Ceritakan percobaan penemuan elektron. c. Sebutkan sif...

Pembahasan Soal:

a. Penemu elektron adalah J.J. Thomson.

b. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan J.J. Thomson, sinar katode tidak bergantung pada jenis gas dan logam yang digunakan untuk elektrode. Dengan kata lain, semua benda terdiri atas partikel yang sama. Partikel itu merupakan partikel dasar penyusun materi. Selanjutnya, partikel sinar katode itu disebut elektron.

c. Beberapa sifat sinar katode adalah sebagai berikut.
a) Merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju ke anode.
b) Dapat memutar kincir yang dipasang di antara katode dan anode. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode merupakan partikel kecil yang tidak dapat dilihat.
c) Dibelokkan mendekati muatan positif dalam medan listrik dan medan magnet. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode bermuatan listrik, tepatnya bermuatan negatif.
d) Dapat memendarkan berbagai zat. Maksudnya, sinar katode dapat menyebabkan benda yang dikenainya memancarkan cahaya. Sifat ini dimanfaatkan untuk membuat tabung pesawat televisi.

Jadi, elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson. 

0

Roboguru

Partikel subatom apa yang ditemukan oleh peneliti yang bekerja dengan tabung katode?

Pembahasan Soal:

Partikel subatom yang ditemukan pada percobaan tabung katode oleh JJ. Thomson adalah elektron. Penemuan elektron ini menyebabkan para ilmuwan percaya bahwa ada partikel lain yang ada pada atom.  Tabung sinar katode adalah tabung kaca hampa udara yang memiliki logam sebagai elektrode pada kedua ujung tabung. Tegangan listrik yang cukup tinggi diberikan pada elektrode menyebabkan sinar katode mengalir katode ke ujung elektrode positif.

Jadi, partikel subatom yang ditemukan oleh peneliti yang bekerja pada tabung katode adalah elektron.space

0

Roboguru

Eksperimen J.J. Thomson dengan tabung sinar katode menunjukkan bahwa sinar katode dibelokkan ke arah medan bermuatan positif dan identik untuk semua katode dari bahan logam berbeda-beda. Dari fakta in...

Pembahasan Soal:

Tabung sinar katode adalah tabung kaca hampa udara yang memiliki logam sebagai elektrode pada kedua ujung tabung. Jika tegangan listrik yang cukup tinggi diberikan pada elektrode, sinar katode mengalir dari elektrode negatif (katode) ke ujung elektrode positif (anode). Percobaan-percobaan ini menunjukkan bahwa sinar katode, yang bergerak menurut garis lurus, dapat dibelokkan oleh medan magnet dan tertarik ke arah plat bermuatan positif. Sehingga disimpulkan sinar katode bermuatan negatif.

Ketika dicoba pada katode dari bahan gas dan logam berbeda-beda, ternyata memberikan hasil yang sama. Hal ini menunjukkan sinar katode tidak dipengaruhi oleh jenis elektrode dan terdapat dalam semua materi.

Sehingga dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa sinar katode bermuatan negatif dan terdapat dalam semua materi.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Penemu elektron pertama kali adalah ....

Pembahasan Soal:

Elektron adalah partikel subatom yang bermuatan negatif dan umumnya ditulis sebagai e. Elektron berhasil diidentifikasikan sebagai partikel pada tahun 1897 oleh J.J. Thomson. 

Penemuan elektron diawali dengan ditemukannya tabung katode oleh William Crookes. Kemudian J.J. Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode ini dan dapat dipastikan bahwa sinar katode ini merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan di antara katode dan anode. J.J. Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.

Dengan demikian, penemu elektron pertama kali adalah J. J. Thomson.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved