Roboguru

Siapa Ki Hajar Dewantara?

Pertanyaan

Siapa Ki Hajar Dewantara?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantoro lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Ki Hajar Dewantoro adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Dengan demikian, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kapan Ki Hajar Dewantara dilahirkan ....

Pembahasan Soal:

Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu toko pejuang kemerdekaan Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau berkontribusi besar dalam dunia pendidikan dengan mendirikan Perguruan Taman Siswa. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Sedangkan, Pada masa pendudukan jepang beliau masuk dalam keanggotaan PUTERA. Dengan demikian, tokoh nasional Indonesia Ki Hajar Dewantara dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889.

0

Roboguru

Arti dari filosofi pendidikan Ing Ngarso Sung Tulodo yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara adalah….

Pembahasan Soal:

“Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” adalah tiga filosofi pendidikan yang terkenal dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tiga filosofi tersebut bermakna :
  1. Ing Ngarso Sung Tulodo, artinya yang di depan memberi contoh. Maksudnya, guru memberi teladan atau contoh yang baik bagi siswa.
  2. Ing Madyo Mangun Karso, artinya yang di tengah membangun. Maksudnya, guru membangun ide, inovasi, dan semangat bagi siswa.
  3. Tut Wuri Handayani, artinya yang di belakang memberi dorongan. Maksudnya, guru mendorong terwujudnya pendidikan yang tidak menghalangi rasa ingin tahu siswa, serta selalu memberi motivasi bagi siswa.

0

Roboguru

Filosofi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara yang memiliki arti “di belakang memberi dorongan” adalah....

Pembahasan Soal:

Filosofi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara terdapat tiga filosofi pendidikan, yaitu:

  1. Ing Ngarso Sung Tulodo, artinya yang di depan memberi contoh. Maksudnya, orang tua memberi tauladan atau contoh yang baik bagi anak-anak.
  2. Ing Madyo Mangun Karso, artinya yang di tengah membangun. Maksudnya orang tua membangun ide, inovasi, dan semangat bagi anak-anak
  3. Tut Wuri Handayani, artinya yang di belakang memberi dorongan. Orang tua mendorong terwujudnya pendidikan yang tidak menghalangi rasa ingin tahu anak-anak serta selalu memberi motivasi bagi anak-anak.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)!

Pembahasan Soal:

Kita selalu merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada tanggal 20 Mei. Tanggal diperingatinya Hardiknas merupakan hari kelahiran tokoh pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, yaitu Ki Hajar Dewantara. Sedangkan Harkitnas merupakan tanggal dimana Budi Utomo dibentuk, yaitu pada tanggal 20 Mei 1908 sebagai pelopor organisasi nasional di masa Kebangkitan Nasional (1908-1942).

Jadi, perbedaan antara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) terletak pada peristiwa yang mendasari hari tersebut. Hardiknas merupakan hari lahirnya pelopor pendidikan Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara. Sedangkan Harkitnas adalah hari berdirinya organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Budi Utomo. space

0

Roboguru

Di bawah kepemimpinan Wahid Hasyim, MIAI kemudian membentuk ….

Pembahasan Soal:

Pada 1939, tepat di usia Wahid Hasyim yang ke-25, beliau terpilih menjadi ketua Majelis Islam A’la Indonesia atau MIAI. MIAI adalah wadah perkumpulan berbagai organisasi Islam di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Wahid Hasyim, MIAI kemudian membentuk Kongres Rakyat Indonesia, yaitu suatu komite nasional yang menuntut Indonesia berparlemen. Hal ini penting, karena para politisi Indonesia perlu sebuah wadah politik untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Belanda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved