Roboguru

Setujukah Anda apabila demonstrasi yang dilakukan mahasiswa untuk menuntut pemberantasan korupsi adalah akibat negatif dari pengetahuan sosiologi?

Pertanyaan

Setujukah Anda apabila demonstrasi yang dilakukan mahasiswa untuk menuntut pemberantasan korupsi adalah akibat negatif dari pengetahuan sosiologi?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada dampak adanya perkembangan ilmu sosiologi. 

Aplikasi sosiologi yang dikembangan untuk kepentingan praktis dimaksudkan untuk mengatasi berbagai macam masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sosiologi tidak boleh berdiri di puncak menara tinggi sambil membiarkan berbagai persoalan di masyarakat terjadi. Para ahli sosiologi boleh terjun langsung ke tengahtengah masyarakat, dengan menggunakan pengetahuannya lalu menunjukkan cara mengatasi masalah.

Para masyarakat sipil yang mempelajari sosiologi akan melihat adanya sisi negatif dan sisi positif suatu kejadian di masyarakat. Apabila terjadi ketidaksesuaian nilai dan norma yang berakibat buruk terhadap tatanan masyarakat, tentunya masyarakat tersebut akan melakukan suatu tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Sehingga, apabila ada pertanyaan "Setujukah Anda apabila demonstrasi yang dilakukan mahasiswa untuk menuntut pemberantasan korupsi adalah akibat negatif dari pengetahuan sosiologi?" maka jawabannya adalah Tidak setuju, karena demonstrasi merupakan salah satu bentuk tindakan masyarakat yang melihat adanya kejahatan korupsi yang merugikan masyarakat itu sendiri. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam mempelajari sosiologi, yang dipersoalkan bukan baik buruknya fakta, tetapi penjelasan terhadap fakta-fakta. Sifat demikian disebut ….

Pembahasan Soal:

Non etis, artinya sosiologi membahas suatu permasalahan sosial tanpa mempersoalkan nilainya, yaitu baik atau buruknya suatu persoalan yang dibahas. Sosiologi lebih berkepentingan untuk menjelaskan mengapa suatu fenomena terjadi. Penjelasan tersebut juga harus logis, mendalam, dan mudah dipahami.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Ruang lingkup sosiologi adalah….

Pembahasan Soal:

Ruang lingkup sosiologi merupakan subjek dan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi. Ruang lingkup sosiologi pada satu sisi terbatas, artinya dibatasi oleh aspek-aspek yang berkaitan dengan masyarakat saja. Namun disisi lain juga teramat luas karena aspek yang berkaitan dengan masyarakat tak terhitung jumlahnya. Beberapa aspek masyarakat yang masuk dalam ruang lingkup sosiologi meliputi interaksi antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan karakteristik kelompok sosial yang beragam.space space   

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space   

1

Roboguru

Jelaskan pengertian pengetahuan sosiologi!

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan tentang sosiologi. Ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia. Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin socius yang berarti teman atau kawan dan bahasa Yunani logos yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antarteman, yaitu antara orang yang satu dengan yang lain.
Menurut Meyer F. Nimkoff, terdapat tujuh hal yang menjadi objek studi sosiologi, yaitu

  1. Faktor-faktor dalam kehidupan manusia,
  2. Kebudayaan,
  3. Sifat hakiki manusia,
  4. Kelakuan kolektif,
  5. Persekutuan hidup,
  6. Lembaga sosial,
  7. Perubahan sosial.undefined 

0

Roboguru

Sikap sosiologi adalah mendasar pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Sifat sosiologi seperti ini disebut ….

Pembahasan Soal:

Empiris, artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan didasarkan pada observasi terhadap kenyataan menggunakan akal sehat dan indra, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif. ... Argumen tersebut diambil dari realitas objektif di lapangan dan bukan spekulasi kosong.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Bagaimanakah etos kerja para sopir taksi di Kota Solo?   Berdasarkan metode ilmu pengetahuan, pernyataan di atas berupa ....

Pembahasan Soal:

Rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan  spesifik mengenai masalah sebuah hal atau kejadian yang berbentuk kalimat tanya yang sederhana, singkat, padat, dan jelas. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved