Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setidaknya terdapat tiga hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi bencana alam. Petama, pencegahan, yakni membuat peta potensi. Yang kedua adalah mitigasi atau penjinakan. Jika suatu daerah termasuk rawan gempa, berarti rumah yang dibangun di daerah itu harus tahan gempa. Ketiga adalah peringatan dini (kesiapsiagaan). Hal ini perlu dilatihkan kepada masyarakat melalui sosialisasi dan simulasi berkelanjutan. Masalah utama paragraf di atas adalah ....

Setidaknya terdapat tiga hal yang perlu dilakukan  dalam menghadapi bencana alam. Petama, pencegahan, yakni membuat peta potensi. Yang kedua adalah mitigasi atau penjinakan. Jika suatu daerah termasuk rawan gempa, berarti rumah yang dibangun di daerah itu harus tahan gempa. Ketiga adalah peringatan dini (kesiapsiagaan). Hal ini perlu dilatihkan kepada masyarakat melalui sosialisasi dan simulasi berkelanjutan.

 

Masalah utama paragraf di atas adalah ....

 

  1. aktivitas pencegahan bencana alam

  2. pentingnya rumah tahan bencana

  3. pemetaan potensi bencana alam

  4. perlunya sosialisasi daerah rawan bencana

  5. kegiatan siaga dalam menghadapai bencana

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Masalah utama dalam paragraf tersebut adalah aktivitas pencegahan bencana alam. Masalah utama sama halnya dengan ide pokok yang berada di kalimat utama. Kalimat utama paragraf tersebut berada di kalimat (1), yaitu hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi bencana alam. Kalimat (2), (3), dan (4) merupakan penjelasan masalah utama. Penjelasan tersebut ditandai dengan pertama, yang kedua, dan ketiga yang merujuk ke kalimat (1) . Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Masalah utama dalam paragraf tersebut adalah aktivitas pencegahan bencana alam. Masalah utama sama halnya dengan ide pokok yang berada di kalimat utama. Kalimat utama paragraf tersebut berada di kalimat (1), yaitu hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi bencana alam. Kalimat (2), (3), dan (4) merupakan penjelasan masalah utama. Penjelasan tersebut ditandai dengan pertama, yang kedua, dan ketiga yang merujuk ke kalimat (1). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

59

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Abrasi merupakan proses fisik yang menyebabkan degradasi lahan kawasan pesisir. Abrasi dipengaruhi oleh tenaga gelombang air laut. Gelombang pasang air laut yang menghantam daratan akan menggerus bibi...

53

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia