Roboguru

Setiap tahun permukaan tanah kota Jakarta diperkir...

Setiap tahun permukaan tanah kota Jakarta diperkirakan mengalami penurunan akibat eksploitasi air tanah berlebihan.

Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah ....

  1. pendekatan ekologi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan region

  4. pendekatan kewilayahan

  5. pendekatan kompleks wilayah

Jawaban:

Ada tiga pendekatan dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing pendekatan memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut adalah penjelasan dari setiap macam pendekatan pada geografi:

  1. Pendekatan Ekologi adalah pendekatan yang berfokus pada hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Contohnya adalah terjadinya banjir di Jakarta akibat alih fungsi lahan pada hilir DAS Ciliwung atau menurunnya kualitas sungai Musi akibat adanya permukiman penduduk di bantaran sungai yang tidak melestarikan sungai.
  2. Pendekatan Keruangan adalah pendekatan yang membahas mengenai fenomena di permukaan bumi berdasarkan sudut pandang keruangan, seperti lokasi, persebaran, dan interaksi spasial. Contohnya adalah harga tanah yang ada di pinggir jalan besar akan lebih mahal harganya dibanding dengan harga bidang tanah yang terletak di jalan lokal atau persebaran dari fenomena tertentu di permukaan bumi.
  3. Pendekatan Kompleks Wilayah merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan ekologi yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks di permukaan bumi dengan lebih komprehensif. Contohnya fenomena erosi yang terjadi di Garut yang menyebabkan banyak kerugian disebabkan karena faktor curah hujan yang tinggi dan tata guna lahan yang salah pada wilayah yang berlereng curam.

Pada soal dijelaskan bahwa setiap tahun permukaan tanah Kota Jakarta diperkirakan mengalami penurunan akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan. Pendekatan geografi yang sesuai untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah pendekatan ekologi, karena turunnya permukaan tanah di Kota Jakarta dengan aktivitas manusia yang mengeksploitasi air tanah disebabkan oleh intervensi manusia. Maka, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved