Roboguru

Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan hingga mencapai sekitar 684.000 hektare. Berkurangnya luas hutan disebabkan oleh deforestasi (penggundulan hutan) yang dilakukan oleh manusia. Selain deforestasi, luas hutan berkurang karena faktor kebakaran hutan. Data dari Global Forest Resources Assesment menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua tertinggi di dunia sebagai negara yang kehilangan hutannya. Apabila Anda bertindak sebagai pengelola hutan, bagaimana upaya Anda untuk mengembalikan fungsi hutan tersebut?

Pertanyaan

Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan hingga mencapai sekitar 684.000 hektare. Berkurangnya luas hutan disebabkan oleh deforestasi (penggundulan hutan) yang dilakukan oleh manusia. Selain deforestasi, luas hutan berkurang karena faktor kebakaran hutan. Data dari Global Forest Resources Assesment menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua tertinggi di dunia sebagai negara yang kehilangan hutannya. Apabila Anda bertindak sebagai pengelola hutan, bagaimana upaya Anda untuk mengembalikan fungsi hutan tersebut?space 

  1. ....space 

  2. ....space 

Pembahasan Soal:

Deforestasi (penggundulan hutan) merupakan masalah yang sering terjadi di Indonesia. Penggundulan hutan terjadi karena beberapa alasan diantaranya pembukaan lahan, penebangan liar, dan pembakaran hutan pada musim kemarau. Sebagai pengelola hutan upaya pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan penebangan liar dan pembukaan lahan untuk mengurangi deforestasi. Upaya selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu melakukan tebang pilih dan reboisasi agar pemulihan hutan lebih cepat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kebijaksanaan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut . . .

Pembahasan Soal:

Kebijaksanaan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut etika lingkungan. Etika lingkungan diperlukan agar setiap kegiatan yang menyangkut lingkungan dipertimbangkan secara cermat sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga.  

Roboguru

Peristiwa kebakaran hutan yang terjadi di provinsi Riau, salah satu penyebabnya adalah aktivitas pembukaan lahan hutan untuk dijadikan areal perkebunan yang mengakibatkan terganggunya keseimbangan eko...

Pembahasan Soal:

Dampak dari pembakaran hutan mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem. Ekosistem dapat terganggu keseimbangannya karena peran hutan sebagai penyeimbang tersebut sudah tidak ada lagi. Hutan sudah rusak karena terbakar. Pohon- pohon yang tumbuh di hutan telah mati. Pohon- pohon yang biasanya mengurangi polusi udara dan menyimpan cadangan air sudah tidak ada lagi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Manusia adalah bagian dari lingkungan yang mempunyai kewajiban menjaga kelestarian hidup dan lingkungannya. Tindakan bijaksana yang dilakukan manusia adalah ....

Pembahasan Soal:

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan dengan manusia. Manusia merupakan salah satu bagian lingkungan yang wajib menjaga lingkungan. Tindakan bijaksana yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian hidup dan lingkungannya adalah memelihara dan mengelola lingkungan secara terencana dan terkendali. Manusia dapat memanfaatkan atau mengelola sumber daya alam dari lingkungan, namun harus terencana dan terkendali, yang artinya tidak dimanfaatkan secara berlebihan. Hal tersebut bertujuan agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Untuk mencapai lingkungan hidup yang seimbang, diperlukan beberapa kriteria salah satunya yaitu lingkungan harus bersifat homeostatis yang artinya adalah ….

Pembahasan Soal:

Untuk mencapai lingkungan hidup yang seimbang, diperlukan beberapa kriteria diantaranya:

  1. Terdapat pola-pola interaksi meliputi arus energi, daur materi, rantai makanan atau jaring-jaring makanan, piramida ekologi, daur biogeokimia, dan produktivitas yang berlangsung secara proporsional atau seimbang.
  2. Tidak ada organisme yang mendominasi organisme lainnya. Melalui pola-pola interaksi ini, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berlangsung secara alami.
  3. Lingkungannya bersifat homeostatis, artinya mampu mempertahankan keadaannya terhadap gangguan alam, baik secara alami maupun buatan.
  4. Memiliki daya dukung lingkungan yaitu kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan makhluk hidup. Daya dukung lingkungan ini meliputi sumber daya alam, contohnya makanan, air, habitat/tanah, dan lain sebagainya yang mendukung kehidupan makhluk hidup.  

Dari informasi tersebut maka, lingkungan homeostasis memiliki arti mampu mempertahankan keadaan dari gangguan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Jelaskan hubungan antara daya dukung dan daya lenting lingkungan dengan keseimbangan alam!

Pembahasan Soal:

Lingkungan yang seimbang memiliki daya lenting dan daya dukung yang tinggi. Daya lenting lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang jika mengalami perubahan atau gangguan. Sedangkan daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup di dalamnya.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved