Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setiappelajaran fisika Yanto selalu datang terlambat. Walaupun sudah diperingatkan berkali-kali ia masih terlambat juga. Akhirnya guru memberikan sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut termasuk jenis pengendalian sosial berbentuk ....

Setiap pelajaran fisika Yanto selalu datang terlambat. Walaupun sudah diperingatkan berkali-kali ia masih terlambat juga. Akhirnya guru memberikan sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut termasuk jenis pengendalian sosial berbentuk  ....

  1. hukuman 

  2. bimbingan 

  3. pembinaan 

  4. kekerasan 

  5. teguran 

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Setiap pelajaran fisika Yanto selalu terlambat. Hingga akhirnya guru memberikans sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut merupakan jenis pengendalian sosial berupa hukuman. Hukuman adalah sesuatu yang tidak mengenakkan dan bersifat negatif yang diberikan kepada orang yang melakukan penyimpangan (salah satu bentuk hukuman adalah dengan paksaan bahkan kekerasan). Selain hukuman, terdapat beberapa bentuk atau jenis pengendalian sosial lainnya sebagai berikut: Teguran adalah peringatan yang diberikan satu pihak ke pihak lainnya dengan harapan pihak yang ditegur tidak mengulangi perbuatannya yang menyimpang. Gosip atau desas-desus adalah kabar burung yang belum pasti kebenarannya. Yang terakhir adalah pendidikan dan agama. Pembinaan merupakan bentuk kegiatan secara berencana dan terarah untuk menyempurnakan perilaku masyarakat yang kurang baik menjadi lebih baik. Bimbingan merupakan petunjuk yang digunakan sebagai pedoman untuk memperbaiki perilaku buruk agar kembali menaati nilai dan norma di masyarakat.

Setiap pelajaran fisika Yanto selalu terlambat. Hingga akhirnya guru memberikans sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut merupakan jenis pengendalian sosial berupa hukuman. Hukuman adalah sesuatu yang tidak mengenakkan dan bersifat negatif yang diberikan kepada orang yang melakukan penyimpangan (salah satu bentuk hukuman adalah dengan paksaan bahkan kekerasan).

Selain hukuman, terdapat beberapa bentuk atau jenis pengendalian sosial lainnya sebagai berikut:

  • Teguran adalah peringatan yang diberikan satu pihak ke pihak lainnya dengan harapan pihak yang ditegur tidak mengulangi perbuatannya yang menyimpang.
  • Gosip atau desas-desus adalah kabar burung yang belum pasti kebenarannya. Yang terakhir adalah pendidikan dan agama.
  • Pembinaan merupakan bentuk kegiatan secara berencana dan terarah untuk menyempurnakan perilaku masyarakat yang kurang baik menjadi lebih baik.
  • Bimbingan merupakan petunjuk yang digunakan sebagai pedoman untuk memperbaiki perilaku buruk agar kembali menaati nilai dan norma di masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Warga masyarakat sebuah desa memilih menghukum pelaku kejahatan perzinaan dengan hukuman massa. Seluruh warga desa sepakat untuk mengancam, memojokkan, mempermalukan, dan mengucilkan pelaku. Upaya pen...

26

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia