Roboguru

Pertanyaan

Setiap pelajaran fisika Yanto selalu datang terlambat. Walaupun sudah diperingatkan berkali-kali ia masih terlambat juga. Akhirnya guru memberikan sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut termasuk jenis pengendalian sosial berbentuk  ....

  1. hukuman 

  2. bimbingan 

  3. pembinaan 

  4. kekerasan 

  5. teguran 

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Setiap pelajaran fisika Yanto selalu terlambat. Hingga akhirnya guru memberikans sanksi kepada Yanto dengan belajar di perpustakaan. Tindakan guru tersebut merupakan jenis pengendalian sosial berupa hukuman. Hukuman adalah sesuatu yang tidak mengenakkan dan bersifat negatif yang diberikan kepada orang yang melakukan penyimpangan (salah satu bentuk hukuman adalah dengan paksaan bahkan kekerasan).

Selain hukuman, terdapat beberapa bentuk atau jenis pengendalian sosial lainnya sebagai berikut:

  • Teguran adalah peringatan yang diberikan satu pihak ke pihak lainnya dengan harapan pihak yang ditegur tidak mengulangi perbuatannya yang menyimpang.
  • Gosip atau desas-desus adalah kabar burung yang belum pasti kebenarannya. Yang terakhir adalah pendidikan dan agama.
  • Pembinaan merupakan bentuk kegiatan secara berencana dan terarah untuk menyempurnakan perilaku masyarakat yang kurang baik menjadi lebih baik.
  • Bimbingan merupakan petunjuk yang digunakan sebagai pedoman untuk memperbaiki perilaku buruk agar kembali menaati nilai dan norma di masyarakat.

17

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Peredaran jamu-jamu herbal tanpa izin ditemukan oleh tim gabungan pemerintah di beberapa toko jamu dan toko kelontong. Banyak jamu yang tidak memiliki izin atau bernomor BPOM palsu. Peredaran jamu tan...

384

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia