Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setiap pagi Erin berangkat ke sekolah pukul 06.00 dan memakai seragam sesuai dengan aturan yang berlaku. Sementara itu, ayahnya berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor dan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu. Berdasarkan urutannya, keteraturan sosial yang dijalani Erin dan ayahnya adalah ...

Setiap pagi Erin berangkat ke sekolah pukul 06.00 dan memakai seragam sesuai dengan aturan yang berlaku. Sementara itu, ayahnya berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor dan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu. Berdasarkan urutannya, keteraturan sosial yang dijalani Erin dan ayahnya adalah ...

  1. tertib sosial

  2. tatanan sosial

  3. keajegan

  4. pola sosial

  5. norma sosial

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Keajegan merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Ilustrasi yang menjelaskan setiap pagi Erin ke sekolah pukul 06.00 dan memakai seragam dan ayahnya berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor dan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu merupakan contoh dari keajegan . Kata “setiap” dan “selalu” umumnya terdapat pada keajegan karena menggambarkan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah (konsisten). Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu : Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dn kewajibannya. Sebagai contoh Masyarakat desa tercipta kondisi tertib karena anggotanya berperilaku sesuai status dan perannya. Tatanan sosial merupakan nama lain dari struktur sosial yaitu jalinan unsur-unsur sosial yang pokok dalam masyarakat. unsur pokok tersebut antaralain nilai, norma, kelompok, lembaga, dan stratifikasi. Pola sosial merupakan corak hubungan yang tetap atau ajek dalam interaksi sosial dan dijadikan model bagi semua anggota masyarakat atau kelompok. Contohnya kegiatan musyarawah di masyarakat yang digunakan dalam pemecahan masalah pada warga. Norma sosial, merupakan aturan yang terdiri dari nilai-nilai sosial yang dilembagakan sehingga bersifat memaksa dan terdapat hukuman bagi yang melanggar.

Keajegan merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Ilustrasi yang menjelaskan setiap pagi Erin ke sekolah pukul 06.00 dan memakai seragam dan ayahnya berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor dan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu merupakan contoh dari keajegan. Kata “setiap” dan “selalu” umumnya terdapat pada keajegan karena menggambarkan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah (konsisten).

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dn kewajibannya. Sebagai contoh Masyarakat desa tercipta kondisi tertib karena anggotanya berperilaku sesuai status dan perannya.
  • Tatanan sosial merupakan nama lain dari struktur sosial yaitu jalinan unsur-unsur sosial yang pokok dalam masyarakat. unsur pokok tersebut antaralain nilai, norma, kelompok, lembaga, dan stratifikasi.
  • Pola sosial merupakan corak hubungan yang tetap atau ajek dalam interaksi sosial dan dijadikan model bagi semua anggota masyarakat atau kelompok. Contohnya kegiatan musyarawah di masyarakat yang digunakan dalam pemecahan masalah pada warga.
  • Norma sosial, merupakan aturan yang terdiri dari nilai-nilai sosial yang dilembagakan sehingga bersifat memaksa dan terdapat hukuman bagi yang melanggar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ilustrasi di bawah ini yang tidak termasuk dalam unsur keajegan sosial adalah ... Siswa menaati peraturan sekolah. Pemakaian seragam batik setiap hari Sabtu. Tertib belajar mengajar. Up...

57

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia