Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setiap kementerian dan lembaga memiliki ideologiinstitusitersendiri yang mencerminkan nilai dan prinsip dasar yang dianggap ideal. Ideologi ini juga dapat menjadi dasar dalam membangun tata tertib yang mengatur aktivitaspara pegawainya.Dalam hal ini, kementerian merupakan pranata atau institusi sosial yang memiliki ciri, yaitu …. adanya tujuan yang sama dengan organisasi lain memiliki aturan yang menjadi panutan parsa anggotanya memiliki anggota-anggota yang merupakan ciri khasnya adanya sistem pemikiran yang dimiliki secara bersama

Setiap kementerian dan lembaga memiliki ideologi institusi tersendiri yang mencerminkan nilai dan prinsip dasar yang dianggap ideal. Ideologi ini juga dapat menjadi dasar dalam membangun tata tertib yang mengatur aktivitas para pegawainya. Dalam hal ini, kementerian merupakan pranata atau institusi sosial yang memiliki ciri, yaitu …. space 

  1. adanya tujuan yang sama dengan organisasi lain
  2. memiliki aturan yang menjadi panutan parsa anggotanya
  3. memiliki anggota-anggota yang merupakan ciri khasnya
  4. adanya sistem pemikiran yang dimiliki secara bersama space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar. space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar. space 

  4. HANYA 4 yang benar. space 

  5. SEMUA pilihan benar. space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ciri-ciri lembaga sosial adalah sebagai berikut: Memiliki ideologi Ideologi pada sebuah lembaga sosial merupakan dasar pemikiran yang dimiliki secara bersama dan dianggap ideal bagi para pendukung lembaga yang terbentuk. Misalnya dalam lembaga politik di Indonesia, negaramemiliki ideologi Pancasila sebagai tujuan yang ingin dicapai oleh pancasila,yaitu meliputi ideologi Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan kesejahteraan. Memiliki tradisi atau tata tertib Ciri khas lembaga sosial adalah memiliki aturan yang jelas. Aturan ini haruslah disepakati bersama antara satu anggota dengan anggota lainnya. Oleh karenaitu,ada istilah yang mengatakan jika lembaga sosial dibentuk untuk mengatur hubungan sosial dalam setiap masyarakat. Lembaga sosial memiliki simbol Setiap lembaga sosial memiliki simbol. Simbol yang ada dalam lembaga sosial difungsikan untuk mempermudah seseorang mengingat keberadaan lembaga, visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai. Simbol-simbol dalam lembaga sosial tersebut dapat berupa gambar (logo), tulisan, gabungan antara gambar atau tulisan dan logo, serta bendera panji. Memiliki usia lebih lama Usia lembaga sosial lebih lama dibandingkan dengan usia orang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lembaga sosial yang diwariskan dari generasi ke generasiselama lembaga sosial tersebut dirasa berguna oleh masyarakat. Memiliki tingkat kekekalan tertentu Dalam lembaga sosialterdapat norma sosial. Norma sosial terbentuk melalui kesepakatan dan proses panjang untuk mengaturkehidupan individu dalam masyarakat. Ketika norma dirasa penting,norma mulai terlembaga dan mengatur kehidupan masyarakat.Ketika lembaga sosial diciptakan masyarakat beserta asosiasinya, lembaga sosial tersebut cenderung bertahan lama dalam kehidupan masyarakat. Memiliki alat kelengkapan Setiap lembaga sosial pasti memiliki alat kelengkapannya masing-masing. Alat kelengkapan ini merupakan sarana prasarana yang akan digunakan untuk mewujudkan tujuan dari lembaga tersebut. Misalnya,di lembaga pendidikan yang memiliki sarana prasarana seperti kelas, buku, meja dan kursi, serta komputer atau laptop yang digunakan untuk mewujudkan tujuan lembaga. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C, yaitu poin 2 dan 4.

Ciri-ciri lembaga sosial adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ideologi

Ideologi pada sebuah lembaga sosial merupakan dasar pemikiran yang dimiliki secara bersama dan dianggap ideal bagi para pendukung lembaga yang terbentuk. Misalnya dalam lembaga politik di Indonesia, negara memiliki ideologi Pancasila sebagai tujuan yang ingin dicapai oleh pancasila,yaitu meliputi ideologi Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan kesejahteraan.

  • Memiliki tradisi atau tata tertib

Ciri khas lembaga sosial adalah memiliki aturan yang jelas. Aturan ini haruslah disepakati bersama antara satu anggota dengan anggota lainnya. Oleh karena itu, ada istilah yang mengatakan jika lembaga sosial dibentuk untuk mengatur hubungan sosial dalam setiap masyarakat.

  • Lembaga sosial memiliki simbol

Setiap lembaga sosial memiliki simbol. Simbol yang ada dalam lembaga sosial difungsikan untuk mempermudah seseorang mengingat keberadaan lembaga, visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai. Simbol-simbol dalam lembaga sosial tersebut dapat berupa gambar (logo), tulisan, gabungan antara gambar atau tulisan dan logo, serta bendera panji.

  • Memiliki usia lebih lama

Usia lembaga sosial lebih lama dibandingkan dengan usia orang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lembaga sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi selama lembaga sosial tersebut dirasa berguna oleh masyarakat.

  • Memiliki tingkat kekekalan tertentu

Dalam lembaga sosial terdapat norma sosial. Norma sosial terbentuk melalui kesepakatan dan proses panjang untuk mengatur kehidupan individu dalam masyarakat. Ketika norma dirasa penting, norma mulai terlembaga dan mengatur kehidupan masyarakat. Ketika lembaga sosial diciptakan masyarakat beserta asosiasinya, lembaga sosial tersebut cenderung bertahan lama dalam kehidupan masyarakat.

  • Memiliki alat kelengkapan

Setiap lembaga sosial pasti memiliki alat kelengkapannya masing-masing. Alat kelengkapan ini merupakan sarana prasarana yang akan digunakan untuk mewujudkan tujuan dari lembaga tersebut. Misalnya, di lembaga pendidikan yang memiliki sarana prasarana seperti kelas, buku, meja dan kursi, serta komputer atau laptop yang digunakan untuk mewujudkan tujuan lembaga.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C, yaitu poin 2 dan 4. space 

Konsep Kilat Lembaga Sosial (NEW!)

Konsep Kilat Mobilitas Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Lembaga Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Mobilitas Sosial (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

137

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang merupakan karakteristik lembaga sosial adalah …. memiliki simbol sendiri memiliki tradisi memiliki sistem gagasan yang dimiliki beranggotakan lebih dari satu Pi...

853

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia