Roboguru

Setiap kehidupan masyarakat memiliki perbedaan sosial. Perbedaan-perbedaan tersebut tidak terlepas dari budaya hasil adaptasi dengan lingkungan, sehingga perlu ada penghargaan disetiap perbedaan yang muncul. Pembedaan sosial tersebut merupakan gejala diferensiasi sosial karena ....

Pertanyaan

Setiap kehidupan masyarakat memiliki perbedaan sosial. Perbedaan-perbedaan tersebut tidak terlepas dari budaya hasil adaptasi dengan lingkungan, sehingga perlu ada penghargaan disetiap perbedaan yang muncul. Pembedaan sosial tersebut merupakan gejala diferensiasi sosial karena ....undefined undefined

  1. Setiap individu memiliki peluang yang sama untuk berpindah statusundefined

  2. Setiap kelompok sosial di masyarakat memiliki strata berbedaundefined

  3. Struktur sosial masyarakat terbentuk dari pembagian kelas sosialundefined

  4. Struktur sosial bisa terjadi secara horizontalundefined

  5. Hak dan kewajibannya sosialnya tidak terlalu dibedakanundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembeda yang disebabkan karena adanya keberagaman budaya merupakan salah satu bentuk struktur sosial yang terjadi secara horizontal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Dundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diferensiasi sosial dapat terwujud dalam realita sosial budaya yang ditandai hal berikut...

Pembahasan Soal:

Diferensiasi sosial merupakan pembedaan anggota masyarakat secara horizontal, artinya pembedaan ini masih memiliki derajat atau tingkatan yang sama. Sebagai contoh, pembedaan masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis suku bangsa, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah antara satu dengan lainnya.

Menurut Soerjono Soekanto, hal ini merupakan bentuk dari variasi pekerjaan, prestise, dan kekuasaan kelompok dalam masyarakat. Artinya, diferensiasi itu bisa menunjukkan keragaman yang dimiliki suatu bangsa. Contohnya saja di Indonesia, ada banyak keragaman yang sangat banyak dan bisa menjadi potensi dalam pembangunan baik dari suku, adat-istiadat, bahasa, budaya, agama, dan lain sebagainya. Sampai sini kita ketahui bahwa konsep ini lebih diartikan sebagai keberagaman yang bersifat horizontal, bukan sebagai pembeda kelas yang bersifat vertikal.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat ialah A

 

0

Roboguru

Contoh diferensiasi tingkatan pada diferensiasi sosial adalah....

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah diferensiasi sosial di masyarakat

Berdasarkan jenisnya, diferensiasi sosial dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Diferensiasi tingkatan (rank differentiation), terjadi akibat adanya ketidakseimbangan penyaluran barang dan jasa yang dibutuhkan ke suatu daerah. Penyalurannya melalui berbagai tangan sehingga sampai ke tujuan memiliki harga yang berbeda.

b. Diferensiasi fungsional (functional differentiation), terjadi karena adanya pembagian kerja yang berbeda-beda di suatu lembaga sosial. Setiap orang yang bekerja harus melaksanakan kewajiban sesuai dengan fungsinya.

c. Diferensiasi adat (custom differentiation), aturan dan norma yang mengikat masyarakat muncul di suatu daerah sebagai
kebutuhan. Munculnya norma atau aturan untuk mengatur ketenteraman dan ketertiban masyarakat sengaja diadakan pada saat dan situasi tertentu karena keberadaannya memang dibutuhkan. Adanya aturan atau norma yang muncul, sejalan
dengan nilai yang ada pada masyarakat bersangkutan, agar perilaku setiap warganya terkendali.

Jadi, jawaban yang tepat adalah penyaluran barang melalui berbagai tangan, akhirnya sampai ke tujuan memiliki harga berbedaspace space(A)space space

0

Roboguru

Kemukakan latar belakang munculnya perbedaan dari diferensiasi sosial!

Pembahasan Soal:

Diferensiasi sosial adalah pembedaan masyarakat ke dalam golongan - golongan atau kelompok secara horizontal (tidak bertingkat). Hal ini didasarkan karena adanya perbedaan ras, agama, gender, profesi, klan, dan suku bangsa.

0

Roboguru

Konsep diferensiasi menegaskan adanya penggolongan masyarakat secara horizontal. Konsep diferensiasi, dalam kemajemukan Indonesia ditandai oleh berbagai indikator. Salah satu indikator diferensiasi ad...

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini adalah tentang struktur sosial.

Struktur sosial dapat didefinisikan sebagai suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang di dalamnya terkandung hubungan timbal-balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosial yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku, sehingga dapat memberikan bentuk sebagai suatu masyarakat.

Salah satu bentuk struktur sosial adalah diferensiasi sosial. Diferensiasi sosial adalah pembedaan anggota masyarakat ke dalam golongan secara horizontal, mendatar, dan sejajar atau tidak memandang perbedaan lapisan. Pembedaan yang ada dalam diferensiasi sosial di dasarkan atas latar belakang sifat-sifat dan ciri-ciri yang tidak sama dalam masyarakat, klan, etnis, dan agama. Kesemuanya itu disebut kemajemukan sosial, dapat diartikan dengan beragam atau beranekaragam. Hal ini berkaitan erat dengan semboyan bangsa Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" yang memiliki makna walaupun berbeda namun tetap satu jua. Perbedaan-perbedaan sosial di masyarakat bukan merupakan perbedaan yang akan mengakibatkan terjadinya konflik (pertentangan), melainkan akan mengisi setiap kedudukan yang tersedia sesuai dengan hak masing-masing.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!   Ditimbulkan dari adanya ciri fisik, sosial, dan budaya. Tidak berkaitan dengan status sosial individu dalam masyarakat. Disatukan oleh hasrat untuk me...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah karakteristik diferensiasi sosial.

Diferensiasi sosial memiliki karakteristik, di antaranya:

  • Disebabkan oleh adanya ciri-ciri tertentu, yaitu ciri fisik, sosial, dan budaya.
  • Merupakan proses penempatan individu maupun kelompok dalam berbagai kategori sosial yang berbeda berdasarkan kriteria tertentu.
  • Bersifat horizontal sehingga tidak berkaitan dengan status sosial individu maupun kelompok dalam masyarakat.
  • Terdiferensiasi oleh hasrat untuk menjadi satu kesatuan (the desire to be together).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved