Roboguru

Setelah tamat kuliah di S1, Andi mendapat tawaran kerja bergaji Rp3.000.000,00 per bulan. tetapi Andi memilih melanjutkan S2 dengan biaya Rp24.000.000,00 per tahun. Biaya eksplisit Andi per tahun dengan memilih melanjutkan S2 adalah ....

Pertanyaan

Setelah tamat kuliah di S1, Andi mendapat tawaran kerja bergaji Rp3.000.000,00 per bulan. tetapi Andi memilih melanjutkan S2 dengan biaya Rp24.000.000,00 per tahun. Biaya eksplisit Andi per tahun dengan memilih melanjutkan S2 adalah .... 

  1. Rp3.000.000.00 

  2. Rp24.000.000,00 

  3. Rp27.000,000,00 

  4. Rp36.000.000,00 

  5. Rp60.000.000,00 

Pembahasan Soal:

Biaya eksplisit adalah semua pengeluaran uang yang digunakan untuk membayar faktor produksi, bahan-bahan dan transport. Kuliah termasuk biaya eksplisit karena digunakan untuk meningkatkan kemampuan/skill Andi sebagai sumber daya manusia. Berdasarkan soal, biaya eksplisit yang dialami Andi adalah biaya untuk memilih melanjutkan S-2 yaitu sebesar Rp24.000.000,00.

Jadi, jawaban yang benar adalah Poin B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Keuntungan ekonomi dihitung dengan cara mengurangi penerimaan firm dengan ....

Pembahasan Soal:

Laba ekonomi merupakan selisih antara pendapatan yang diterima oleh perusahaan dengan biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit sendiri merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki wujud fisiknya seperti pembayaran gaji, pembayaran sewa, dan sebagainya. Sedangkan biaya implisit merupakan biaya peluang yang timbul akibat sebuah perusahaan melakukan sebuah pilihan.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah B.   

0

Roboguru

Jelaskan macam-macam saluran distribusi!

Pembahasan Soal:

Macam Saluran Distribusi

1. Produsen – Konsumen
Bentuk saluran distribusi ini merupakan yang paling pendek dan sederhana karena tanpa menggunakan perantara. Produsen dapat menjual barang yang dihasilkannya melalui pos atau langsung mendatangi rumah konsumen (dari rumah ke rumah). Oleh karena itu saluran ini disebut saluran distribusi langsung.

2. Produsen – Pengecer – Konsumen
Produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani oleh pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.

3. Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Saluran distribusi ini banyak digunakan oleh produsen, dan dinamakan saluran distribusi tradisional. Di sini, produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.

4. Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
Di sini, produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Ia menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar.

5. Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Dalam saluran distribusi, produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil. Agen yang terlihat dalam saluran distribusi ini terutama agen penjualan. space space 

0

Roboguru

Kurva indiferensi yang menggambarkan dua air mineral yang sama harga dan sama kualitasnya, namun berbeda merek berbentuk ....

Pembahasan Soal:

Kedua air mineral tersebut memiliki hubungan subtitusi sempurna sehingga membuat terjadinya rasio pertukaran (MPRS yang konstan = 1) sehingga kurva indeferensi memiliki kemiringan -1.


Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space space 

0

Roboguru

Perhatikan hagan berikut ini!   Jelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan para pelaku ekonomi pada hagan tersebut!

Pembahasan Soal:

Kegiatan yang dilakukan para pelaku ekonomi pada bagan.
Arus nomor 1, alirannya berasal dari pasar output ke masyarakat luar negeri. Dalam aliran ini pasar output yang merupakan pasar produk jadi menjual produknya kepada masyarakat luar negeri, atau dalam bahasa ekonomi disebut dengan ekspor.
Arus nomor 2, aliran berasal dari masyarakat luar negeri ke pasar output. Dalam aliran yang ditunjukkan oleh angka 2 ini, masyarakat luar negeri melakukan balas jasa atas  barang yang dijual oleh pasar output. Transaksi ini menaikkan devisa negara.
Arus nomor 3, aliran berasal dari masyarakat luar negeri ke pasar input. Pasar input adalah pasar faktor produksi. Artinya, dalam arus ini, masyarakat luar negeri menjual barang produksi kepada pasar input. Barang produksi yang dijual misalnya mesin atau alat-alat dengan teknologi yang canggih. Transaksi ini disebut dengan impor. 
Arus nomor 4, aliran berasal dari pasar input ke masyarakat luar negeri. Dalam arus ini terjadi pembayaran oleh pasar input kepada masyarakat luar negeri atas barang/jasa yang diimpor oleh pasar input dari masyarakat luar negeri.
Arus nomor 5, aliran berasal dari rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi ke rumah tangga negara. RTK dan RTP melakukan pembayaran pajak atas jasa yang diberikan pemerintah. RTK juga memberikan jasa kepada rumah tangga negara berupa tenaga kerja. Sementara RTP, menyediakan produk barang dan jasa yang diperlukan oleh RTN.

0

Roboguru

Kepuasan total (total utility, TU) seseorang dalam mengonsumsi suatu barang akan terus meningkat pada saat kepuasan marginal (marginal utility, MU) ....

Pembahasan Soal:

Kurva Total Utility menggambarkan total kepuasan yang diperoleh dalam mengonsumsi barang tertentu sedangkan kurva Marginal Utility menggambarkan tambahan kepuasan atas konsumsi suatu barang tertentu. Kurva Total Utility akan tetap bertambah selama kurva Marginal Utility lebih besar dari 0 walaupun grafiknya menurun.


Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved