Roboguru

Setelah Sekutu berhasil mengebom Kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Dampak positif menyerahnya Jepang kepada Sekutu bagi Indonesia adalah ...

Pertanyaan

Setelah Sekutu berhasil mengebom Kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Dampak positif menyerahnya Jepang kepada Sekutu bagi Indonesia adalah ... 

  1. Penguasaan atas Indonesia diserahkan kepada Sekutu

  2. Kekuasaan Jepang di Indonesia bertambah

  3. Indonesia mengalami vacuum of power

  4. Indonesia di bawah pengawasan PBB

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 sekutu dari Jepang yaitu Amerika serikat mengebom kota Hiroshima dan Nagasaki secara berturut-turut. Pengeboman ini menandakan bahwa Indonesia tanpa pengawasan penjajahan saat itu. Pada masa itu perang di daerah Eropa telah berakhir dengan kekalahan Nazi Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Setelah itu Jepang masih belum ingin menyerah dalam perang dunia ke 2 karena ia masih ingin menguasai seluruh Asia. Karena belum menyerah Jepang menjatuhkan bom di atas pelabuhan Amerika Serikat yaitu pearl Harbour. Akibat dari penjatuhan bom tersebut Amerika Serikat pun marah dan ingin membalasnya kepada Jepang. Akibat dari kemarahan itu Amerika serikat pun menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki. Bom yang diledakkan di Hiroshima dinamakan bom little boy, sedangkan di Nagasaki dinamakan fat boy. Akibat dari penjatuhan bom tersebut Jepang akhirnya mengalah dan Indonesia berada pada keadaan Vacuum of power. Jepang pun menyerah kepada sekutu dan menyerahkan Indonesia kembali ke tangan Hindia Belanda. Dan dari menyerahnya Jepang kepada sekutu menandakan bahwa perang dunia ke 2 telah berakhir.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, setelah serangkaian kekalahan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II yang diikuti oleh pemboman Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945, pemerintahan Jepang melihat bahwa mereka tidak bisa lagi menghindari kekalahan dari pasukan Sekutu. Akhirnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, kaisar Hirohito membacakan pernyataan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat. Menyerahnya Jepang ini menyebabkan “”vacuum of power”atau kekosongan ekkuasaan, sebab meski Jepang menyerah kepada Sekutu, pasukan Sekutu sendiri belum ada di sebagian besar wilayah Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Berita menyerahnya Jepang ini disensor oleh radio dan kantor berita Jepang di Indonesia, namun, radio-radio negara Sekutu masih dapat didengarkan, dan berita ini akhirnya sampai ke para pejuang kemerdekaan. Sutan Syahrir, yang mendengar berita ini mengambil kesimpulan bahwa Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaanya segera. Menurut rencana, proklamasi akan dilakukan pada tanggal 24 September 1945, sesuai dengan keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dibentuk oleh Jepang. Namun, Sutan Sjahrir berpendapat bahwa proklamasi harus dilakukan segera, agar keosongan kekuasaan tidak berlangsung lama, dan agar tidak dianggap hadiah dari Jepang, karena PPKI adalah badan bentukan Jepang. Sutan Sjahrir meminta agar Sukarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan.  Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini.Akhirnya, para pemuda membawa Sukarno dan hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Akhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi.Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.

0

Roboguru

Tahun berapa Jepang pergi dari Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pada Tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyatakan menyerah kepada pasukan Sekutu, setelah dua kota industri di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Amerika Serikat. Pada tanggal 14 Agustus 1945 Ir.Soekarno Mengumumkan bahwa Indonesia akan Merdeka secepat mungkin dan bukan Merupakan pemberian dari Jepang melainkan Hasil Perjuangan Bangsa Indonesia sendiri. Menyerahnya Jepang ini menyebabkan “”vacuum of power” atau kekosongan kekuasaan, sebab meski Jepang menyerah kepada Sekutu, pasukan Sekutu sendiri belum ada di sebagian besar wilayah Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Berita menyerahnya Jepang ini disensor oleh radio dan kantor berita Jepang di Indonesia, namun, radio-radio negara Sekutu masih dapat didengarkan, dan berita ini akhirnya sampai ke para pejuang kemerdekaan. Sutan Syahrir, yang mendengar berita ini mengambil kesimpulan bahwa Indonesia harus memproklamasikan kemerdekaanya segera.

Dengan demikian, Jepang pergi dari indonesia tahun 1945.

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud Vacuum of Power ...

Pembahasan Soal:

Dijatuhinya bom atom oleh Amerika Serikat di dua kota penting Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki secara berturut-turut pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 membuat Jepang harus mengakui kekalahannya pada Sekutu dalam Perang Dunia II. Pengakuan kekalahan itu terjadi pada tanggal 14 Agustus 1945 yang diumumkan oleh Kaisar Jepang.

Ketika pengakuan itu terjadi, dalam konteks Indonesia, sebagai bekas wilayah jajahan Jepang maka Indonesia mengalami suatu keadaan kekosongan kekuasaan (vacuum of power). Vacuum of power adalah kondisi yang terjadi ketika suatu pemegang kekuasaan telah kehilangan kendali atas sesuatu dan tidak ada yang menggantikan mereka. Dalam situasi yang demikian, bangsa Indonesia berusaha untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Meski demikian, Jepang masih tidak ingin menganggap kemerdekaan tersebut dan masih memiliki keyakinan bahwa Indonesia sebagai wilayah yang kosong dari kekuasaan. Jepang juga memiliki kewajiban untuk menjaga status quo dari Indonesia untuk nantinya diserahkan kepada pihak Sekutu sebagai pemenang dalam perang. 

Jadi, vacuum of power adalah suatu kekosongan kekuasaan di suatu wilayah yang terjadi di Indonesia setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu.

0

Roboguru

Jepang menyerah pada Sekutu tanggal...

Pembahasan Soal:

Penyerahan Jepang kepada sekutu menandai berakhirnya Perang Dunia II yang dilancarkan oleh Blok Sekutu (Amerika Serikat) dan Blok Poros (Jepang). Perang yang dimenangkan oleh Sekutu setelah menjatuhkan dua bom atom ke dua kota di Jepang berhasil menghancurkan hampir seluruh kota. Bom pertama, Little Boy dijatuhkan ke Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Bom kedua, Fat Man dijatuhkan ke Nagasaki pada 9 April 1945. Korban dalam peristiwa ini sekitar 70-120 ribu jiwa setiap kota. Kerugian dan kehancuran yang besar akibat peristiwa ini memaksa Kaisar Hirohito menandatangani penyerahan tanpa syarat kepada sekutu pada 15 Agustus 1945.

Dengan demikian, Jepang menyerah pada sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 ditandai dengan peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu.

1

Roboguru

Pada tanggal dan tahun berapa Jepang menyerah kepada sekutu dan secara hukum tidak lagi berkuasa di Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Pada 14 Agustus 1945 terjadi sebuah peristiwa yang berpengaruh kepada kemerdekaan Indonesia, yaitu menyerahnya Jepang kepada Sekutu yang sekaligus mengakhiri kekuasaan Jepang di Indonesia. Kekalahan Jepang ini ditandai dengan dibomnya kota Hirosima dan Nagasaki dengan bom atom yang terjadi pada 6 dan 9 Agustus 1945. Berita kekalahan Jepang tersebut ternyata diketahui oleh Golongan Muda. Mereka kemudian menginginkan kemerdekaan diproklamasikan secepatnya. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah badan buatan Jepang sehingga tidak sepatutnya kemerdekaan diatur lewat PPKI. Namun, keinginan mereka ditolak oIeh golongan tua. Golongan tua menginginkan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan meIaIui PPKI. Akibatnya, terjadi Peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945. Akhirnya, ada hari Jumat, tanggaI 17 Agustus 1945, Sukarno yang didampingi oleh Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia ke seIuruh dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved