Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerinah Jepang karena. . . . .

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerinah Jepang karena. . . . .

  1. kekhawatiran Jepang bahwa mereka akan melakukan perlawanan

  2. Jepang tidak berkepentingan lagi untuk memberikan latihan militernya

  3. pemerintah Jepang tidak mempunyai biaya lagi untuk mempertahankannya

  4. pemerintah RI menolak untuk menerima para mantan anggotanya masuk BKR

  5. Jepang tidak memerlukannya lagi untuk mendukung kekuatan angkatan perangnya

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Jenderal Nagoro diam-diam kemudian membubarkan Peta dan Heiho unruk wilayah Jawa dan Bali serta menarik seluruh persenjataan mereka dengan alasan akan diberikan pengganti dengan senjata yang lebih baru. Berdasarkan pembahasan berikut maka s etelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerintah Jepang karena kekhawatiran Jepang bahwa mereka akan melakukan perlawanan .

Jenderal Nagoro diam-diam kemudian membubarkan Peta dan Heiho unruk wilayah Jawa dan Bali serta menarik seluruh persenjataan mereka dengan alasan akan diberikan pengganti dengan senjata yang lebih baru. Berdasarkan pembahasan berikut maka setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerintah Jepang karena  kekhawatiran Jepang bahwa mereka akan melakukan perlawanan.

Iklan

Pembahasan

Un t uk menunjukkan iktikad baik Jepang yang berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia maka Jepang memberikan latihan kemiliteran kepada pemuda Indonesia. Kegiatan pelatihan meliputi baris-berbaris, menggunakan senjata dari bambu runcing bagi kesatuan yang bersifat semi militer, sampai kepada pendidikan militer penuh, seperti Peta, Heiho, dan Giyugun. Akan tetapi, kemudian muncul kekhawatiran Jepang ketika kemerdekaan Indonesia telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 . Pasukan-pasukan yang telah terlatih itu akan berbalik melakukan serangan kepada Jepang. Oleh karena itu, Jenderal Nagoro diam-diam kemudian membubarkan Peta dan Heiho unruk wilayah Jawa dan Bali serta menarik seluruh persenjataan mereka dengan alasan akan diberikan pengganti dengan senjata yang lebih baru. Berdasarkan pembahasan berikut maka s etelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerintah Jepang karena kekhawatiran Jepang bahwa mereka akan melakukan perlawanan .

Untuk menunjukkan iktikad baik Jepang yang berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia maka Jepang memberikan latihan kemiliteran kepada pemuda Indonesia. Kegiatan pelatihan meliputi baris-berbaris, menggunakan senjata dari bambu runcing bagi kesatuan yang bersifat semi militer, sampai kepada pendidikan militer penuh, seperti Peta, Heiho, dan Giyugun. Akan tetapi, kemudian muncul kekhawatiran Jepang ketika kemerdekaan Indonesia telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Pasukan-pasukan yang telah terlatih itu akan berbalik melakukan serangan kepada Jepang. Oleh karena itu, Jenderal Nagoro diam-diam kemudian membubarkan Peta dan Heiho unruk wilayah Jawa dan Bali serta menarik seluruh persenjataan mereka dengan alasan akan diberikan pengganti dengan senjata yang lebih baru. Berdasarkan pembahasan berikut maka setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PETA dan heiho dibubarkan oleh pemerintah Jepang karena  kekhawatiran Jepang bahwa mereka akan melakukan perlawanan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu bentuk organisasi bentukan Jepang yang mempunyai dasar kependidikan militeristik dalam proses pendidikannya adalah ...

65

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia