Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat dan sekutunya membentuk NATO dengan tujuan untuk .... Menjaga keamanan di kawasan Asia dan Afrika Mengawasi perluasan pengaruh Uni Soviet di Afrika Mempertahankan kekuasaan Amerika Serikat atas Asia Mengawasi dan mencegah perluasan ideologi komuni di kawasan Atlantik

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat dan sekutunya membentuk NATO dengan tujuan untuk ....

  1. Menjaga keamanan di kawasan Asia dan Afrika
  2. Mengawasi perluasan pengaruh Uni Soviet di Afrika
  3. Mempertahankan kekuasaan Amerika Serikat atas Asia
  4. Mengawasi dan mencegah perluasan ideologi komuni di kawasan Atlantik
  1. 1,2, dan 3 SAJA yang benar

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar

  4. HANYA 4 yang benar

  5. SEMUA pilihan benar

Iklan

A. Sekar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut: NATO atau yang lebih dikenal sebagai Pakta Pertahanan Atlantik Utara, adalah organisasi internasional yang didirikan oleh negara-negara di kawasan Samudra Atlantik Utara (Benua Eropa dan Amerika Utara). NATO didirikansetelah ditandatanganinya Persetujuan Atlantik Utara pada tanggal 4 April 1949 di Washington DC Amerika Serikat. Tujuan utama NATO pada tahun pertama pendiriannya gunamembendung gerakan komunis di negara-negara Eropa Barat setelah selesainya Perang Dunia II. Selain tujuan utama yang telah disebutkan, tujuan NATO lainnya adalah sebagai berikut: Menyelesaikan sengketa secara damai Menghapuskan sengketa politik ekonomi internasional Menghindarkan penggunaan kekerasan dan ancaman militer dalam hubungan internasional Saling membantu anggota negara yang bergabung ke dalam anggota NATO yang memperoleh serangan dari negara lain. Di masa Perang Dunia II usai, NATO memprioritaskan memelihara hubungan perdamaian dengan Ukraina, negara Eropa Tengah dan Eropa Timur. melalui hubungan perdamaian antarnegara, NATO menjadi organisasi satu-satunya setelah Perang Dunia II yang menghubungkan negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Walaupun mengedepankan penyelesaian perdamaian, NATO dapat memberikan bantuan militer pada negara anggota yang mengalami serangan dari negara lain. Terhitung sejak Perang Dunia II NATO belum melakukanbantuan pasukan bersenjatapada anggota yang diserang, hingga pada tanggal 12 September 2001untuk pertama kalinya NATO membantu memulihkan keamanan diAmerika Serikat setelah sehari sebelumnya terjadi tragedi peledakan bom di menara WTC (World Trade Center) yang disinyalir dilakukan oleh kelompok teroris Al-Qaeda.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D

Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut:

NATO atau yang lebih dikenal sebagai Pakta Pertahanan Atlantik Utara, adalah organisasi internasional yang didirikan oleh negara-negara di kawasan Samudra Atlantik Utara (Benua Eropa dan Amerika Utara). NATO didirikan setelah ditandatanganinya Persetujuan Atlantik Utara pada tanggal 4 April 1949 di Washington DC Amerika Serikat. Tujuan utama NATO pada tahun pertama pendiriannya guna membendung gerakan komunis di negara-negara Eropa Barat setelah selesainya Perang Dunia II. Selain tujuan utama yang telah disebutkan, tujuan NATO lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan sengketa secara damai
  2. Menghapuskan sengketa politik ekonomi internasional
  3. Menghindarkan penggunaan kekerasan dan ancaman militer dalam hubungan internasional
  4. Saling membantu anggota negara yang bergabung ke dalam anggota NATO yang memperoleh serangan dari negara lain. 

Di masa Perang Dunia II usai, NATO memprioritaskan memelihara hubungan perdamaian dengan Ukraina, negara Eropa Tengah dan Eropa Timur. melalui hubungan perdamaian antarnegara, NATO menjadi organisasi satu-satunya setelah Perang Dunia II yang menghubungkan negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Walaupun mengedepankan penyelesaian perdamaian, NATO dapat memberikan bantuan militer pada negara anggota yang mengalami serangan dari negara lain. Terhitung sejak Perang Dunia II NATO belum melakukan bantuan pasukan bersenjata pada anggota yang diserang, hingga pada tanggal 12 September 2001 untuk pertama kalinya NATO membantu memulihkan keamanan di Amerika Serikat setelah sehari sebelumnya terjadi tragedi peledakan bom di menara WTC (World Trade Center)  yang disinyalir dilakukan oleh kelompok teroris Al-Qaeda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

41

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pasca-Perang Dunia II mengakibatkan (1) Beberapa negara berhasil melepaskan diridan penjajahan asing. (2) Dunia terpolarisasi menjadi dua kubu...

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia