Roboguru

Setelah Pemberontakan G3OS/PKI berhasil ditumpas. Para demonstran yang tergabung dalam Front Pancasila melakukan aksi tuntutan di depan Gedung DPR-GR. Hal yang mereka tuntut adalah...

Pertanyaan

Setelah Pemberontakan G3OS/PKI berhasil ditumpas. Para demonstran yang tergabung dalam Front Pancasila melakukan aksi tuntutan di depan Gedung DPR-GR. Hal yang mereka tuntut adalah...

  1. Petisi Sutardjo

  2. Dwikora

  3. Dekret Presiden

  4. Maklumat X

  5. Tritura

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tuntutan yang dipelopori oleh KAMI dan KAPPI, kesatuan-kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila. Pada 12 Januari 1966 Front Pancasila mendatangi DPR-GR mengajukan tiga buah tuntutan yaitu (1) Pembubaran PKI, (2) Pembersihan kabinet dari unsur-unsur G30S PKI, dan (3) Penurunan harga/perbaikan ekonomi. Ketiga tuntutan tersebut dikenal dengan istilah Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura). 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada 12 Januari 1966 mahasiswa menyerukan Tritura kepada pemerintah. Akan tetapi, seruan mahasiswa tersebut tidak disetujui oleh Presiden Soekarno karena....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 12 Januari 1966,  KAMI dan KAPPI mempelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura. Isi Tritura adalah: 

  1. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya,
  2. Perombakan kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga pangan.

Pada tanggal 21 Februari 1966 Presiden Sukarno mengumumkan perombakan kabinet. Dalam kabinet itu duduk para simpatisan PKI. Kenyataan ini menyulut kembali mahasiswa meningkatkan aksi demonstrasinya dan mahasiswa memboikot pelantikan menteri-menteri baru. Sementara itu, Sukarno beranggapan bahwa tidak mungkin membukarkan PKI karena PKI menjadi bagian dari NASAKOM.

Dalam insiden yang terjadi dengan Resimen Tjakrabirawa, Pasukan Pengawal Presiden Soekarno, seorang mahasiswa Arif Rahman Hakim meninggal. Pada tanggal 25 Februari 1966 KAMI dibubarkan, namun hal itu tidak mengurangi gerakan-gerakan mahasiswa untuk melanjutkan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura). Rentetan demonstrasi yang terjadi menyuarakan Tritura akhirnya diikuti keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 (dikenal dengan nama "Supersemar") oleh Presiden Soekarno yang memerintahkan kepada Mayor Jenderal Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

MuncuInya Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura) menandai masa transisi dari Demokrasi Terpimpin menuju Orde Baru. Kondisi yang mendorong munculnya Tritura adalah....

Pembahasan Soal:

Pascaperistiwa G 30 S/PKI, situasi negara menjadi tidak kondusif. Keadaan ini dipicu oleh kekacauan konstelasi politik dan kondisi perekonomian yang semakin memburuk ditandai dengan inflasi mencapai 600%. Akibat kekacauan tersebut, kelompok sipil membentuk kesatuan aksi untuk menuntut penyelesaian masalah yang terjadi. Pada 26 Oktober 1965 berbagai kesatuan aksi yang telah terbentuk melebur menjadi satu wadah, yaitu Front Pancasila. Peleburan ini menjadi kekuatan yang lebih masif dalam menyuarakan pembubaran PKI. Situasi yang terus memanas mengakibatkan Front Pancasila memelopori aksi Tri Tuntutan Rakyat (Tritura).

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space space

0

Roboguru

Orde Baru adalah sebutan yang memperlihatkan kepada era pemerintahan Soeharto di Indonesia. Orde Baru menggantikan Orde Lama yang memperlihatkan era pemerintahan Soekarno. Masa pemerintahan Orde Baru ...

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan rezim yang pernah berkuasa di Indonesia selama 32 tahun. Lahirnya rezim tersebut tidak bisa dilepaskan dengan adanya peristiwa G30 S. Peristiwa yang menyebabkan gugurnya para petinggi TNI AD tersebut menyebabkan kekacauan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu, Indonesia mengalami hiperinflasi sehingga harga kebutuhan barang pokok melonjak tajam. Atas kondisi demikian, muncul gelombang protes dari para mahasiswa serta tuntutan yang dikenal dengan Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat). Hal tersebut membuat posisi Soekarno terdesak sehingga keluarlah Supersemar yang menjadi tonggak lahirnya Orde Baru. Keluarnya Supersemar memunculan dualisme kepemimpinan dan memperlemah posisi Presiden Soekarno. Sebab, pemerintahan dijalankan oleh Jenderal Soeharto sedangkan Soekarno hanya menjadi simbol presiden.

Dengan demikian, lahirnya Pemerintahan Orde Baru dilatarbelakangi oleh adanya krisis politik pasca peristiwa G30S dan kenaikan harga kebutuhan pokok.

0

Roboguru

Tanggal 12 Januari 1966, kesatuan aksi yang tergabung dalam front Pancasila mengajukan Tritura. Sebutkan isi Tritura!

Pembahasan Soal:

Tri Tuntutan Rakyat atau Tritura merupakan tiga tuntutan yang dikeluarkan oleh kesatuan-kesatuan aksi mahasiswa pada tanggal 12 Januari 1966. Latar belakang dikeluarkannya Tritura adalah kondisi Indonesia yang bergejolak, baik dalam bidang politik maupun ekonomi di tahun 1960an. Hal tersebut semakin diperparah dengan adanya G30S/PKI. Untuk menenangkan rakyat, Presiden Sukarno selanjutnya mengadakan perubahan Kabinet Dwikora menjadi Kabinet 100 Menteri. Namun dalam perkembangannya, kebijakan tersebut belum dapat memuaskan masyarakat. Isi dari Tritura, yaitu:

  • pembubaran PKI,
  • pembersihan kabinet dari unsur-unsur G30S/PKI, serta
  • penurunan harga/perbaikan ekonomi.

Dengan demikian, isi dari Tritura adalah pembubaran PKI, pembersihan kabinet dari unsur-unsur G30S/PKI, serta penurunan harga/perbaikan ekonomi.

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut. 1) Pembubaran PKI dan ormas-ormasnya. 2) Pembersihan kabinet dari unsur-unsur PKI. 3) Menurunkan harga dan perbaikan ekonomi. 4) Kembali ke UUD 1945 dan Pancasila. 5...

Pembahasan Soal:

Pada 12 Januari 1966, KAMI bersama-sama dengan rakyat beserta Front Pancasila dan kesatuan aksi lainnya mendatangi DPR-GR mengajukan Tritura yang berisi:
(1) pembubaran Partai Komunis Indonesia,
(2) pembersihan kabinet dari unsur-unsur G30S dan PKI, dan
(3) penurunan harga I perbaikan ekonomi.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved