Roboguru

Setelah hal-hal yang berhubungan dengan perumusan masalah terkumpul, seorang peneliti harus menyusun hipotesis. Apakah pengertian hipotesis dalam penelitian dan apa manfaatnya?

Pertanyaan

Setelah hal-hal yang berhubungan dengan perumusan masalah terkumpul, seorang peneliti harus menyusun hipotesis. Apakah pengertian hipotesis dalam penelitian dan apa manfaatnya?undefined

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Pembahasan Soal:

Hipotesis adalah dugaan sementara atau dugaan awal tentang masalah yang diselidiki dalam penelitian. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari masalah yang telah dirumuskan sebelumnya, dan disusun berdasarkan informasi awal yang dihimpun sebelum penelitian. Penelitian akan dirancang sedemikian rupa untuk membuktikan apakah hipotesis sesuai dengan fakta yang diperoleh dalam penelitian, atau bertentangan. Jika ternyata terbukti benar, hipotesis dapat diajukan menjadi suatu teori atau hukum baru oleh peneliti, yang dari teori/hukum tersebut, ilmu pengetahuan dapat dikembangkan lebih jauh. 

Hipotesis menentukan variabel yang dipertimbangkan sehingga hipotesis memberi manfaat untuk menentukan fokus pada penelitian. Selain itu, hipotesis juga sebagai kerangka analisa. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved