Iklan

Iklan

Pertanyaan

Setelah beberapa hari cedera, terkadang timbul nanah (pus) disekitar jaringan yang terluka. Apa sebenarnya nanah tersebut?

Setelah beberapa hari cedera, terkadang timbul nanah (pus) disekitar jaringan yang terluka. Apa sebenarnya nanah tersebut? 

Iklan

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pus (nanah) adalah suatu cairan hasil proses peradangan yang terbentuk dari sel-sel leukosit. Nanah yang muncul di tubuh merupakan pertanda adanya infeksi, yang umumnya disebabkan oleh bakteri. Cairan nanah mengandung sel darah putih, bakteri, dan jaringan tubuh yang mati. Ketika terjadi infeksi di bagian tubuh tertentu, sel darah putih yang disebut neutrofil akan berkumpul pada bagian tubuh tersebut dan berperang melawan bakteri penyebab infeksi. Selama proses tersebut, banyak sel darah putih dan jaringan tubuh lain di sekitarnya yang mati. Akumulasi sel darah putih yang kalah melawan bakteri dan jaringan tubuh yang mati disekitarnya disebut nanah .

Pus (nanah) adalah suatu cairan hasil proses peradangan yang terbentuk dari sel-sel leukosit. Nanah yang muncul di tubuh merupakan pertanda adanya infeksi, yang umumnya disebabkan oleh bakteri. Cairan nanah mengandung sel darah putih, bakteri, dan jaringan tubuh yang mati. Ketika terjadi infeksi di bagian tubuh tertentu, sel darah putih yang disebut neutrofil akan berkumpul pada bagian tubuh tersebut dan berperang melawan bakteri penyebab infeksi. Selama proses tersebut, banyak sel darah putih dan jaringan tubuh lain di sekitarnya yang mati. Akumulasi sel darah putih yang kalah melawan bakteri dan jaringan tubuh yang mati disekitarnya disebut nanah.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

837

Ryan Kalung

Makasih ❤️

Mia Stacia Adelia Effendi

Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti

Chalisa Ashilah Kusuma

Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Bantu banget Mudah dimengerti

Rafli Fahreza Gunadi

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan jenis-jenis sel di bawah ini! monosit makrofag sel limfosit T sel limfosit B eritrosit Sel yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh non-spesifik ditunjukkan oleh n...

25

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia