Roboguru

Sesudah penyemprotan DDT diperoleh data bahwa beberapa nyamuk menjadi resisten terhadap insektisida tersebut, hal ini disebabkan karena. . . .

Pertanyaan

Sesudah penyemprotan DDT diperoleh data bahwa beberapa nyamuk menjadi resisten terhadap insektisida tersebut, hal ini disebabkan karena. . . .space space 

  1. Adaptasi nyamuk terhadap insektisida sangat tinggispace space 

  2. Dalam tubuh nyamuk DDT akan terurai dan tidak berbahayaspace space 

  3. Nyamuk yang disemprot oleh DDT akan mengalami mutasispace space 

  4. Nyamuk yang disemprot oleh DDT akan mengalami resistensispace space 

  5. Nyamuk yang disemprot oleh DDT akan menghasilkan keturunan baru yang resistenspace space 

Pembahasan Soal:

Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) adalah insektisida organik sintetik yang menimbulkan resistensi. Resistensi ini terjadi dalam waktu yang lama setelah adanya proses seleksi yang berlangsung selama banyak generasi terhadap nyamuk yang diberi perlakuan secara terus menerus. Ketika terpapar insektisida untuk pertama kali, ada beberapa nyamuk yang dapat mengubah metabolismenya, mekanisme fisiologis dan perilaku hingga genetik supaya bertahan terhadap DDT. Nyamuk yang mampu beradaptasi ini memiliki kemampuan untuk bereproduksi dan menurunkan sifat "resisten" tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. TeachingAssistant.KakMonic

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Elang tiba-tiba mati setelah memakan ular. Setelah diselidiki, ternyata ular telah memakan ikan dan ikan telah memakan tumbuhan air, sedangkan tumbuhan air telah tercemari oleh limbah DDT. Peristiwa i...

Pembahasan Soal:

Peristiwa tersebut menunjukkan rusaknya ekosistem air diakibatkan pencemaran oleh limbah DDT. DDT atau Dichloro-Diphenyl-Trichloroethane merupakan salah satu jenis pestisida sintetis. DDT memiliki sifat polar yang tidak larut dalam air tapi sangat larut dalam lemak. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab DDT sangat mudah menembus kulit.  DDT sangat sulit diuraikan, sehingga cenderung bertahan dalam lingkungan hidup, dapat masuk ke dalam rantai makanan (foodchain) melalui bahan lemak jaringan mahluk hidup. Itu sebabnya DDT bersifat bioakumulatif dan biomagnifikatif.

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan konsep rasi DDT di dalam rantai makanan yang terjadi di wilayah perairan Peningkatan DDT DDT dalam tubuh burung pemakan ikan 26,4 pam DDT dalam tubuh ikan besar-2,07 pam DDT...

Pembahasan Soal:

DDT (Dichloro Diphenyl Trichloroethane) merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk megendalikan populasi serangga. Akibat dari penggunaan DDT  adalah banyak binatang dalam rantai makanan yang panjang akan terkena dampaknya. Proses rantai makanan dari satu hewan ke hewan lain yang mengakumulasi zat  DDT akan ikut tercemar zat DDT, termasuk pada manusia. DDT yang telah masuk ke dalam tubuh kemudian larut dalam lemak, terakumulasi sepanjang waktu hingga mengakibatkan efek negatif. Pernyataan yang sesuai dengan gambar yaitu:

  1. Konsentrasi DDT di dalam tubuh ikan besar lebih besar daripada di dalam tubuh ikan kecil.
  2. Konsentrasi DDT akan meningkat seiring dengan meningkatnya tingkat trofik.
  3. Burung pemakan ikan memiliki konsentrasi DDT terbesar di dalam tubuhnya.
  4. Plankton menyerap DDT dari air yang tercemar.

Dengan demikian, pernyataan yang tidak sesuai dengan gambar adalah D. Proses yang ditunjukkan oleh gambar disebut bioremediasi.

0

Roboguru

Jika suatu perairan tercemar insektisida (DDT), kemudian dilakukan analisis komponen biotik yang hidup di dalamnya, maka konsentrasi tertinggi bahan pencemar tersebut dijumpai pada ....

Pembahasan Soal:

Pengendalian hama yang menggunakan insektisida berupa DDT (Dikloro Difenil Trichlorothan) oleh para petani secara berlebihan akan mengakibatkan terjadinya pencemaran air dan tanah mengingat zat ini mempunyai sifat sebagai berikut.

  • Bila masuk ke dalam tubuh organisme, tidak dapat diuraikan (nonbiodegrada) sehingga akan tertumpuk dalam air atau tanah.
  • Larut dalam lemak dan dapat berpindah ke organisme lain melalui aliran materi dalam rantai makanan, hal ini memungkinkan DDT dapat tertumpuk dalam tubuh manusia sehingga berakibat rusaknya jaringan yang menimbulkan kelelahan dan kejang-kejang otot. 

Dengan demikian, jika suatu perairan tercemar insektisida (DDT), kemudian dilakukan analisis komponen biotik yang hidup di dalamnya, maka konsentrasi tertinggi bahan pencemar tersebut dijumpai pada konsumen puncak contohnya manusia.

0

Roboguru

Dampak yang tidak benar dari pencemaran DDT di alam adalah. . . .

Pembahasan Soal:

DDT (Dichloro Diphenyl Trichlorethane) merupakan insektisida yang telah tertinggal dan memiliki sifat sangat stabil dan sulit terurai sehingga cenderung bertahan di lingkungan, seperti tanah, air hingga masuk ke rantai makanan. Adapun dampak dari penggunaan DDT yaitu:

  1. Beberapa serangga yang mampu bertahan pada zat DDT akan menyebabkan mutasi gen sehingga serangga ini menjadi resistan
  2. Dapat masuk ke rantai makanan hingga menyebabkan telur beberapa burung seperti elang sebagai konsumen pada rantai makanan menjadi bercangkang rapuh dan mudah pecah.
  3. Penetasan telur burung menjadi lebih awal dan anakan menjadi kurang sehat.
  4. Tidak dapat terurai sehingga kandungan kimianya dapat mencemari tanah dan masuk ke rantai makanan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Penggunaan DDT dalam peningkatan hasil pertanian sebagai pemusnah hama ternyata mengganggu ekosistem. Gangguan yang dapat terjadi yaitu...

Pembahasan Soal:

DDT (Dichloro Diphenyl Trichlorethane) merupakan salah satu insektisida sintetis yang dimanfaatkan untuk mengendalikan populasi serangga. Penggunaan DDT secara terus menerus dapat menyebabkan resistensi serangga terhadap pestisida DDT dan merusak struktur tanah karena residu yang ditimbulkan oleh DDT sifatnya persisten pada tanah. Karena sifatnya yang stabil dan persisten, DDT bertahan sangat lama di dalam tanah; bahkan DDT dapat terikat dengan bahan organik dalam partikel tanah dan hal itu bisa mencemari tanah.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved