Roboguru

Sesuai gambar di bawah, hak masyarakat yang tidak terpenuhi yaitu . . . .

Pertanyaan

Sesuai gambar di bawah, hak masyarakat yang tidak terpenuhi yaitu . . . .

 space 

Pembahasan Soal:

Apabila sudah ada tempat sampah namun sampah tidak diolah maka akan menumpuk seperti pada gambar di atas. Akibatnya menimbulkan polusi bau yang mengganggu indera penciuman. Sebaiknya disediakan tempat pembuangan sampah yang layak beserta pengolahannya. Jadi, hak masyarakat yang tidak terpenuhi yaitu udara bersih bebas dari bau tidak sedap. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gas karbon monoksida () hasil pembakaran tidak sempurna dari kendaraan bermotor dapat membahayakan sistem pernapasan karena gas ….

Pembahasan Soal:

Gas karbon monoksida dapat berikatan dengan hemoglobin pada eritrosit. Pengikatan karbon monoksida pada hemoglobin lebih cepat dibandingkan dengan oksigen, sehingga dapat mengganggu pertukaran gas pada tubuh. Jika kita menghirup karbon monoksida maka kita akan kekurangan oksigen dan membuat tubuh menjadi lemas.

Jadi, karbon monoksida dapat berikatan lebih cepat dengan hemoglobin dan dapat mengurangi kadar oksigen dalam tubuh sehingga membuat lemas.

0

Roboguru

Penyebab utama peningkatan jumlah  di atmosfer bumi selama 150 tahun terakhir adalah...

Pembahasan Soal:

Jika dilihat perkembangan selama 150 tahun terakhir dan dibandingkan dengan keadaan peradaban sebelumnya, manusia berkontribusi paling banyak dalam peningkatan kadar karbondioksida atmosferik. Hal ini merupakan akibat Revolusi Industri yang menggunakan bahan bakar secara masif, berupa minyak bumi dan batu bara untuk menggerakkan mesin-mesin uap dalam proses kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Gas buangan terbesar yang terbentuk akibat pembakaran hidrokarbon tersebut juga diperparah dengan pembakaran hutan untuk mendapatkan lahan kosong untuk membangun kompleks pabrik-pabrik besar.

Dengan demikian, jawaban benar adalah B.undefined 

0

Roboguru

Gunung sinabung akhir-akhir ini sering mengeluarkan asap dan lahar dari puncaknya. Asap tidak sedikit diiringi oleh debu vulkanik yang banyak mengganggu pernapasan dan mematikan tanaman sekitar. Lahar...

Pembahasan Soal:

Pencemaran udara adalah masuknya polutan (bahan pencemar) yang berupa makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke udara yang menyebabkan penurunan kualitas udara sampai ke tingkat tertentu dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Zat pencemar udara diklasifikasikan menjadi 2 yaitu partikel berupa butiran halus yang masih terlihat oleh mata (kabut, debu, asap) dan zat pencemar berupa gas (karbon dioksida, karbon monoksida). Polutan juga dapat disebabkan oleh abu dari gunung berapi yang berupa abu dan gas vulkanik. Gas vulkanik adalah gas yang dikeluarkan gunung berapi pada saat meletus. Gas tersebut antara lain Karbon monoksida (C O), Karbon dioksida (C O subscript 2), Hidrogen Sulfida (H subscript 2 S), Sulfur dioksida (S O subscript 2), dan Nitrogen (N O subscript 2) yang dapat membahayakan manusia.undefined 

Jadi, polutan yang dikeluarkan pada saat gunung meletus adalah abu dan gas vulkanik yang membahayakan kesehatan manusia. 

0

Roboguru

Karbondioksida dan karbon monoksida adalah jenis limbah....

Pembahasan Soal:

Karbondioksida dan karbonmonoksida merupakan jenis limbah gas. Limbah gas ini dapat menimbulkan pencemaran udara dan dapat mengakibatkan penyakit pernapasan. Karbondioksida biasanya didapatkan dari sisa respirasi makhluk hidup, asap pabrik, pembakaran fosil dan lain-lain. Sedangkan karbonmonoksida didapat dari sisa pembakaran kendaraan, asap rokok dan lain-lain.

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan pencemaran udara?

Pembahasan Soal:

Pencemaran udara merupakan suatu kondisi udara mengandung senyawa kimia maupun biologi dalam jumlah banyak yang berdampak bagi kesehatan makhluk hidup. Secara umum, pencemaran terbagi menjadi dua, yakni pencemaran udara primer dan pencemaran udara sekunder. Pencemaran udara primer ini penyebabnya langsung dari polutan, seperti meningkatnya kadar karbondioksida dari aktivitas pembakaran manusia. Pencemaran udara sekunder itu terjadi akibat reaksi kimia dari partikel-partikel polutan yang terjadi di atmosfer, seperti pembentukan ozon.

Penyebab pencemaran udara

  • Aktivitas alam : abu vulkanik dari letusan gunung meletus
  • Aktivitas manusia : asap kebakaran hutan, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok, asap pembakaran sampah

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved