Roboguru

Seseorang sedang naik lift. Tiba-tiba tali penarik lift itu putus. Apa yang terjadi? Betul. Lift beserta orang di dalamnya jatuh bebas. Pada saat itu, orang di dalam lift tidak merasakan adanya gravitasi. Berlakukah hukum pertama Newton pada kejadian di dalam lift itu? Berdasarkan jawaban Anda tadi, inersialkah lift yang jatuh bebas itu sebagai kerangka?

Pertanyaan

Seseorang sedang naik lift. Tiba-tiba tali penarik lift itu putus. Apa yang terjadi? Betul. Lift beserta orang di dalamnya jatuh bebas. Pada saat itu, orang di dalam lift tidak merasakan adanya gravitasi. Berlakukah hukum pertama Newton pada kejadian di dalam lift itu? Berdasarkan jawaban Anda tadi, inersialkah lift yang jatuh bebas itu sebagai kerangka?undefined 

Pembahasan Soal:

Ketika tali penarik lift putus, maka benar lift beserta orang jatuh bebas. Ini berarti percepatan yang dialami lift dan orang yang ada di dalamnya bernilai sama yaitu sebesar percepatan gravitasi bumi (abaikan gaya gesek). Hukum pertama newton tidak berlaku pada lift karena lift bergerak jatuh bebas, lift bergerak dengan kecepatan yang terus bertambah (ΣF=0). Namun untuk kejadian dalam lift orang akan bergerak dengan kecepatan yang selalu sama dengan lift, sehingga bisa dikatakan perpindahan orang selalu tetap, dan ini memenuhi gerak lurus beraturan, artinya hukum pertama newton berlaku di dalam lift. Ini bisa disamakan seperti pengamat di stasiun yang melihat penumpang di dalam kereta. Lift bisa dianggap inersia untuk orang yang ada di dalamnya.

Jadi, hukum pertama Newton berlaku pada kejadian di dalam lift, dan lift dapat dianggap sebagai kerangka inersia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Maghfirah

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang pendaki mendaki suatu gunung hingga puncaknya. Bila sikap barometer raksa di puncak tersebut yaitu 55 cmHg, berapakah ketinggian gunung yang didaki ?

Pembahasan Soal:

 



Jadi, jawaban yang benar adalah A

0

Roboguru

Kerangka acuan inersial merupakan kerangka acuan yang ...

Pembahasan Soal:

Prinsip Relativitas Newton diungkapkan oleh Galileo dan Newton. Prinsip ini menyatakan bahwa hukum-hukum mekanika berlaku sama pada semua kerangka acuan inersia. Kerangka acuan inersia adalah suatu kerangka yang berada dalam keadaan diam atau bergerak terhadap acuan lainnya dengan kecepatan konstan pada suatu garis lurus. Teori Relativitas berhubungan dengan kejadian-kejadian yang diamati oleh kerangka acuan inersia. 

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sebutkan ciri-ciri mengenai kerangka acuan inersia!

Pembahasan Soal:

Ciri ciri kerangka acuan inersia adalah sebagai berikut: 

  • bergerak dengan kecepatan konstan.
  • tidak bergerak dipercepat.
  • di mana hukum inersia berlaku.
  • di mana hukum gerak Newton berlaku.
  • di mana tidak terdapat gaya-gaya fiktif.undefined

0

Roboguru

Seseorang berada dalam pesawat angkasa dan sedang bekerja dalam ruang tertutup. Orang tersebut dapat menentukan apakah pesawatnya merupakan kerangka acuan inersial atau bukan dengan cara...

Pembahasan Soal:

Jika pesawatnya sedang bergerak dengan kecepatan konstan atau diam maka pesawat akan berada pada kerangka acuan inersia, yaitu kerangka yang diam atau bergerak dengan kecepatan konstan. Dalam kerangka acuan inersia, berlaku hukum pertama Newton (inersia) dan juga hukum gerak Newton. Untuk menentukan apakah pesawat sedang berada pada kerangka acuan inersia atau tidak adalah dengan memandingkan hasil pengukuran dengan pengamat lain yang berada pada pesawat ruang angkasa lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Apa yang anda ketahui tentang kerangka acuan inersial?

Pembahasan Soal:

Kerangka acuan inersia salah satu dari dua jenis kerangka acuan. Suatu kerangka acuan inersia bertranslasi dengan suatu kecepatan konstan, yang berarti kerangka acuan itu tidak berotasi (hanya bertranslasi) dan pusat koordinatnya bergerak dengan kecepatan konstan di sepanjang sebuah garis lurus (dengan kecepatan tetap, tanpa adanya komponen percepatan). Dalam kerangka acuan inersia, berlaku hukum pertama Newton (inersia) dan juga hukum gerak Newton.



Jadi, jawaban yang benar adalah A

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved