Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seseorang melakukan imitasi tidak terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa sikap yang mendorongnya untuk melakukan imitasi. SIkap itu meliputi ... Minat atau perhatian terhadap suatu objek. SIkap menghargai dan mengagumi. Dapat memahami apa yang akan ditiru. Menghasilkan tindakan negatif.

Seseorang melakukan imitasi tidak terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa sikap yang mendorongnya untuk melakukan imitasi. SIkap itu meliputi ...

  1. Minat atau perhatian terhadap suatu objek.
  2. SIkap menghargai dan mengagumi.
  3. Dapat memahami apa yang akan ditiru.
  4. Menghasilkan tindakan negatif.space space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space space 

  4. HANYA 4 yang benar.space space 

  5. SEMUA pilihan benar.space space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space 

Iklan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalah sikap yang mendorong individu melakukan imitasi. Imitasi adalah perilaku yang dilakukan individu melalui pengamatan terhadap perilaku yang ditunjukkan oleh objek lain , di mana individu akan memperoleh pengetahuan baru mengenai perilaku yang diamatinya dan mencoba untuk meniru perilaku tersebut. Artinya, sebelum meniru orang lain, seperti tokoh idola, individu melalui proses imitasi, di antaranya individu terlebih dahulu menerima hingga memunculkan ketertarikan , lalu menghargai dan mengagumi , kemudian memahami hingga menjunjung tinggi orang yang diimitasi atau ditiru . Hal yang ditiru dalam perilaku imitasi dapat berupa tingkah laku, gaya hidup, penampilan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Dengan demikian, sikap yang mendorong terjadinya proses imitasi meliputi minat atau perhatian terhadap suatu objek, sikap menghargai dan mengagumi, dan dapat memahami apa yang ditiru, yang ditunjukkan nomor (1), (2), dan (3) . Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Poin yang ditanyakan adalah sikap yang mendorong individu melakukan imitasi.

Imitasi adalah perilaku yang dilakukan individu melalui pengamatan terhadap perilaku yang ditunjukkan oleh objek lain, di mana individu akan memperoleh pengetahuan baru mengenai perilaku yang diamatinya dan mencoba untuk meniru perilaku tersebut. Artinya, sebelum meniru orang lain, seperti tokoh idola, individu melalui proses imitasi, di antaranya individu terlebih dahulu menerima hingga memunculkan ketertarikan, lalu menghargai dan mengagumi, kemudian memahami hingga menjunjung tinggi orang yang diimitasi atau ditiru. Hal yang ditiru dalam perilaku imitasi dapat berupa tingkah laku, gaya hidup, penampilan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Dengan demikian, sikap yang mendorong terjadinya proses imitasi meliputi minat atau perhatian terhadap suatu objek, sikap menghargai dan mengagumi, dan dapat memahami apa yang ditiru, yang ditunjukkan nomor (1), (2), dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Konsep Kilat Interaksi Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Interaksi Sosial (NEW!)

Latihan Bab

160

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang remaja mengidolakan seorang penyanyi sehingga ia ingin melakukan imitasi terhadap idolanya tersebut. Hal ini menjelaskan bahwa imitasi merupakan ...

87

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia