Roboguru

Seseorang bergolongan darah A menikah dengan perempuan bergolongan darah MN. Pernyataan yang tepat mengenai golongan darah sistem MN pada anak pertama mereka adalah . . .

Pertanyaan

Seseorang bergolongan darah A menikah dengan perempuan bergolongan darah MN. Pernyataan yang tepat mengenai golongan darah sistem MN pada anak pertama mereka adalah . . .  

  1. . . .  

  2. . . .  

Pembahasan Soal:

Penggolongan darah dengan sistem MN didasarkan pada adanya antigen M, MN, dan NJika dilakukan tranfusi darah antara ketiga golongan tersebut, tidak akan terjadi penggumpalan karena ketiga antigen ini tidak membentuk zat anti-M maupun anti-N.

Menurut K. Landsteiner dan Levine, terbentuknya antigen M ditentukan oleh gen LM, sedangkan antigen N ditentukan oleh gen LN dan antigen MN ditentukan oleh gen LM LN. Pada alel ini tidak dikenal dominansi, sebab gen LM dan LN merupakan gen kodominan, tetapi genotipe LMLN tidak menampakkan ekspresi intermedier, tetapi menampakkan fenotipe baru. Dengan tidak adanya antingen M atau N dalam darah manusia, maka penggolongan darah dengan sistem ini tidak berpengaruh atau tidak berperan dalam transfusi darah.  

Jika seseorang bergolongan darah A menikah dengan perempuan bergolongan darah MN, maka golongan darah anak pertama mereka belum dapat ditentukan, sebab parental golongan darah A tersebut perlu diketahui golongan darahnya dengan sistem MN, sehingga nantinya golongan darah anak pertama mereka dapat ditentukan dengan sistem MN pula.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved