Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seperti halnya kalimat, sebuah paragraf harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Paragraf yang baik dan efektif harus memenuhi syarat kohesi (hubungan bentuk) dan koherensi (hubungan makna). Kohesi berkenaan dengan hubungan bentuk antara bagian-bagian dalam suatu paragraf. Koherensi adalah keterkaitan makna antara bagian-bagian paragraf. Karena itu, suatu paragraf dikatakan memenuhi syarat kohesi dan koherensi bila kalimat-kalimat yang membangun paragraf itu secara bersama-sama menyatakan suatu hal atau tema tertentu. Selain itu, kalimat-kalimat itu juga harus mempunyai hubungan yang logis atau tidak rancu. Ide pokok paragraf tersebut adalah...

Seperti halnya kalimat, sebuah paragraf harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Paragraf yang baik dan efektif harus memenuhi syarat kohesi (hubungan bentuk) dan koherensi (hubungan makna). Kohesi berkenaan dengan hubungan bentuk antara bagian-bagian dalam suatu paragraf. Koherensi adalah keterkaitan makna antara bagian-bagian paragraf. Karena itu, suatu paragraf dikatakan memenuhi syarat kohesi dan koherensi bila kalimat-kalimat yang membangun paragraf itu secara bersama-sama menyatakan suatu hal atau tema tertentu. Selain itu, kalimat-kalimat itu juga harus mempunyai hubungan yang logis atau tidak rancu.

Ide pokok paragraf tersebut adalah...

  1. Syarat-syarat sebuah paragraf

  2. Paragraf yang baik dan efektif

  3. Kohesi dan koherensi

  4. Syarat kohesi dan koherensi

  5. Hubungan logis antarkalimat

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ide pokok adalah ide yang menjiwai (yang menjadi dasar) keseluruhan isi teks. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Dalam hal ini, kalimat utama adalah kalimat pertama, Seperti halnya kalimat, sebuah paragraf harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Kalimat ini dipertegas oleh kalimat selanjutnya, Paragraf yang baik dan efektif harus memnuhi syarat kohesi (hubungan bentuk) dan koherensi (hubungan makna) … Adapun jenis paragraf ini adalah paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimatnya terletak di awal pada jawaban A.

Ide pokok adalah ide yang menjiwai (yang menjadi dasar) keseluruhan isi teks. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Dalam hal ini, kalimat utama adalah kalimat pertama, Seperti halnya kalimat,  sebuah paragraf harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Kalimat ini dipertegas oleh kalimat selanjutnya, Paragraf yang baik dan efektif harus memnuhi syarat kohesi (hubungan bentuk) dan koherensi (hubungan makna) … Adapun jenis paragraf ini adalah paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimatnya terletak di awal pada jawaban A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

79

anggun jannah anindya

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

47

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia