Roboguru

Sepasang suami istri terlibat konflik karena suami menuntut agar istrinya tidak bekerja, sedangkan sang istri sudah sejak muda bercita-cita untuk menjadi wanita karier. Berkenaan dengan tuntutan itu maka sikap reduksinya adalah sang suami mengurangi tuntutan kepada istrinya dari tidak bekerja menjadi boleh bekerja asal tidak setiap hari atau sepanjang hari. Di lain pihak, sang istri juga bersedia menyediakan sedikit waktunya untuk di rumah. Adapun wujud perdamaiannya adalah mencari pekerjaan yang bisa dilakukan istri secara paruh waktu. Hal di atas adalah contoh upaya ….

Pertanyaan

Sepasang suami istri terlibat konflik karena suami menuntut agar istrinya tidak bekerja, sedangkan sang istri sudah sejak muda bercita-cita untuk menjadi wanita karier. Berkenaan dengan tuntutan itu maka sikap reduksinya adalah sang suami mengurangi tuntutan kepada istrinya dari tidak bekerja menjadi boleh bekerja asal tidak setiap hari atau sepanjang hari. Di lain pihak, sang istri juga bersedia menyediakan sedikit waktunya untuk di rumah. Adapun wujud perdamaiannya adalah mencari pekerjaan yang bisa dilakukan istri secara paruh waktu. Hal di atas adalah contoh upaya ….space 

  1. redundancyspace 

  2. redactionsspace 

  3. reductionsspace 

  4. rejectspace 

  5. reducingspace 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan adanya akomodasi sebagai bentuk interaksi asosiatif.  

Dalam kehidupan masyarakat sebagai makhluk sosial akan selalu ada hubungan-hubungan timbal balik yang biasanya disebut sebagai interaksi. yang mana interaksi adalah sebabagai hubungan yang terjalin baik individu dengan individu maupun individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok sehingga hal ini bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan sosial mereka. Dalam interaksi sosial memiliki bentuk-bentuk salah satunya adalah interaksi asosiatif yang mana interaksi ini akan menyebakan persatuan dan kerja sama.  

Pada soal terlihat menjadi salah satu bentuk interaksi asosiatif yaitu berupa akomodasi atau dapat juga diartikan sebagai upaya penyelesaian konflik antara dua pihak yang bertentangan yang memiliki beberapa bentuk gencatan senjata, koersi, mediasi, konsiliasi, adjudikasi, kompromi dan toleransi.. Yang mana jika dianalisis pada upaya yang dilakukan oleh suami istri tersebut adalah menggabungkan kedua keinginan dengan saling mengurangi tuntutannya sehingga menjadi sebuah kesepakatan yang adil diantara kedua belah pihak. Upaya ini disebut dengan kompromi. Kompromi adalah suatu bentuk akomodasi yang dimaksudkan untuk memperoleh kesepakatan di antara kedua belah pihak yang berkonflik atau berselisih, yang mana masing-masing pihak tersebut mengurangi (reducing) tuntutannya. Pada sikap reducingnya adalah  sang suami mengurangi tuntutan kepada istrinya dari tidak bekerja menjadi boleh bekerja asal tidak setiap hari atau sepanjang hari. Di lain pihak, sang istri juga bersedia menyediakan sedikit waktunya untuk di rumah. 

Jadi, jawabannya adalah reducingspace  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perselisihan antara warga suku Tani dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit sudah berlangsung sekitar satu bulan. Kedua pihak tidak kunjung menyepakati mengenai status kepemilikan lahan persawahan y...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pada ilustrasi di atas, perselisihan yang terjadi antar warga dengan perusahaan berupaya diselesaikan melalui BPN sebagai lembaga konsiliator. Alasan pemilihannya karena BPN merupakan lembaga otonom yang menaungi urusan pertanahan dan keputusan yang diutuskan harus dilaksanakan kepada pihak-pihak yang sedang berselisih.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Apakah yang membedakan antara konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi?

Pembahasan Soal:

Konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi adalah bentuk-bentuk dari akomodasi. 

Akomodasi adalah upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pertikaian atau konflik oleh pihak-pihak yang bertikai. Pada dasarnya konsiliasi, mediasi dan arbitrasi adalah upaya penyelesaian masalah menggunakan pihak ketiga. Akan tetapi yang membedakan adalah

  1. Abitrasi (arbitration), yaitu bentuk upaya penyelesaian masalah dengan bantuan pihak ketiga yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri atau oleh lembaga arbitrase, untuk memberikan putusan mengenai sengketa tertentu melalui arbitrase.
  2. Mediasi (mediation), yaitu bentuk arbitrasi namun pihak ketiga tanpa menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian/bersikap netral.
  3. Konsiliasi (conciliation), yaitu bentuk akomodasi dengan penengah yang akan mengusahakan kesepakatan para pihak dengan solusi yang dapat diterima yang juga dapat mengajukan anjuran tertulis untuk disetujui oleh para pihak dalam hal kesepakatan tidak tercapai.

0

Roboguru

Konflik antara kedua suku yang terjadi di daerah X mengakibatkan korban jiwa berjatuhan. Hal ini perlu ada upaya yang harus ditempuh dalam menyelesaikan konflik tersebut. Akhirnya pihak kepolisian mem...

Pembahasan Soal:

Usaha untuk mempertemukan keinginan-keinginan kedua pihak suku yang bertikai untuk mencapai kesepakatan yang dilakukan oleh polisi merupakan bentuk penyelesaian konflik konsiliasi. Konsiliasi adalah suatu upaya dalam menyelesaikan sengketa atau perselisihan dari pihak-pihak dengan melibatkan pihak netral yang dinamakan konsiliator yang mecari titik tengah (penyelesaian atau persetujuan) yang mempertemukan keinginan dari pihak-pihak yang berselisih

Jadi, jawabannya adalah E Konsiliasispace 

0

Roboguru

Usaha untuk memerhatikan keinginan pihak-pihak yang berselisih guna mencapai suatu persetujuan disebut ….

Pembahasan Soal:

Pengertian konsiliasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan jalan damai dengan cara mempertemukan pihak-pihak yang berselisih untuk mencari jalan tengah penyelesaian konflik yang disepakati oleh pihak-pihak yang berselisih tersebut.

Jadi, jawabannya adalah D konsiliasispace 

0

Roboguru

Di bawah ini syarat agar konsiliasi dapat berfungsi dengan optimal adalah ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pada pernyataan di atas, yang termasuk ke dalam syarat konsiliasi agar dapat berfungsi dengan optimal adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga tersebut harus bersifat demokratis.
  2. Lembaga tersebut harus merupakan lembaga yang otonom.
  3. Kedudukan lembaga di dalam masyarakat harus bersifat monopolistis.
  4. Lembaga tersebut harus berperan agar kelompok yang bertikai merasa terikat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved